Rekomendasi Aplikasi Merekam Layar Laptop yang Bisa Dipilih
Rekomendasi Aplikasi Merekam Layar Laptop

Rekomendasi Aplikasi Merekam Layar Laptop yang Bisa Dipilih

Aplikasi merekam layar laptop saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak orang, terutama bagi yang berkecimpung di dunia kreator. Misalnya, YouTuber yang software atau alat ini untuk kepentingan konten.

Umumnya, aplikasi ini berguna untuk membuat video tutorial, merekam game, serta presentasi. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui aplikasi perekam layar ini memiliki berbagai manfaat. Oleh karena itu, kamu wajib menyimak informasi ini.

Pengertian Aplikasi Merekam Layar Laptop

Aplikasi untuk merekam layar laptop adalah salah satu perangkat lunak yang sering digunakan oleh orang untuk berbagi pengalaman tertentu dalam memecahkan suatu masalah. Melalui rekam layar, langkah-langkah pemecahan masalah bisa lebih jelas dan mudah dipahami.

Aplikasi seperti ini juga sering digunakan untuk merekam kegiatan gaming, video call, sampai live streaming. Bahkan, beberapa aplikasi sudah menyediakan fitur-fitur editing yang berguna untuk meningkatkan kualitas dari rekaman tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Merekam Layar Laptop

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi record screen PC yang dapat kamu gunakan. Masing-masing aplikasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan berbayar. Berikut ini sudah rekomendasi aplikasi merekam layar laptop gratis yang bisa kamu coba. Beberapa aplikasi ini dijamin akan membantu tugas kamu untuk merekam layar lebih mudah.

Screenpresso

Screenpresso

Screenpresso memiliki dua jenis software, yaitu mode gratis dan premium. Jika kamu ingin menggunakan mode premium, maka akan menikmati berbagai fitur lengkap pada aplikasi ini.

Namun, bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih, cukup gunakan mode gratis saja. Keunggulan dari software mode premium ataupun gratis, sebenarnya sama tetap bisa menikmati pemakaian tanpa adanya watermark.

Selain itu, aplikasi merekam layar laptop ini memiliki fitur share jika kamu ingin membagikan hasil dari rekaman layar ke media sosial. Bahkan, juga ada menu sortir, library, dan workspace.

Adapun beberapa kelebihan dari aplikasi ini seperti tidak ada watermark baik premium atau gratis. Selain itu, ada menu share ke media sosial.

Bagi kamu yang ingin menikmati fitur lengkap atau premium harus membayar terlebih dahulu. Sehingga banyak yang merasa tidak ingin menggunakan aplikasi ini karena berbayar.

Video Proc

Video Proc converter

Umumnya, Video Proc akan memudahkan kamu untuk merekam layar, baik sistem operasi Windows atau mac tanpa adanya batasan durasi video. Bahkan, kamu dapat mengandalkan aplikasi merekam layar laptop ini untuk kebutuhan berbagai kegiatan.

Kegiatan yang bisa menggunakan aplikasi ini seperti live streaming, webinar, meeting online, Skype video YouTube, dan masih banyak lagi. Video Proc dapat memberikan rekaman stabil dengan memakan kinerja CPU yang rendah, karena adanya teknologi akselerasi GPU.

Jadi kamu bisa lebih fleksibel untuk menentukan area yang akan direkam. Apakah seluruh layar akan direkam atau hanya pada area tertentu saja. Kelebihan dari Video Proc, yaitu memiliki kualitas perekaman video yang stabil.

Selain itu, memakan kinerja CPU dengan rendah dan tidak akan memberatkan. Sementara itu, untuk kekurangan dari Video Proc ini memiliki fitur yang tidak lengkap. Sehingga pada pengguna harus lebih kreatif untuk mengedit video.

Hit Paw Screen Recorder

Hit Paw Screen Recorder

Hit Paw Screen Recorder merupakan aplikasi merekam layar laptop yang ramah pengguna. Hal ini karena mendukung interface sederhana dan praktis yang memudahkan para pengguna.

šŸ‘‰ TRENDING:  Cara Gampang Untuk Mengatasi Starup Repair Gagal Pada Windows!

Aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan. Contohnya saja, seperti presentasi, live meeting, webinar, dan masih banyak lagi.

Beberapa fitur unggulan lainnya seperti zoom recording. Di mana kamu bisa merekam seluruh layar atau pada bagian screen tertentu saja. Aplikasi merekam layar laptop ini dapat menyesuaikan resolusi rekaman layar sesuai keinginan.

Selain itu, ada berbagai fitur menarik yang tersedia dalam aplikasi. Bagi kamu yang ingin menikmati fitur gratisnya sudah memiliki watermark. Jadi kamu harus berlangganan terlebih dahulu agar tidak dapat watermark.

Aplikasi Perekam Layar yang Ringan

Selain aplikasi merekam layar laptop yang ada di atas. Selanjutnya, ada beberapa aplikasi perekam layar yang ringan jika digunakan, yaitu:

DXTory

DXTory

DXTory merupakan salah satu software perekam layar PC yang ringan dengan antarmuka dan pengaturan sangat sederhana. Aplikasi screen recorder ini dapat mengangkat video berkualitas tinggi sesuai kemampuan laptop atau hardware PC yang akan kamu gunakan.

Pengaturan dari audionya sangat baik dan mampu merekam dua suara sekaligus. Contohnya saja, suara game atau kamu yang bisa diedit secara terpisah.

Memiliki fitur perekaman video dengan kualitas tinggi, tergantung dari spesifikasi perangkat yang digunakan. Selain itu, bisa merekam dua suara terpisah yang dapat diedit masing-masing, suara game serta suara mic.

Aplikasi merekam layar laptop ini masih memiliki tampilan tergolong lawas dan sangat sederhana. Jadi bagi kamu yang suka dengan kesederhanaan bisa menggunakan aplikasi ini.

Nvidia GeForce Experience

Nvidia GeForce Experience Screen Recording

ShadowPlay merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang berbasis Windows dengan menggunakan GPU GeForce buatan Nvidia. ShadowPlay dapat kamu jumpai dalam Nvidia GeForce Experience.

Aplikasi ini mempunyai kemampuan dalam merekam mundur sampai 20 menit ke belakang. Namun, kamu harus menekan shortcut, agar menandakan akhir video dan graphics card.

Kualitas dari perekam ini dapat disesuaikan dengan pengaturan layar yang digunakan. Aplikasi ini sudah menggunakan GPU sehingga tidak membebankan kinerja CPU.

Aplikasi merekam layar laptop ini hanya tersedia untuk pengguna kartu grafis Nvidia saja. Jadi kamu harus mendaftar dulu menjadi member Nvidia agar bisa menggunakan aplikasi ini.

Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder juga bisa menjadi aplikasi screen recorder. Aplikasi ini bisa untuk merekam dalam frame rate dan bitrate yang tinggi.

Selain itu, Bandicam juga bisa kamu gunakan dalam merekam video sampai kualitas 4K UltraHD. Memiliki kualitas yang tinggi pun, tidak membuat hasil rekaman aplikasi Bandicam menjadi besar.

Namun, malah ukuran file hasil rekaman akan lebih kecil ketimbang aplikasi perekam layar kebanyakan. Akan tetapi pada versi gratis, kamu akan mendapatkan watermark yang akan menempel pada hasil rekaman.

Aplikasi merekam layar laptop ini dapat merekam sampai kualitas 4K UltraHD dengan frame rate dan bitrate tinggi. Selain itu, ada fitur compression untuk hasil rekaman video dengan size lebih kecil.

Aplikasi ini memiliki watermark Bandicam yang hanya dapat dihilangkan saat berlangganan premium. Bahkan, aplikasi ini tidak menyediakan fitur live streaming.

Camtasia

camtasia aplikasi merekam layar laptop

Aplikasi merekam layar laptop berikutnya ada Camtasia yang dapat kamu install secara gratis dan ringan. Cocok sekali digunakan di PC dengan spesifikasi standar.

Software yang telah dikembangkan oleh developer TechSmith ini dikenal sebagai aplikasi all-in-one terbaik. Hal ini karena menyediakan fitur edit video dan screen recorder dalam satu software.

Sementara itu, fasilitas perekaman layarnya sendiri, ada dalam beberapa jenis mode. Misalnya saja, Entire screen, region, a window, atau an application, dan specific dimensions.

šŸ‘‰ TRENDING:  Microsoft Stop Dukung Windows 7, Buruan Upgrade Atau...

Aplikasi merekam layar laptop ini dapat kamu gunakan secara gratis hanya dalam 30 hari masa percobaan. Setelah itu, kamu akan dikenakan biaya sebesar $249.99 atau sekitar Rp. 3,6 juta.

Memiliki mode perekaman yang tersedia dalam beberapa pilihan. Terdapat, fasilitas edit video, ringan dan mudah dioperasikan. Aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis, jadi kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Agar bisa mengedit video ukuran besar terkadang terjadi beberapa kendala.

Cara Merekam Layar Laptop Via Bandicam

Cara Merekam Layar Laptop Via Bandicam

Tidak lengkap rasanya jika kamu belum mencoba langsung aplikasi merekam layar laptop. Salah satu cara paling mudah untuk pemula, bisa menggunakan aplikasi Bandicam.

Tutorial merekam layar dengan menggunakan Bandicam lebih cepat dan mudah. Kamu dapat langsung mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Pertama, install aplikasi Screen Recorder Bandicam melalui www.bandicam.com/downloads/. Kemudian, buka aplikasi Bandicam ke menu Video untuk mengatur settingan video.
  2. Selanjutnya, atur pilihan format video, frame rate, sampai bitrate audio. Namun, bagi pemula biarkan saja settingan tersebut.
  3. Berikutnya, kembali ke menu Home dan pilih metode perekaman layar sesuai yang diinginkan. Terakhir, kamu bisa merekam layar laptop dengan menekan tombol ikon Rec.
  4. Setelah semuanya selesai kamu dapat menekan tombol ikon stop aplikasi Bandicam. Selanjutnya, bisa menekan hotkey F12 untuk berhenti secara otomatis. Kemudian, video rekaman layar yang tadi bisa kamu lihat pada tab Videos.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10
Begini cara rekam layar di Windows 10 dengan Audio (image: techthirsty.com)

Apabila sebelumnya sudah dijelaskan beberapa aplikasi merekam layar laptop yang dapat digunakan. Maka sekarang akan dijelaskan cara merekam layar laptop Windows 10.

Perlu kamu perhatikan, cara ini berlaku untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Laptop yang menggunakan sistem Windows 10, memiliki program bawaan bernama Game Bar yang dapat digunakan untuk merekam layar tanpa aplikasi baru.

Mulanya, game Bar dirancang untuk merekam game yang dimainkan. Namun, Game Bar ternyata dapat merekam layar laptop secara otomatis dan disimpan dalam file video MP4. Berikut ini sudah ada beberapa cara singkat untuk merekam layar laptop Windows 10, yaitu:

  1. Pertama, buka Settings dan pilih menu Gaming. Lalu klik Game Bar. Kemudian, pilihlah Record game clips, screenshots, dan broadcast using Game Bar. Apabila sudah aktif, maka tekan tombol kunci Win+G di keyboard.
  2. Pada Game Bar akan terbuka dan tekanlah tombol Win+Alt+R menggunakan keyboard atau klik Start Recording untuk mulai merekam.
  3. Berikutnya, klik tombol Stop Recording pada bagian kanan atas untuk memberhentikan rekaman. Jika sudah selesai, notifikasi akan muncul. Klik notifikasi tersebut secara otomatis File Explorer akan langsung membuka lokasi rekaman.

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Xbox Game

Dalam merekam layar laptop ternyata dapat juga dilakukan tanpa melalui aplikasi. Fitur seperti ini dinamakan Xbox Game Bar. Berikut ini sudah ada tahapan untuk menggunakannya, yaitu:

  1. Pertama, tekan tombol kombinasi Windows + G secara bersamaan. Kemudian, kamu bisa klik ikon ā€œCaptureā€ yang muncul pada layar laptop atau komputer.
  2. Berikutnya, pilih opsi tombol rekam yang berbentuk titik besar, agar bisa memulai merekam layar. Xbox Game Bar ini akan mulai merekam tampilan laptop yang sedang digunakan.
  3. Apabila kamu ingin menghentikan rekaman, maka bisa klik ikon stop. Agar bisa melihat video hasil rekaman tersebut, maka buka folder video lalu pilih ā€œFolder Capturesā€.

Sekarang, kamu bisa lebih mudah merekam video tutorial terbaik saat bermain game atau mengerjakan tugas. Melalui aplikasi merekam layar laptop kamu bisa lebih mudah mendapatkan rekaman video.