Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Sakit atau Keluar Kota
cara membuat surat izin sekolah

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Sakit atau Keluar Kota

Cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar dibawah ini bisa digunakan untuk para orangtua yang anaknya tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah karena sakit ataupun ikut bepergian keluar kota.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan sistem belajaran online, tahun ajaran 2022 ini seluruh sekolah di Indonesia mulai menerapkan sistem pembelajaran tatap muka (PTM). Semua siswa wajib datang kesekolah untuk mengikut pelajaran.

Karena sudah menggunakan sistem tatap muka, tentu jika anak sekolah tidak bisa mengikuti pelajaran harus memberikan informasi alasan tidak hadirnya. Maka dari itu, Contoh surat izin sekolah karena sakit atau sedang pergi keluar kota berikut ini bisa menjadi bahan pembuatan surat izin agar tidak kebingungan.

Tips Membuat Surat Izin Sekolah

contoh surat izin sekolah tulis tangan
Contoh membuat surat izin sekolah dengan tulis tangan (ilustrasi: TRIBUN MEDAN/IST)

Perlu dipahami bahwa pada saat ingin memberi tahu sekolah (khususnya wali kelas) tentang kondisi siswa yang tidak bisa masuk sekolah hari ini, para orangtua harus memahami bagaimana cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar.

Mulai dari penggunakan kata-kata yang sopan, formal dan juga informasi yang diberikan harus jujur dan bisa dipertanggungjawabkan. Contohnya saja jika sedang ikut pergi keluar kota, maka alasan tidak masuk sekolahnya harus dibuat memang sedang diluarkota, buka dibuat izin karena sakit atau alasan lainnya.

Hal-hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah adalah sebagai berikut :

1. Surat izin ditujukan langsung ke Wali Kelas (bisa juga menyebutkan Nama guru/wali kelasnya)

2. Tanggal dan tempat pembuatan surat harus sesuai

3. Harus ada salam dan kalimat pembuka

4. Kemudian harus ada isi surat izin yang ditulis dengan jelas

5. Ada salam penutup dan nama pengirim diakhir suratnya.

Yang terpenting dalam pembuatan surat ini adalah dalam hal “Tujuan dan Alasan Izinnya”. Seperti yang sudah Teknobgt rangkum dari liputan6.com, cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar itu memiliki 2 unsur penting yaitu :

Tujuan membuat surat

Tujuan dalam surat izin ini maksudnya adalah informasi kepada siapa, apakah untuk kepala sekolah atau wali kelas. Perlu diperhatikan jika Anda sudah menggunakan kata “Kepada” maka Anda tidak perlu lagi menggunakan kata “Yth”. Begitu juga sebaliknya.

Alasan izin

Yang berikutnya, yang tak kalah penting adalah alasan kenapa siswa terpaksa izin. Bagian ini sangat penting karena akan menentukan apakah surat yang Anda buat dapat diterima atau tidak. Oleh karena itu, alasan untuk izin ini harus benar-benar logis.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit

Unduh Surat Izin Sakit

Bandung, 30 Mei 2022

Kepada :
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX
SMP ………..
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : ………………
Kelas : ………………
Alamat : ………………
NISN : ………………

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa, 30 Mei 2022 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-A agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid,
Nama Orang Tua

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Keluar Kota

Contoh surat izin sekolah karena keluar kota

Unduh Surat Izin Keluar Kota

Kepada :
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX
SMP ………..
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :
Nama : ………………
Kelas : ………………
Alamat : ………………
NISN : ………………

Menginformasikan bahwa hari ini anak saya tidak bisa masuk sekolah seperti biasanya. Anak saya akan menghadiri pernikahan saudaranya yang sangat dekat dengan keluarga kami di Surabaya. Dengan ini saya mohon kepada Bapak/Ibu untuk berkenan memberikan izin.
Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian dan pemahamnnya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid,

Nama Orang Tua

Nah, seperti itulah 2 contoh format surat izin tidak masuk sekolahnya. Untuk alasan lainnya seperti sedang berduka, sedang melakukan pengobatan, izin tidak sekolah dalam waktu lama, izin membuat SIM, Izin ikut Kejurnas atau turnamen olahraga dan lainnya bisa langsung diganti pada bagian alasannya saja.

Bisa juga menambahkan total berapa hari izinnya jika orangtua sudah mengetahui kapan anaknya bisa mulai mengikuti pembelajaran sekolah.

Untuk pembuatan suratnya bisa dibuat dengan tulis tangan menggunakan 2 lembar buku tulis (diambil pada bagian tengahnya). Dan jangan lupa juga untuk menggunakan amplop. Tapi, jika dirumah ada komputer dan printer yang lengkap bisa juga di print saja.

Demikianlah informasi tentang cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar agar penggunaan kata-katanya sopan dan formal (tidak sembarangan).