cara mengganti password Indihome

Tips & Trik: Cara Mengganti Password Indihome Melalui Banyak Metode Mudah

Terkadang jika tidak tahu cara mengganti password Indihome memang bisa jadi sangat menjengkelkan. Karena untuk mengubah kata sandi tersebut, juga ada banyak cara dan metode yang berbeda beda.

Beberapa dari kamu mungkin bertanya kenapa password Indihome atau wifi semacam ini harus diubah. Tentu juga ada beberapa alasan penting kenapa langkah tersebut perlu dilakukan dan terkadang alasannya penting.

Pada era modern seperti sekarang, akses internet sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Untuk akses lebih mudah, banyak dari kamu yang memutuskan untuk memasang jaringan wifi di rumah sendiri.

Jaringan ini juga banyak digunakan di lokasi perkantoran, toko, atau bahkan cafe. Tujuan memasang wifi sendiri, tentu saja agar bisa mendapat akses internet lancar tanpa ada batasan kuota sama sekali.

Akan tetapi kamu pasti akan merasa kesal jika jaringan internet yang ada tidak bisa lancar. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak hal dan salah satunya karena wifi digunakan banyak orang.

Cara mengganti password Indihome yang akan kami jelaskan kali ini, tentu bisa menjadi solusi. Karena dengan mempebarui passwordnya, akan lebih sedikit orang yang dapat mengakses jaringan internet pada wifi tersebut.

Jadi, pastikan kamu simak dulu pembahasan dan metode metode mudah yang ada dalam tulisan ini. Tentu juga masuh ada tujuan atau fungsi lain kenapa passwrod wifi perlu diganti secara berkala.

Contoh yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga keamanan data pengguna, yang terhubung dalam jaringan wifi tersebut. Maka dari itu, silahkan pelajari dulu beberapa metode mudah mengganti password indihome berikut.

Cara Mengganti Password Indihome Menggunakan PC

Ganti Password Indihome dari PC
Tampilan Login modem Indhihome Huawei HG8245H5

Metode pertama ini bisa diterapkan apabila kamu masih bisa mendapatkan jaringan internet. Karena untuk mengubah kata sandi, kamu harus menghubungkan perangkat PC dengan jaringan wifi Indihome lebih dulu.

Cara mengganti password Indihome sangatlah mudah, bahkan untuk yang baru pertama kali mengubah kata sandi sekalipun. Sedangkan metode ini juga membutuhkan beberapa langkah, yang dapat dipelajari pada poin penjelasan berikut.

  1. Langkah pertama jika perangkat komputer sudah terhubung ke internet, langsung saja buka plikasi browser. Kamu bebas memilih browser apa saja selama bisa mudah dan nyaman digunakan dengan lancar.
  2. Jika sudah, masukkan IP address secara tepat tanpa ada kesalahan, yaitu 192.168.1.1. Kemudian pengguna tinggal menekan tombol enter dan akan langsung terbuka halaman pengaturan untuk mengganti kata sandi.
  3. Jika tidak bisa IP Addressnya diakses, kamu bisa coba IP yang biasanya digunakan juga, yaitu 192.168.100.1

Cara mengubah password Indihome ini memang mudah tetapi harus kamu lakukan dengan benar. Jika tidak bisa, silahkan cari IP address yang ada pada bagian router kamu agar bisa diakses.

  1. Langkah berikutnya tidak kalah praktis, dimana tinggal masuk saja pada bagian menu network. Tentunya langkah ini bisa dilakukan setelah login dengan username dan password lama akun Indihome kamu.
  2. Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan password baru dan jangan lupa untuk mengingatnya dengan baik. Simapn password baru tersebut dengan cara menekan tombol submit dan tahapannya kini sudah selesai.

Bisa dibilang ini adalah salah satu cara mengganti password Indihome paling praktis. Akan tetapi, masih ada beberapa metode lain yang juga sangat mudah untuk kamu ikuti pada tulisan kali ini.

Cara Mengganti Password Indihome dari Aplikasi Smartphone

aplikasi my indihome ganti password wifi

Ada aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk melakukan perubahan kata sandi semacam ini. Aplikasi tersebut juga berfungsi untuk melakukan beberapa pengaturan dengan mudah dan praktis bagi setiap pengguna.

Tentu saja ini akan menjadi cara mengganti password Indihome menggunakan perangkat ponsel pintar. Jelas sekali bahwa cara ini lebih fleksibel karena bisa dilakukan kapan dan dari mana saja.

Kamu pasti sudah penawaran dan ingin segera mengetahui bagaimana caranya. Tanpa banyak panjang lebar, silahkan langsung kamu ikuti panduan lengkap dan praktis pada bagian di bawah ini :

  1. Download dan install aplikasi

Pertama, silahkan kamu siapkan perangkat ponsel pintar dan jangan lupa pastikan ada akses internet. Unduh saja aplikasi MyIndihome melalui app store, atau bisa juga langsung kamu download file apknya.

  1. Login pada akun Indihome kamu

Jika sudah terpasang, buka aplikasi tersebut kemudian lakukan login dengan username serta password lama. Proses login sangat mudah dan praktis, tanpa harus melakukan verifikasi menggunakan metode lainnya.

  1. Masuk menu pengaturan untuk ganti password

Jika sudah masuk pada kun, langsung saja kamu menuju bagian pengaturan yang ada pada menu utama. Langkah berikutnya, pilih sub menu “Ganti Password” dan masukkan password baru kamu.

Jangan lupa untuk melakukan langkah verifikasi melalui SMS di nomer HP kamu yang terdaftar. Cukup dengan melakukan langkah praktis itu saja, kini cara mengganti password Indihome sudah selesai dilakukan.

Bukan hanya dua metode mudah itu saja yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Bahkan ada informasi tambahan lain yang pastinya juga sangat menarik untuk kemu ketahui kali ini.

Cara Mengganti Password Indihome Menggunakan Browser HP

Tanpa perlu menggunakan aplikasi khusus, pengguna juga dapat merubah kata sandi melalui perangkat ponsel pintar. Caranya dengan memanfaatkan browser pada perangkat smartphone, sehingga cara ini akan menjadi semakin praktis.

Metode ini mirip dengan yang kami jelaskan pertama tadi, namun ada perbedaan terkait dengan langkahnya. Agar lebih jelas, silahkan kamu cermati saja langkah langkah untuk merubah kata sandi Indihome berikut.

Tahapan paling awal, sebaiknya kamu hubungkan ponsel dengan jaringan internet Indihome yang akan dirubah sandinya. Untuk mengakses website pengaturan, masukkan Ip address 192.168.1.1 agar bisa mengganti password secara praktis.

Jangan lupa lakukan login dengan input user id serta password akun pengguna yang bersangkutan. Tahap ataupun cara mengganti password Indihome selanjutnya, silahkan pilih menu WLAN atau network yang sudah tersedia.

Langkah ini sebenarnya sangatlah mudah, dan jika baru pertama kali pasti juga bisa melakukannya. Jika sudah masuk pada menu tadi, cari dan tekan sub menu “Security” untuk melakukan perubahan password.

Berikutnya tinggal masukkan kata sandi baru pada bagian yang bertuliskan WPA Passphrase. Ingat atau catat baik baik kata sandi baru tersebut, agar tidak menjadi kendala di kemudian hari.

Cara Mengganti Password Indihome Jika Lupa

Metode metode yang kami jelaskan di atas, dapat dilakukan jika kamu masih mengingat password lama. Namun terkadang terjadi kendala dimana penggunan wifi lupa password yang digunakan untuk mengakses internet.

Hal ini memang wajar terjadi, baik secara sengaja ataupun tidak. Sedangkan untuk mengatasinya, pengguna harus melakukan reset router dengan mengikuti beberapa cara yang kami jelaskan berikut ini.

Tanpa menunggu lama, langsung saja kamu amati perangkat router ataupun modem wifi yang digunakan. Di sana dapat dicari tombol reset, namun letaknya akan berbeda beda tergantung tipe modem yang digunakan.

Jika sudah ketemu, tekan tombol reset tersebut selama beberapa detik sampai indikator lampu berkedip cepat. Setelah itu, berarti modem kamu akan kembali ke pengaturan awal, seperti saat pertama kali digunakan.

Setelah melakukan reset, barulah kamu bisa menerapkan cara mengganti password Indihome. Karena kamu bisa melakukan login akun menggunakan SSID dan password default, yang terdapat pada bagian belakang router atau modem.

Username dan password untuk login akun Indihome juga sudah tertera dengan jelas di sana. Setelah itu kamu sudah bisa terhubung ke jaringan internet melalui wifi, dan dapat melakukan pengaturan lainnya.

Seperti metode sebelumnya, pengguna tinggal masuk ke menu Network dan memasukkan kata sandi baru. Dengan menekan tombol submit, maka passoword baru akan berlaku dan akses internet otomatis akan terputus.

Tidak perlu panik, karena jaringan internet terputus itu menandakan cara mengganti password Indihome tadi sudah berhasil dilakukan. Tinggal masukkan password baru untuk bisa kembali mengakses internet untuk berbagai macam kebutuhan.

Jika mengalami kendala saat reset tadi, kamu bisa langsung menghubungi Call Center Indihome untuk mendapatkan panduan memperbaikinya atau bisa juga meminta teknisi untuk datang kerumah.

Merubah Password Indihome Sesuai Tipe Modem

Merubah Password Indihome Sesuai Tipe Modem

Melihat beberapa penjelasan sebelumnya, kamu bisa memilih salah satu metode yang mudah diterapkan saja. Akan tetapi untuk setiap metode tadi juga bisa berbeda beda, tergantung tipe modem yang digunakan.

3 tipe modem yang lain umum digunakan pada wifi Indihome di Indonesia adalah Fiberhome, Huawei dan ZTE. Meskipun berbeda, langkah langkah yang diperlukan sebenarnya cukup mirip sehingga tidak terlalu sulit.

Agar tidak nantinya tidak mengalami kesulitan, metode untuk ketiga jenis modem tentu akan kami jelaskan. Untuk itu, langsung simak penjelasan merubah kata sandi wifi Indihome berdasarkan jenis modem berikut.

  1. Merubah password untuk modem Fiberhome

Masukkan terminal WEB IP Address yang sudah tertera pada bagian belakang router. Kemudian untuk login, tinggal masukkan, username serta password bawaan yang juga terdapat di sana untuk melakukan penggantian password.

  1. Merubah password untuk modem Huawei

Kemudian untuk cara mengganti password Indihome modem Huawei juga tidak jauh berbeda. Hanya saja kamu harus masuk pada menu Security pada tampilan terminal WEB default yang sudah diakses.

  1. Merubah password untuk modem ZTE

Untuk login user id dan password, masukkan saja usernam “admin” dan password “admin”. Setelah itu tinggal melakukan pengaturan atau penggatian kata sandi sesuai dengan yang kamu inginkan.

Untuk lebih jelasnya bisa juga di pelajari pada artikel Cara ganti password indihome modem huawei dan zte

Sampai dengan bagian ini, maka lengkap sudah penjelasan terkait dengan metode mengganti password Indihome. Baik dari metode dan dari tipe modem yang digunakan, semua sudah kami jelaskan secara detail.

Manfaat Mengganti Password Indihome Secara Berkala

Pada bagian ini ada pembahasan yang sangat menarik, berkaitan dengan cara mengganti password Indihome seperti tadi. Karena akan kami sampaikan apa saja manfaat mengganti kata sandi ini secara berkala.

Jaringan internet yang lebih aman, merupakan manfaat terbesar kenapa langkah di atas perlu dilakukan secara berkala. Dengan begitu, data pada perangkat PC dan ponsel yang terhubung dapat terjamin keamanannya.

Manfaat besar lainnya tidak kalah penting, dimana pengguna akan mendapat akses internet dengan kecepatan optimal. Karena dengan mengganti kata sandi, hanya pemilik wifi yang dapat mengakses internet tersebut.

Tidak hanya dua manfaat itu saja, langkah ini juga dapat mengurangi beban biaya penggunaan wifi. Karena jumlah pengguna lebih sedikit, maka beban biaya bisa dikurangi, termasuk dengan menyesuaikan kecepatan akses.

Melihat besarnya manfaat yang didapat, jadi kamu harus mencermati kembali langkah dan panduan di atas. Tidak perlu semuanya, cukup pelajari saja cara yang sekiranya paling mudah untuk kamu lakukan.

Jika sudah paham kamu dapat merubah kata sandi wifi Indihome kapan saja saat diperlukan. Setelah memahami cara mengganti password Indihome, kamu dapat merasakan banyak manfaat dan kemudahan seperti tadi.