Download dan Cek Sertifikat Vaksin, Mudah dan Cepat
Download dan Cek Sertifikat Vaksin, Mudah dan Cepat

Download dan Cek Sertifikat Vaksin, Mudah dan Cepat

Bagi kamu yang masih bingung cara download dan cek sertifikat vaksin, tidak perlu risau lagi. Ada sejumlah metode yang bisa dipakai. Tentunya setiap metode hadir untuk memudahkan para penggunanya.

Vaksin corona memang sedang gencar dilakukan. Bahkan tanda sudah divaksin ini menjadi syarat untuk melengkapi sejumlah administrasi. Agar lebih mudah download serta cek sertifikat vaksin, mari simak ulasannya secara lebih lengkap.

Bagaimana Sejarah Sebuah Vaksin Bisa Ditemukan?

sejarah vaksin
Bagaimana sejarah Vaksin ditemukan? (foto: Unsplash)

Banyak sekali informasi beredar tentang vaksin, bahkan yang hoax sudah tidak terbendung. Hal ini sebenarnya tidak lepas dari kurangnya literasi terhadap vaksinasi. Sebelum membahas tentang download dan cek sertifikat vaksin, kamu harus paham sejarahnya.

  1. Era Sebelum Vaksin Modern

Vaksin sebenarnya merupakan obat khusus untuk pencegahan terhadap sebuah wabah. Konteks wabah yang dimaksud beragam. Bahkan dahulu sebelum ditemukan obatnya, cacar dianggap sebagai wabah mematikan.

Pasca ditemukan vaksin, cacar kemudian tidak dianggap sebagai wabah mematikan lagi. istilah vaksin ditemukan pertama kali di era 1790-an. Usaha untuk pencegahan infeksi sebelum vaksin sebenarnya telah dilakukan.

  1. Metode Kuno Variolasi

Bahkan sejak era Yunani Kuno, sudah ada penanganan terkait wabah cacar. Sekitar 1000 masehi, vaksinasi kuno dilakukan di Tiongkok. Metode tersebut sangat unik sehingga disebut variolasi.

Proses variolasi merupakan pemindahan virus cacar dari luka ke orang sehat. Hal ini bertujuan agar orang yang sehat kebal terhadap virus ini. teknik tersebut kemudian menyebar, bahkan dikenal luas di Eropa.

  1. Sejarah Vaksin Pertama di Dunia

Wabah cacar memang menjadi momok di zaman dahulu, bahkan sebelum ditemukan obatnya bisa menyebabkan kematian masal. Vaksin pertama di dunia untuk penyakit cacar, dengan metode variolasi seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Era 1796, Edward Janner kemudian mencetuskan vaksin cacar, dan diberikan di Inggris. Lokasi pemberian pertama di kawasan Berkeley, wilayah pedesaan Inggris Raya.

  1. Asal Istilah Vaksin Dikenal

Istilah satu ini diambil dari cacar sapi yang disebut vacca. Istilah tersebut kemudian dipakai ahli kimia Prancis dalam menemukan obat rabies di tahun 1885. Vaksin kemudian dipakai untuk menyebut suspense tentang mikroorganisme.

Dunia modern semakin banyak menciptakan vaksin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesehatan khalayak. Walau banyak ditentang pada awalnya, vaksin tetap dipakai untuk pencegahan wabah

  1. Suksesnya Vaksin Hingga Era Modern

Era modern memang memiliki metode pengobatan yang semakin meningkat. Walau sudah ditemukan sejak lama, nyatanya vaksin dipakai di era modern. Hal ini memang tidak lepas dari peranannya dalam menghentikan wabah.

Salah satu tanda suksesnya pemberian metode ini adalah dari penghapusan wabah cacar. Bahkan cakupan vaksin di seluruh dunia untuk cacar telah sukses sejak tahun 1956.

Sampai tahun 1980, wabah ini dinyatakan telah tereradikasi total. Hal ini merupakan bukti pencapaian tentang vaksin paling besar. Selain itu, beberapa penyakit menular lain juga bisa tereradikasi menggunakan metode pengobatan ini.

Belum lama ini, wabah corona meningkat. Memang menyebabkan pemaparan di banyak tempat. Adanya vaksin sukses mereduksi penyebarannya. Memang tujuan utama dari vaksin ini sebagai preduksi wabah, dan diharapkan bisa berkembang lebih baik lagi.

Apa Saja Jenis Vaksin Corona yang Disediakan Pemerintah?

Infografik Jenis Vaksin Corona
Infografik Jenis Vaksin Corona di Indonesia (foto: Detik.com)

Sebelum tahu cara download dan cek sertifikat vaksin, lengkapi pengetahuanmu tentang jenis vaksin corona. Hal ini sangat berguna, terutama untuk membantu mengedukasi yang belum paham. Sejumlah vaksin ini hadir dengan efikasi berbeda, seperti:

  1. Sinovac

Vaksin buatan Tiongkok ini bertipe whole virus yang bekerja dengan memanfaatkan virus SARS-CoV2-nonaktif. Kinerjanya bisa dengan memaksimalkan virus yang telah mati, sehingga memicu pembentukan imun.

Efikasi telah diuji coba. Setidaknya Brazil menjadi negara uji coba dengan efikasi sampai 52%. Sedangkan di Turki, vaksin satu ini memiliki efikasi cukup tinggi sampai 90% lebih. Sedangkan Nusantara memiliki respon efikasi Sinovac sebesar 65%.

  1. AstraZeneca

Tipe AstraZeneca sebagai vaksin viral vector. Kinerjanya dengan mengantarkan protein spike Corona, sampai membentuk antibody. Tentu untuk efikasinya tidak kalah dari vaksin lain, hingga mencapai 95%.

Penggunaan AstraZeneca memang ada di Indonesia. Bahkan kamu bisa melakukan download dan cek sertifikat vaksin jika mendapatkan dosis tersebut. Hanya saja, pemakaian paling banyak ada di India, Afrika, Korea Selatan, serta Malaysia.

  1. Moderna

Efikasi dari Moderna sebenarnya cukup tinggi, hingga 95%. Tentunya jenis vaksin ini sudah memperoleh izin pemakaian darurat untuk obat dan makanan. Pendistribusian Moderna sebagian besar di Amerika Serikat.

Walau dipakai di Indonesia, Moderna juga banyak digunakan di Inggris dan Singapura. Kinerja Moderna adalah dengan materi genetic. Tujuannya agar tubuh mendapat stimulus, sehingga membentuk antibody.

  1. Pfizer

Penasaran tentang jenis vaksin corona pertama di dunia? Pfizer adalah jawabannya. Vaksin asal Jerman ini merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan farmasi Pfizer dari Amerika.

Tipe vaksin ini adalah messenger RNA. Materi yang dibuat sifatnya genetic menggunakan protein dari spike Corona. Kinerjanya adalah membuat instruksi sel tubuh, sehingga membentuk antibody.

  1. Sinopharm

Pengguna PeduliLindungi juga bisa melakukan download dan cek sertifikat vaksin bagi jenis Sinopharm. Vaksin satu ini merupakan buatan Tiongkok, dimana platform-nya hampir sejenis dengan Sinovac.

Sertifikat halal dari MUI juga telah tersedia untuk jenis vaksin ini. walau statusnya di beberapa negara adalah izin penggunaan darurat. Terutama di kawasan Yordania, Mesir, Bahrain, dan sekitarnya.

Sebagai Aplikasi Terkait Vaksin Corona, Apa Manfaat Aplikasi PeduliLindungi?

manfaat aplikasi peduli lindungi

Proses vaksinasi corona memang dilakukan secara menyeluruh targetnya. Agar proses terpantau, ada sebuah aplikasi bertajuk PeduliLindungi. Sebagai masyarakat, perlu tahu apa manfaat aplikasi pemerintah ini, bagi khalayak.

  1. Mempermudah Mengakses Layanan Publik

Vaksinasi sangat berperan dalam meminimalisir dampak Covidd-19. Orang yang sudah divaksin katanya akan lebih kebal, sehingga dampak tertular virus corona tidak terlalu parah. Hal ini yang membuat aplikasi ini dipakai untuk mengakses layanan public.

Untuk bisa masuk ke tempat umum seperti mall misalnya. Pengguna aplikasi harus menunjukkan sertifikat vaksin demi kelangsungan bersama. Bahkan sejumlah kegiatan seperti memakai kereta api juga memakai PeduliLindungi.

  1. Memuat Informasi Test Covid-19
👉 TRENDING:  Begini Cara Cetak dan Download Sertifikat Vaksin Ke 1 dan 2, Lebih Aman

Sebagai tools untuk download dan cek sertifikat vaksin, aplikasi ini memang bisa dikatakan lengkap. Ada juga hasil tes PCR dan Swab Antigen di dalamnya. Hasil tentang berbagai test Covid-19 bisa didapatkan di dalam satu aplikasi.

  1. Berguna untuk Mengunduh Sertifikat

Download dan cek sertifikat vaksin sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan satu aplikasi. PeduliLindungi memuat informasi terkait vaksinasi, dan memberikan data vaksin secara update.

Kamu bisa mengunduhnya untuk sejumlah keperluan. Memang tidak dipungkiri, sertifikat vaksin penting untuk beberapa kegiatan. Bahkan melamar kerja juga harus melampirkan sertifikat vaksin.

  1. Sebagai Pengawasan

Aplikasi PeduliLindungi bisa berguna untuk surveillance. Lokasi pengguna bisa dibagikan saat bepergian. Hal ini berguna mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar virus Corona, sehingga mengantisipasi penyebaran lebih dini.

  1. Pemberi Peringatan akan Bahaya Pandemi

Pandemi memang hal yang menjadi momok bagi setiap lapisan masyarakat. Melalui aplikasi ini, pengguna akan memperoleh sejumlah notifikasi terkait bahaya virus Corona. Selain itu, notifikasi saat berada di keramaian juga akan diberikan.

Pengguna akan memperoleh peringatan secara intens. Terlebih jika ada di kawasan zona merah. Hal ini sebenarnya dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan hanya untuk keselamatan bersama.

Bagaimana Cara Memakai PeduliLindungi untuk Sertifikat Vaksin?

Cara Memakai PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi memang berperan dalam data masyarakat yang sudah vaksin. Akan tetapi, masih banyak yang belum paham bagaimana cara memakainya. Termasuk untuk download dan cek sertifikat vaksin, dengan beberapa metode pemakaian.

  1. Melakukan Scan QR Code

Scan QR code sangat berguna untuk memudahkanmu dalam mengakses aplikasi. Terlebih saat mendatangi beberapa tempat, perlu menunjukkan sertifikat vaksin secara scan. Cara melakukan QR Code scan cukup dengan beberapa langkah, seperti:

  • Pastikan sudah ada aplikasi PeduliLindungi
  • Masuk kea kun yang sudah dibuat, jika belum pastikan buat akun
  • Terima akses GPS jika ada pemberitahuan, kemudian pastikan akun sudah aktif
  • Pilih Scan QR Code, tunggu beberapa saat
  • Scan kode di beberapa tempat yang diperlukan. Misalnya pusat perbelanjaan, wisata, dan sejenisnya
  • Cek hasil pemindaian, jika hijau berarti kamu boleh masuk lokasi, begitu juga sebaliknya jika merah
  1. Mengatasi Sertifikat Belum Muncul

Saat download dan cek sertifikat vaksin, ternyata belum muncul hasil unduhannya. Jangan panic dahulu, coba metode untuk mengatasinya. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa solusi seperti:

  • Jika sertifikat belum muncul, padahal sudah melakukan vaksinasi, coba kirim keluhan ke email @pedulilindungi.id
  • Setelah itu, kamu harus melampirkan foto KTP, swafoto, serta kartu vaksin yang telah diterima
  • Kirim email dengan format yang benar, agar pihak PeduliLindungi tidak menganggap keluhanmu sebagai spam
  1. Membuat Akun PeduliLindungi

Sebelum melakukan berbagai macam hal di aplikasi PeduliLindungi, akun harus dibuat terlebih dahulu. Akun ini juga berguna untuk memudahkan metode download dan cek sertifikat vaksin. Cara membuat akunnya hanya beberapa langkah.

  • Pertama, kamu harus sudah masuk ke aplikasi PeduliLindungi resmi
  • Setelah itu, daftar dengan memasukkan nama sesuai KTP
  • Jangan lupa bubuhkan nomor HP sesuai dengan yang dipakai, dan pastikan terhubung SMS
  • Klik Buat Akun, tunggu kode verifikasi terkirim ke gadget-mu
  • Setelah itu, masukkan kode verifikasi tersebut, tunggu proses selesai
  • Jika kode sudah benar, kamu otomatis sudah terdaftar di akun PeduliLindungi

Bagaimana Download dan Cek Sertifikat Vaksin di PeduliLingdungi?

Download serta cek sertifikat vaksin bisa dengan metode memakai aplikasi. PeduliLindungi adalah aplikasi pilihan, dengan segenap manfaat. Cara memakainya juga cukup mudah, dengan beberapa metode:

  1. Kamu bisa mendapatkan aplikasi PeduliLindungi langsung di Download Aplikasi Cek Sertifikat Vaksin
  2. Setelah menginstall, pastikan beri izin akses ke kamera, penyimpanan, serta lokasi, agar aplikasi bekerja maksimal
  3. Download sertifikat vaksin dengan membuat akun jika memang belum memiliki akun PeduliLindungi
  4. Jika memang ingin membuat akun, sertakan Nama dan Nomor HP sesuai dengan yang di KTP. Khusus nomor HP, sebaiknya yang bisa mengakses SMS
  5. Setelah itu, masukkan kode OTP, yang biasanya akan dikirimkan lewat SMS
  6. Tunggu sampai proses masuk berhasil
  7. Download dan cek sertifikat vaksin jika sudah login, kamu bisa klik profil di pojok kanan atas, cari Sertifikat Vaksin
  8. Setelah itu, sertifikat akan muncul secara lengkap. Mulai dari dosis pertama, hingga booster, datanya tersedia
  9. Jika ingin mengunduh sertifikat tersebut, klik pilihan Unduh Sertifikat, agar kamu bisa menunjukkannya secara mudah

Download dan Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi

Vaksinasi terutama untuk masalah Covid-19, memang terus dilakukan. Download serta cek sertifikat vaksin sebenarnya juga bisa dilakukan bahkan tanpa aplikasi. Kamu bisa memakai beberapa metode berikut, untuk solusinya.

  1. Pakai Fitur SMS

Pemerintah sudah menyediakan layanan SMS khusus pengguna Peduli Lindungi. SMS tersebut bisa dikirim ke nomor 1199, yang nantinya terhubung dengan download dan cek sertifikat vaksin otomatis.

  • Kirim SMS ke 1199, dengan format sertifikat vaksin, tunggu beberapa saat
  • Setelah itu, balasan akan langsung mengarah ke PeduliLindungi, dan buatlah akun
  • Saat membuat akun, harus dengan nomor telfon valid, atau bisa memakai email aktif
  • Pastikan jangan lupa email apalagi password untuk memudahkan pemakaian
  • Secara otomatis, sertifikat vaksin akan tertera, termasuk vaksin booster yang baru disuntikkan
  • Untuk download dan cek sertifikat vaksin selanjutnya, kamu bisa langsung klik Unduh
  1. Cek Langsung di Website

Jika aplikasi Peduli Lindungi tidak bisa kamu unduh, untuk download sertifikat vaksin bisa memakai website. Cara ini lebih praktis, tanpa perlu repot memakai aplikasi. Apalagi jika memori ponsel penuh, tentu hal ini menjadi kendala.

  • Untuk download dan cek sertifikat vaksin lewat web, kamu bisa langsung ke situs PeduliLindungi
  • Klik Cek Sertifikat, untuk mengetahui status vaksinasimu
  • Klik untuk lanjut cek sertifikat vaksin dengan masuk kea kun
  • Jangan lupa masukkan kode OTP yang dikirim ke ponsel, jangan sampai bocor ke orang lain
  • Setelah selesai login, langsung klik sertifikat vaksin atas namamu
  • Klik sertifikat vaksin dosis 3, jika ingin mengunduh versi booster yang terbaru

Apakah Bisa Download dan Cek Sertifikat Vaksin Melalui WhatsApp?

Download dan cek sertifikat vaksin ternyata bisa melalui WhatssApp. Siapa sangka aplikasi chat ini hadir dengan manfaat mengakses informasi terkait vaksinasi. Akan tetapi, kamu harus punya akun peduli lindungi terlebih dahulu, baru lakukan beberapa cara ini.

  1. Nomor WA 0811-1050-0567 harus sudah kamu simpan, nomor tersebut adalah milik Kemenkes RI
  2. Setelah itu, chat ke nomor tersebut dengan mengetikkan “Halo”, tunggu responnya
  3. Ada balasan otomatis, klik Sertifikat Vaksin, ikuti petunjuk selengkapnya
  4. Isi nomor ponsel di akun Peduli Lindungi, masukkan kode OTP SMS
  5. Ada menu Cek Sertifikat Vaksin, Ubah Info Diri, hingga Download Sertifikat Vaksin
  6. Kamu bisa langsung memilih menu yang diperlukan. Misalnya ingin download dan cek sertifikat vaksin
  7. Jangan lupa, input nama, NIK, sesuai dengan akun Peduli Lindungi
  8. Setelah itu, chat otomatis akan mengakses menu yang kamu pilih
👉 TRENDING:  Begini Cara Daftar Vaksin Secara Online di Pedulilindungi.id, Gratis!

Cara download dan cek sertifikat vaksin dengan WhatssApp sebenarnya yang paling mudah. Hanya saja, kamu harus sabar menunggu balasan. Jika memang belum dibalas, jangan melakukan spamming. Tunggu sampai chatboot membalas keinginanmu.

Lindungi Data Pribadi Saat Cek Sertifikasi Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Isu keamanan memang mencuat saat melakukan download dan cek sertifikat vaksin lewat PeduliLindungi. Sebenarnya agar data tidak sampai bocor dan disalahgunakan, ada beberapa trik memakai aplikasi ini.

Ramai data tentang sertifikat vaksin tersebar santer terdengar, sehingga menyebabkan keresahan. Bahkan sertifikat vaksin dari Presiden Indonesia juga sudah bocor, sehingga makin menyebabkan panik masyarakat.

Sebenarnya, kabar kebocoran ini sudah dibantah, akan tetapi masih membekas isu ini di masyarakat. Hal yang dianggap kebocoran data ini bisa menyebabkan penyalahgunaan identitas.

Agar tidak sampai terjadi hal-hal demikian, Kominfo menyediakan sejumlah cara agar saat download dan cek sertifikat vaksin tetap aman. Beberapa trik berikut dapat kamu coba.

  1. Sebaiknya rajin melakukan pembaharuan data. Misalnya kata sandi, nama, dan sejenisnya agar tidak mudah dilacak pihak lain
  2. Selain itu, aktifkan autentifikasi dua faktor, yang berguna untuk mengelola data pribadi secara lebih aman
  3. Saat download dan cek sertifikat vaksin lewat PeduliLindungi, perangkat harus benar-benar aman, dengan fitur terbarunya
  4. Hati-hati terhadap konten-konten tidak jelas. Jangan sembarangan mengaksesnya
  5. Jika izin aplikasi aneh, misalnya sampai ke ranah paling pribadi, keluar dari aplikasi
  6. Ada masalah, segera laporkan ke Kominfo terutama indikasi pelanggaran perlindungan data

Mengapa Vaksin Corona Sangat Penting? Ini Sebabnya

Bagi yang penasaran mengapa orang-orang harus vaksinasi Covid-19, sebenarnya hal ini bukan tanpa alasan. Ada sejumlah sebab yang menjadi alasan dan manfaat mengapa vaksin covid penting. Ini beberapa hal yang harus diketahui manfaatnya.

  1. Membantu Merangsang Imunitas dan Antibodi Tubuh

Kamu pasti sempat berpikir untuk apa repot-repot download dan cek sertifikat vaksin. Tujuannya memang sebagai pelengkap administrasi. Akan tetapi, untuk kesehatan juga sangat bagus.

Vaksin akan berguna merangsang imunitas tubuh. Antibody akan terlatih secara maksimal, sehingga virus dapat mati dan proses pemulihan cepat.

  1. Mengurangi Dampak Berat Corona Virus

Dampak berat virus corona paling besar adalah kematian. Memang hal ini tidak bisa dipungkiri. Terlebih jika seseorang mengidap penyakit seperti infeksi paru-paru atau diabetes.

Oleh sebab itu, vaksinasi sangat berguna untuk meminimalisir dampak terberat corona. Antibody yang terlatih akan menyerang virus corona yang masuk. Memang terpapar, tetapi tingkat kesembuhan akan lebih tinggi.

  1. Mengurangi Risiko Pemaparan ke Orang Lain

Penyuntikkan virus bertujuan merangsang antibody. Setelah itu, antibody akan membentuk sebuah sistem imun dimana bisa mengenali virus corona. Jika seseorang bisa mencapai imunitas tersebut, maka risiko pemaparan ke orang lain akan berkurang.

  1. Agar Tercapai Heard Imunity

Pemaparan virus corona memang sangat cepat dan mudah. Bahkan hanya dengan berinteraksi sesaat, seseorang berisiko tertular. Hal ini disebabkan wabah bisa menyebar melalui udara, bahkan hanya dengan sentuhan tangan.

Tujuan dari vaksinasi sebagai upaya mencapai heard imunity. Semakin banyak yang terpapar, vaksin harus diberikan. Jika sudah banyak yang disuntik vaksin, maka akan tercapai heard imunity di dalam suatu daerah.

Apa Saja Syarat Jika Ingin Mendapatkan Vaksin Covid-19?

cara dapat vaksin covid_19

Tentu kamu penasaran, bagaimana seseorang bisa download dan cek sertifikat vaksin secara mudah. Syarat paling pertama harus sudah mendapatkan vaksinasi. Untuk bisa mendapatkan vaksin, ada beberapa persyaratan secara medis, seperti:

  1. Sehat, Tidak Sedang Demam

Sebelum melakukan vaksinasi, sebaiknya tubuh harus benar-benar fit. Suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37 derajat celcius, demi alasan keamanan. Jika demam, penundaan vaksin harus dilakukan.

Memang harus bersabar jika hendak mendapatkan vaksin corona ini. tujuannya agar bisa memilih bukti, serta mudah melakukan cara download dan cek sertifikat vaksin.

Tujuannya agar saat mendatangi tempat juga tidak berpotensi menularkan ke orang lain. Selain itu, kamu juga harus memeriksakan diri dahulu, alih-alih vaksin. Tujuannya agar penyebab demam sudah bisa diketahui dan diobati secepatnya.

  1. Tidak Mengalami Hipertensi

Agar bisa melakukan download dan cek sertifikat vaksin, proses penyuntikan vaksin harus dilakukan. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Terutama jika memiliki tekanan darah diatas 180/110.

Hal ini bertujuan untuk melaksanakan prinsip kehati-hatian. Vaksin satu ini tergolong baru, sehingga penggunaannya terbatas. Berbeda dengan suntikkan untuk sejumlah penyakit lainnya.

  1. Tidak Menderita Penyakit Tertentu

Jika ingin download dan cek sertifikat vaksin, pastikan sudah mendapatkan dosisnya terlebih dahulu. Terkait pemberiannya, tekanan darah memang sangat penting agar proses vaksin lancar. Selain dilarang bagi penderita darah tinggi, vaksinasi corona juga tidak diperkenankan bagi pengidap penyakit tertentu, misalnya saja:

  • Penderita penyakit paru-paru seperti PPOK, TBC, serta asma (harus ditunda dan mendapat rekomendasi dokter spesialis paru jika hendak vaksin)
  • Penderita HIV yang memiliki angka CD4<200 sehingga pemberian vaksin tidak diperkenankan. Hal ini juga berlaku bagi penderita HIV dengan angka tidak diketahui

Apa Itu Vaksin Booster? Apakah Perlu Dilakukan?

Biasanya orang-orang yang melakukan download dan cek sertifikat vaksin khusus pengguna vaksin booster. Jenis penyuntikkan ini memang tergolong baru, tetapi masih sedikit yang memahaminya.

Awal mula penyuntikkan booster saat penerima dosis ke-dua sudah mencapai setengahnya. Jenis booster merupakan pemberian untuk menangkal jenis infeksi dari virus lain.

Misalnya saja ancaman dari tetanus, difteri, atau pertussis. Cara kerjanya memungkinkan sistem tubuh lebih responsive dalam mengenali virus penyebab penyakit. Bahkan cara kerja tersebut seolah lebih cepat. Sejumlah alasan harus diketahui mengapa vaksin booster diperlukan.

  • Pertama, booster merupakan penambah kekebalan tubuh. Cocok untuk menjaga imunitas dari beberapa waktu yang menurun
  • Selain itu, booster juga berguna menangkal dan meminimalisir kemungkinan terjadinya infeksi dari varian virus lainnya
👉 TRENDING:  Begini Cara Cetak dan Download Sertifikat Vaksin Ke 1 dan 2, Lebih Aman

Vaksin booster memang sangat membantu untuk meningkatkan respon imun. Oleh sebab itu, pemberiannya intens, terutama bagi lansia. Untuk jenis vaksin yang memiliki booster diantaranya:

  • Pfizer
  • Sinovac
  • Moderna

Pemberian penyuntikkannya adalah 6 bulan pasca dosis kedua. Sedangkan khusus pengguna Astrazeneca, pemberiannya adalah 3 bulan pasca dosis kedua. Berbeda dengan moderna yang 1 bulan, Pfizer ternyata cukup lama, yaitu 8 bulan setelah penyuntikkan kedua.

Seperti halnya saat vaksinasi, booster sebenarnya juga memberikan efek samping tertentu. Hanya saja, efek tersebut tidak boleh ditakutkan. Efek samping dari pemberian booster ini biasanya demam, kemerahan di kulit, serta bengkak.

Biasanya pasca penyuntikkan, kamu akan mendapatkan obat khusus. Jika mengalami kelelahan, nyeri di otot serta sendi, cukup obati dengan istirahat. Makan aneka makanan sehat, agar proses pemulihan pasca booster bisa lebih cepat.

Setelah Melakukan Vaksin, Bagaimana Menjaga Imunitas Tubuh?

Banyak yang beranggapan jika sudah vaksin, berarti kebal penyakit. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat, karena vaksin adalah upaya untuk meminimalisir risiko. Agar imunitas lebih terjaga pasca penyuntikkan, kenali beberapa tips berikut.

  • Rajinlah mengonsumsi makanan sehat, agar sel-sel tubuh tetap aktif dan ternutrisi. Hal ini juga berguna agar tubuh tidak mudah lelah pasca vaksin
  • Selain itu, kelola tingkat stress agar imun tubuh tetap stabil. Jika perlu pergi jalan-jalan agar tubuh dan pikiran terjaga selalu
  • Setelah vaksin tidak berarti bebas. Kamu tetap harus mengikuti protocol kesehatan, agar saat di luar sama-sama nyaman dengan orang sekitar
  • Istirahat adalah kunci utama dalam menjaga imunitas tubuh. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan istirahat, minimal tidak rajin begadang
  • Rajin olahraga adalah keharusan, terutama saat setelah vaksin
  • Jika timbul demam pasca penyuntikkan, konsumsi obat yang diberikan pihak tenaga kesehatan
  • Jangan abai terhadap pola hidup, terutama hidup sehat, misalnya tidak sembarangan jajan, kurangi junk food, serta mengurangi hal-hal sia-sia
  • Jika sudah mendapatkan sertifikat vaksin, sebaiknya gunakan sesuai kebutuhan, jangan sampai memakainya untuk hal-hal terlarang. Misalnya manipulasi data dan sejenisnya

Ternyata ada banyak hal terkait vaksinasi corona. Selain sebagai upaya pencegahan, hal ini juga berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia. Untuk download dan cek sertifikat vaksin, kamu bisa memilih metodenya sesuai selera dan kondisi.