Cara Cek dan Daftar DTKS Online, Mudah dan Berhasil
cara cek dan daftar dtks online

Cara Cek dan Daftar DTKS Online, Mudah dan Berhasil

Mencari cara cek dan daftar DTKS online tidak sulit. Saat ini sudah ada bantuan aplikasi bernama Cek Bansos yang dapat kamu gunakan setiap saat. DTKS sendiri bisa dikatakan sebagai database pemerintah, terkait siapa saja yang berhak menerima bantuan.

Isinya berupa data masyarakat yang dianggap layak sebagai subjek penerima bantuan. Data tersebut tidak otomatis terisi sendiri. Masyarakat bisa mengajukan pendaftaran sampai namanya ada di dalam data tersebut. Untuk lebih lengkapnya tentang cara cek dan mendaftar DTKS online, ulasan berikut semoga membantu.

Mengenal DTKS, Dasar Kemensos untuk Menyalurkan Bantuan Sosial

dtks

Kementrian Sosial membuat sebuah data yang bertajuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Data tersebut kemudian sering disebut dengan istilah DTKS. Isi dari data tersebut, terdiri atas beberapa aspek.

Mulai dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial, hingga Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial. Penduduk Indonesia dengan status kesejahteraan sosial paling rendah, termuat dalam DTKS.

Selain itu, masyarakat yang terdata rawan miskin, serta butuh bantuan sosial juga seharusnya masuk ke dalamnya. Sejak era pandemi, jumlah orang yang seharusnya terdaftar dalam DTKS juga meningkat.

Pentingnya keakuratan data tersebut sangat tinggi. Mengingat dari DTKS ini, sejumlah bantuan pemerintah diberikan. Masyarakat bisa melakukan cara cek dan daftar DTKS online, jika memang merasa berhak dan belum terdaftar.

Data pemerintah ini tidak bisa dibuat secara sembarangan. Ada landasan hukum tersendiri yang membuat DTKS sah. Masyarakat pada umumnya hanya peduli bagaimana cara cek dan daftar DTKS secara online, tanpa tahu dasar hukumnya sebagai berikut.

  1. UU No 13 tahun 2011 mengenai Penanganan Fakir Miskin
  2. Undang-undang No 23 tahun 2014 mengenai urusan pemerintah di bidang sosial
  3. Permensos No.28 Tahun 2017
  4. Permensos Nomor 5 Tahun 2019
  5. Permensos Nomor 11 Tahun 2019

Mengapa Harus Mendaftar DTKS Terlebih Dahulu?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kamu harus masuk ke daftar DTKS terlebih dahulu. Jika sudah terdaftar, kemungkinan besar pasti mendapat bantuan dari Kemensos. Cara cek dan daftar DTKS online sebenarnya mudah, asalkan memang kondisinya sesuai ketentuan.

Sebagai gambaran, untuk melakukan pendaftaran, kamu bisa mengajukannya langsung ke Kelurahan atau secara daring. Pemerintah saat ini sudah memberikan aplikasi khusus bertajuk Cek Bansos. Aplikasi ini yang dapat dijadikan pegangan saat ingin mendaftar online.

Pendaftaran DTKS yang berhasil, kemudian akan menyebut pendaftar dengan sebutan KPM. KPM berarti Keluarga Penerima Manfaat yang berkesempatan mendapatkan beberapa jenis bantuan pemerintah. Tanpa terdaftar, bantuan dari Kemensos tidak akan diperoleh.

Hal tersebut sesuai dengan payung hukum UU No.13, 2011 mengenai Penanganan Fakir Miskin. Program tersebut memang harus berdasarkan data yang ada. DTKS bisa dikatakan sebagai dasar Kemensos dalam menyalurkan bantuannya.

Pendaftaran memang tidak harus menunggu pihak Desa atau Kelurahan mendatanya. Kamu bisa aktif mendaftarkan diri sendiri. Baik secara langsung ke kantor, atau secara daring lewat aplikasi.

Bagaimana Persyaratan Daftar DTKS Online?

pendaftaran dtks

Sebelum beranjak ke cara cek dan daftar DTKS online, kamu harus paham bahwa tidak semua orang berhak atas bantuan sosial. Ada syarat dan ketentuan seseorang bisa mendapatkan bantuan.

Sebelum memutuskan mendaftar DTKS, pastikan bahwa kamu termasuk ke dalam persyaratan tersebut. Setidaknya, ada tiga syarat utama jika ingin berhasil mendaftar DTKS online, diantaranya:

  1. Merupakan masyarakat yang tergolong miskin atau rawan miskin
  2. Bukan anggota dari Polri, TNI, atau PNS
  3. Untuk bantuan PKH, dikhususkan yang terdampak pandemi seperti terkena PHK

Banyak yang asal melakukan cara cek dan daftar DTKS online padahal secara syarat utama tidak memenuhi. Tidak sembarang bisa dimasukkan ke dalam data tersebut. Sebenarnya siapa saja boleh mengajukan.

Akan tetapi, mekanisme sudah diatur sedemikian rupa. Tidak sebatas mendaftar, kamu akan melalui beberapa proses sampai berhasil. Termasuk proses validasi yang akan dilakukan secara berlapis.

Cara Daftar DTKS Secara Langsung Tanpa Daring

Selain melakukan cara cek dan daftar DTKS online, kamu juga bisa mengawalinya dengan pendaftaran langsung. Datang langsung membawa dokumen ke Kelurahan atau Kantor Desa domisili. Langkah berikut yang akan ditempuh saat mendaftar langsung.

  1. Membawa Dokumen Penting Langsung

Tahap paling pertama adalah datang langsung ke kantor Desa atau Kelurahan. Kamu harus membawa dokumen berupa Kartu Keluarga serta Kartu Tanda Penduduk. Pastikan kantor yang dituju sesuai dengan domisili yang tertera di identitas tersebut.

  1. Tahap Screening di Desa

Hasil pendaftaran kemudian akan ditindaklanjuti dengan dibawa ke Musyawarah Desa. Tujuannya untuk membahas kelayakan pendaftar masuk ke DTKS. Tahapan ini juga disebut sebagai rancangan usulan baru, atau prelist awal.

  1. Tahap Prelist Akhir

Cara cek dan daftar DTKS online masuk ke prelist akhir. Musyawarah desa yang berlangsung akan menghasilkan sebuah berita acara. Berita acara tersebut terkait tindak lanjut para pendaftar DTKS. Setelah ditandatangani Kepala Desa, berita acara akan berupan menjadi prelist akhir.

  1. Validasi SIKS Offline

Data prelist akhir akan dikirimkan ke Dinas Sosial sebagai dasar validasi dan verifikasi. Proses tersebut dilengkapi dengan kunjungan rumah dari dinas tersebut. Setelah berhasil lolos, data akan masuk ke SIKS Offline.

Memasukkan data ke laman tersebut merupakan tugas operator dari Kecamatan. File kemudian akan diekspor dengan ekstensi tertentu. Tahap selanjutnya adalah proses verifikasi di lapis Bupati.

  1. Validasi SIKS Online

Setelah file dari SIKS Offline, Dinas Sosial akan mendapatkan data tersebut. Data akan dimasukkan ke SIKS Online hingga menunggu verifikasi. Hasil tersebut kemudian akan dilaporkan ke lapis Walikota atau Bupati. Setelah cara cek dan daftar DTKS online, data akan dikirim ke Gubernur serta Menteri Sosial.

  1. Penyampaian ke Menteri Sosial

Penyampaian ke lapis Menteri Sosial dilakukan dengan mengimpor file hasil validasi. Pelaporan memakai SIKS-NG. Data dari SIKS-NG berupa surat pengesahan Walikota/Bupati, serta berita acara saat musyawarah desa.

👉 TRENDING:  Link Download Aplikasi Cek Bansos, Masyarakat Juga Bisa Daftar Bansos Dari Sini!

Sebelum melakukan cara cek dan daftar DTKS secara online, memang ada beberapa lapis proses yang harus kamu tempuh. Banyak pertimbangan sampai nama masuk ke dalam daftar DTKS. Mengingat komitmen program memang harus menyasar ke orang yang tepat.

Aplikasi Cek Bansos untuk Registrasi DTKS Online

Cara Cek dan Daftar DTKS Online, Mudah dan Berhasil

Cara cek dan daftar DTKS online bisa melalui aplikasi Cek Bansos. Aplikasi tersebut hadir sebagai solusi pemerintah dalam memudahkan masyarakat menerima bantuan. Cek Bansos merupakan aplikasi besutan Kementrian Sosial, yang didalamnya ada beberapa fitur.

Fitur pertama adalah pendaftaran DTKS. Kemudian ada juga fitur pengecekan data, sampai Usul Sanggah. Mengenai Usul Sanggah, ternyata merupakan upgrade terbaru yang diberikan pemerintah.

Aplikasi sebesar 5 MB ini, sangat multiguna untuk melakukan cara cek dan daftar DTKS online. Apalagi jika posisi rumah jauh dari kantor Kelurahan. Tentu dengan adanya aplikasi akan mempermudah pendaftaran. Tidak perlu jauh datang ke kantor, cukup registrasi lewat rumah asalkan data dirinya lengkap.

Untuk memanfaatkan aplikasi ini, kamu harus menyiapkan dokumen lengkap. Biasanya dokumen yang dipakai adalah KTP serta KK. Selain itu, device berupa ponsel juga mesti terhubung dengan internet untuk mempermudah proses.

Cara Daftar DTKS Online Melalui Aplikasi Cek Bansos

Untuk melakukan cara cek dan daftar DTKS online, kamu memang memerlukan alat khusus bernama Cek Bansos. Aplikasi yang sudah ada di Playstore ini, sangat memudahkan proses pendaftaran sampai pengecekan, dengan cara penggunaan:

  1. Unduh Aplikasinya Dahulu

Untuk memudahkan registrasi daring, kamu harus mengunduh dari link resmi disini aplikasi Cek Bansos. Playstore sudah menyediakan aplikasi seberat 5 MB tersebut. Pastikan unduh aplikasi yang asli agar proses registrasi tepat.

  1. Buat Akun Baru

Buat akun setelah melakukan pengunduhan aplikasi. Jika kamu sebelumnya sudah mendaftar, cukup isi username dan password. Pastikan saat mendaftar, gunakan nama akun dan password secara benar, agar kamu gampang mengingatnya.

  1. Isi Data Lengkap

Jika belum mengetahui cara cek dan daftar DTKS online, registrasi secara tepat. Isi data selengkap mungkin berdasarkan KTP agar tidak ada kesalahan. Saat proses tersebut, ada beberapa hal yang harus dilengkapi, seperti:

  • Nomor KTP
  • Nomor KK
  • Nama dan alamat lengkap sesuai data diri di atas
  • Nomor HP aktif
  • Alamat email yang aktif dan pastikan tidak lupa password
  • Username dan setting password
  1. Swafoto dengan Data Diri

Untuk melengkapi proses cara cek dan daftar DTKS online, kamu perlu melakukan swafoto. Proses tersebut merupakan langkah penting untuk menjamin validasi data. Swafoto pendaftar ini biasanya dengan memegang KTP.

  1. Proses Akhir

Proses akhir pendaftaran akan kamu lakukan. Pastikan crosscheck semua data, jangan sampai tidak sinkron satu dengan lainnya. Setelah yakin, klik menu Daftar Usulan. Klik Tambahkan Usulan sesuai dengan data di KTP dan KK

Proses pendaftaran DTKS online memang sudah dilakukan. Akan tetapi, proses tidak sampai disitu, karena pendaftar harus aktif melakukan cara cek dan daftar DTKS secara online. Upaya tersebut sebagai tindak lanjut, apakah pengajuan diterima, atau sebaliknya.

Cara Cek dan Daftar DTKS Online, Pasca Registrasi

cek nama di dtks kemensos go id

Proses pendaftaran DTKS sebenarnya sudah cukup dilakukan dengan cara di atas. Akan tetapi, kamu harus aktif selalu melakukan proses pasca registrasi. Cara cek dan daftar DTKS secara online sebaiknya dilengkapi dengan melakukan pengecekan menggunakan beberapa cara ini.

  1. Melalui Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos memang bisa multiguna. Selain registrasi DTKS, aplikasi juga bisa dipakai untuk tracking apakah lolos DTKS atau sebaliknya. Cara cek dan daftar DTKS online, dapat dilakukan dengan beberapa step berikut:

  • Buka aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu
  • Kemudian di menu utama, klik pilihan Cek Bansos, dan masukkan domisili pendaftaran
  • Masukkan nama sesuai yang tertera di KTP saat pendaftaran
  • Cara cek dan daftar DTKS online selanjutnya dengan verifikasi menggunakan captcha, dan pastikan tidak keliru menulis kode tersebut
  • Klik pilihan Cari Data, tunggu sampai proses tuntas
  • Jika berhasil masuk, berarti data akan tertera, sebaliknya jika tidak ada berarti pendaftaran belum berhasil
  1. Melalui Website Khusus dari Kemensos

Cara cek dan daftar DTKS online juga bisa memanfaatkan layanan website Kemensos.go.id. Web tersebut dapat dipakai untuk pengecekan secara akurat. Untuk melakukan cara tersebut, ini beberapa tahapannya:

  • Pakai peramban, baik itu Chrome atau Firefox sesuai pilihanmu, kemudian ketikkan alamat Kemensos resmi
  • Website akan terbuka, ketik domisili pendaftaran, isi lengkap dari provinsi sampai kelurahan
  • Setelah itu, masukkan identitas lain sesuai yang ada di KTP dan jangan sampai keliru
  • Masukkan captcha sebagai verifikasi keamanan, Klik Cari Data untuk mengakhiri proses
  • Seperti halnya memakai aplikasi, kamu akan terdata jika terdaftar, dan sebaliknya jika tidak terdaftar

Mengenal Menu Usul dan Sanggah yang ada di Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos memang dibuat pemerintah untuk beberapa fungsi. Salah satunya sebagai wujud cara cek dan daftar DTKS online secara lebih praktis. Penyaluran bantuan sosial diharapkan tepat sasaran melalui data dari DTKS.

Untuk memaksimalkan peranan aplikasi, pemerintah kemudian meluncurkan menu baru bernama “Usul Sanggah”. Menu satu ini berfungsi mengatasi data yang bermasalah. misalnya ada yang berhak mendapatkan bantuan, tetapi pada kenyataan sebaliknya.

Data memang wajib diisi sesuai dengan yang ada di identitas kependudukan. Akun yang telah terverifikasi saat melakukan cara cek dan daftar DTKS online, berpotensi menerima bantuan.

Selain itu, akun tersebut juga bisa melakukan cek bantuan sosial, menyanggah anggota keluarga, memeriksa kelayakan, sampai memberi usul penerima. Usul Sanggah ini bisa diakses oleh para pemilik akun di aplikasi tersebut.

Sangat memungkinkan fitur Usul Sanggah dipakai untuk mengajukan orang lain di fitur Tambah Usulan. Jika pemilik akun mengusulkan keluarganya sendiri, berarti statusnya akan tertulis satu KK. Untuk memakai fitur tersebut, kamu bisa mencoba beberapa cara cek dan daftar DTKS online seperti:

  1. Masuk ke aplikasi Cek Bansos, dan pastikan kamu sudah log in sesuai dengan akun yang dimiliki
  2. Buka menu utama, kemudian klik menu Tambahkan Usulan, tunggu sampai proses selesai
  3. Isi form sesuai data yang akan mengajukan diri
  4. Pilih jenis bantuan yang dikehendaki. Misalnya PKH atau BPNT
  5. Unggah foto berupa KTP serta rumah tampak depan calon penerima
  6. Lakukan sampai proses tuntas. Melalui fitur ini, masyarakat diharapkan bisa berperan mengawal bantuan sosial, sehingga bisa memaksimalkan proses penyaluran dari pemerintah. Tentunya yang tepat sasaran, sesuai amanat program.
👉 TRENDING:  Mengenal BST Kemensos Beserta Cara Daftarnya

Setelah Mendaftar, Apakah Langsung Mendapatkan Bantuan?

Setelah melakukan cara cek dan daftar DTKS online, banyak yang mengira akan langsung mendapat bantuan. Kamu tidak akan langsung menerima bantuan dari Kemensos, walau sudah terdaftar DTKS.

Hal ini didasari atas mekanisme program bantuan sosial yang memilih calon penerimanya terlebih dahulu. Semua penyaluran bantuan berdasarkan penyelenggara program. Kuota bantuan juga memengaruhi sebab penyaluran tidak merata.

Kamu boleh sering melakukan cara cek dan daftar DTKS online untuk melihat perkembangan terbaru. Verifikasi serta validasi data juga aktif dilakukan oleh Kemensos dalam menjamin keakuratan penerima. Sejumlah langkah validasi dari Kemensos adalah:

  1. Aktif melakukan sosialisasi kepada pemerintah tingkat provinsi dan daerah terkait kebijakan, serta peraturan DTKS
  2. Melakukan rapat koordinasi skala nasional dengan pemerintah provinsi serta daerah
  3. Melakukan bimbingan teknis kepada petugas pelaksana verifikasi serta validasi. Bimtek tersebut juga diperuntukkan bagi Pusdatin hingga sector regional
  4. Undangan bimbingan teknis dari pemerintah daerah juga kerap dipenuhi pusat
  5. Melakukan koordinasi lintas sektor terkait pembaruan DTKS, dengan kementrian serta lembaga terkait

Validitas data memang sangat penting dalam penyaluran bantuan. Bahkan jika ada peristiwa pindah domisili, padahal kamu sudah berhasil melakukan cara cek dan daftar DTKS online, harus ada pembaruan.

KPM yang sudah terdaftar ternyata pindah, harus melaporkan perubahan data ke Kelurahan atau Kantor Desa domisili teraru. Kemudian, pemberitahuan tersebut akan diteruskan ke Camat serta Bupati.

Mengapa harus ada pembaruan? Karena hal ini berguna untuk menjamin validitas sebuah data. Penyalurannya juga akan dipermudah jika datanya sudah update. Walau saat ini belum menerima bantuan, akan tetapi dengan data yang update, penyalurannya akan lebih optimal.

Solusi Sudah Terdaftar DTKS, Tidak Kunjung Mendapatkan Bantuan

Setelah rutin melakukan cara cek dan daftar DTKS online, tetapi bantuan tidak kunjung didapatkan. Hal ini sebenarnya bisa terjadi karena program memang belum cair. Akan tetapi, bagaimana jika orang lain sudah dapat tetapi kamu belum.

Padahal pendaftarannya sama, kondisinya juga demikian. Sebenarnya hal tersebut bisa juga disebabkan karena kendala teknis. Beberapa kendala berikut, mungkin pernah kamu rasakan dalam menerima Bansos.

  1. Masuk ke DTKS dan Terdaftar PKH tetapi Saldo Masih Nol

Setelah berhasil melakukan cara cek dan daftar DTKS online, ternyata kamu terdaftar sebagai penerima. Bantuan bisa kamu peroleh, akan tetapi saldo di ATM tidak kunjung bertambah. Beberapa faktor seperti berikut, mungkin menjadi penyebabnya.

  • Tidak valid NIK sehingga Dispendukcapil tidak bisa melakukan tracking. Kamu bisa memperbaharui Kartu Keluarga ke bagian Dispendukcapil agar terjadi sinkronisasi
  • NIK Ganda bisa diselesaikan dengan cara melakukan perbaikan data. Kamu bisa melaporkan hal tersebut, agar SIKS-NG bisa memperbaikinya secara langsung
  • NIK Penerima ternyata dinyatakan meninggal. Jika sesuai dengan kondisi, berarti data memang dihapus. Jika sebaliknya, lakukan usulan perbaikan data
  • NIK Berbeda nama di Dukcapil. Perbaikan data diri harus dilakukan agar NIK tidak sampai dipakai orang lain

Proses cara cek dan daftar DTKS online memang harus teliti. NIK sangat penting sebagai identitas penerima. Oleh karena itu, jangan sampai ada kesalahan tulis karena berpengaruh terhadap mekanisme penerimaan.

  1. Masuk ke DTKS dan Terdaftar PKH tetapi Belum Mendapat Bantuan

Kasus yang pertama mungkin sudah mendapatkan bantuan. Hanya saja saat penerimaan lagi, ternyata saldo masih nol. Bagaimana solusi dan penyebabnya jika belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali?

  • Penyebab awalnya adalah kartu ATM bantuan salah sasaran. Nama pemilik dan identitas tidak sesuai dengan penerima
  • Gagal burekol. Kondisi dimana nama ibu kandung tidak valid, bahkan dikosongkan. Selain itu ID nama berbeda dengan data dari bank
  • Gagal burekol juga bisa karena tidak validnya tempat lahir dan tanggal
  • Kesalahan penulisan provinsi juga bisa menjadi alasan gagal burekol
  • Sudah memiliki rekening bank, tetapi tidak aktif sehingga gagal divalidasi oleh Otoritas Keuangan
  • Sudah memiliki rekening tetapi nama penerima ada kesalahan tulis
  • Saat pendaftaran, nama yang tertulis ada salah ketik

Melalui beberapa penyebab di atas, data dasar memang sangat penting. Oleh sebab itu, saat melakukan cara cek dan daftar DTKS online, pastikan semua data sinkron. Jangan sampai timpang antara yang ada di KK, KTP, serta saat proses berlangsung.

Mengenai Bantuan Sosial dari Pemerintah, Apa Saja Jenisnya?

Cara Cek dan Daftar DTKS Online, Mudah dan Berhasil

Pengendalian, koordinasi, sinkronisasi, serta pembangunan kesejahteraan rakyat menjadi tanggung jawab pemerintah. Melalui latar belakang itulah, bantuan sosial dibentuk. Jenis program tersebut sangat bervariasi.

Setelah melakukan cara cek dan daftar DTKS online, data yang berhasil masuk dipakai sebagai dasar pemberian bantuan. Jenisnya sangat beragam, tergantung dari syarat sebuah program. Seperti diantaranya:

  1. Program Bantuan Indonesia Pintar

Salah satu program yang bisa didapat saat berhasil melakukan cara cek dan daftar DTKS secara online adalah Kartu Indonesia Pintar. Program satu ini berupa uang dari pemerintah untuk siswa dari berbagai jenjang sekolah.

Mulai dari SD, SMP, sampai sekolah menengah atas termasuk ke dalam target penerima. Program bantuan ini telah diberikan kepada 19 juta lebih anak sekolah dari KPM. Nilai uang bantuan dari Kartu Indonesia Pintar ini diantaranya:

  • Untuk anak SD bantuan sebanyak Rp450.000 setiap tahun
  • Setingkat SMP nilai bantuan Rp750.000 setiap tahun
  • Setingkat SMA nilai bantuan Rp1.000.000 setiap tahun
  1. Program Jaminan Kesehatan Nasional

Kesehatan merupakan hal utama yang dibidik pemerintah dalam membuat program bantuan. Jaminan Kesehatan Nasional dibuat pemerintah sebagai upaya agar masyarakat tidak mampu mendapatkan fasilitas kesehatan. Jumlah anggaran yang dikeluarkan dalam program ini diantaranya:

  • Tahun 2018, program satu ini diberikan kepada masyarakat setidaknya sebanyak 92,4 juta orang
  • Anggaran penerima bantuan sebanyak Rp25 triliun di tahun 2018
  • Tahun 2019 kemudian ada peningkatan penerima sebanyak 38%
  1. Bantuan Pangan Non Tunai dan Bansos Rastra

Bansos Rastra merupakan singkatan bantuan sosial sejahtera, dimana penyalurnya adalah pemerintah. Sedangkan subjek penerimanya adalah KPM yang sudah terdaftar di DTKS. Program tersebut memberikan bantuan berupa beras, dengan jumlah 10 kg per keluarga, setiap bulan.

👉 TRENDING:  Cek Penerima Bansos PKH Begini Cara dan Ketentuannya

Sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai merupakan program berbentuk bantuan pangan, yang diberikan melalui Kartu Keluarga Sejahtera. Biasanya bentuk bantuannya adalah uang yang digunakan untuk belanja kebutuhan pokok. Seperti beras dan telur, yang dibeli di e-warong.

Untuk itu kamu perlu mengetahui cara cek dan daftar DTKS online. Kedua jenis bantuan ini memiliki histori yang cukup menarik. Selain itu, ketentuannya juga berbeda dengan jenis bantuan lain. Diantaranya seperti:

  • Program dimulai pada tahun 2017, dengan target KPM sebanyak 1,2 juta
  • Pemberian BPNT sebanyak Rp110.000 setiap bulannya untuk per KPM. Pemberian tersebut melalui Kartu Keluarga Sejahtera, kemudian dibelanjakan di tempat yang ditunjuk
  • Program ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran penerima manfaat. Pemberian pangan dengan nutrisi bagus, juga diharapkan bisa dilakukan

Apa Saja Manfaat dari Pemberian Bantuan Sosial?

Cara Cek dan Daftar DTKS Online, Mudah dan Berhasil

Proses cara cek dan daftar DTKS secara online merupakan upaya untuk mendapatkan bantuan sosial. Pemerintah dalam memberi bantuan tidak lepas dari manfaat yang dituju. Ada sejumlah tujuan yang dibidik penyelenggara program satu ini, diantaranya:

  1. Mencegah Resesi

Kemudahan cara cek dan daftar DTKS online merupakan upaya untuk mendapatkan bantuan secara tepat. Hal ini tidak lepas dari tujuan pemerintah dalam mencegah resesi. Pemerintah pusat memberikan bantuan sosial tunai dalam berbagai jenis.

Selain itu, sejumlah stimulus juga diberikan. Baik bagi pengusaha kecil, menengah, hingga perbankan. Bantuan sosial produktif juga dikeluarkan sebanyak 13 juta UMKM. Pemberian tersebut merupakan upaya kuat, agar resesi tidak terjadi. Selain itu, diharapkan terjadi peningkatan pada:

  • Konsumsi masyarakat
  • Daya beli masyarakat
  • Pertumbuhan ekonomi dalam negeri
  • Penyerapan anggaran program pemulihan yang seharusnya efektif
  1. Meningkatkan Konsumsi

Terkait pandemi, stimulus dalam bidang ekonomi gencar dilakukan pemerintah. Hal ini berperan penting agar masyarakat dapat meningkatkan konsumsi, di tengah kondisi ekonomi yang kacau. Kebijakan defisit pemerintah dalam melebarkan anggaran merupakan langkah dalam menangani krisis.

Meningkatkan konsumsi juga menjadi upaya kuat dalam melawan resesi. Konsumsi rumah tangga dinilai berperan penting dalam membangun struktur ekonomi. Selain itu, PDB juga ditopang baik dengan adanya konsumsi dari masyarakat yang stabil.

Bagi warga yang berhak, bantuan sosial memang sangat perlu. Penerimaan Bansos memang diharapkan bisa sesuai dengan target. Jika memang kamu merasa layak, segera lakukan cara cek dan daftar DTKS online, untuk bisa mendapatkan program bantuan.