contoh surat lamaran kerja

Tips & Trik: 36 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Cara Membuat yang Benar

Contoh surat lamaran kerja mungkin menjadi hal yang diperlukan saat kamu melihat sebuah lowongan pekerjaan. Hal ini diperlukan agar tidak salah dalam penulisan. Apabila sesuai tulisannya maka bisa memperbesar harapan diterima.

Tentunya semua orang memiliki harapan agar dapat diterima di tempat perusahaan yang memerlukan karyawan. Tetapi, sebuah perusahaan juga memiliki kualifikasi bagi posisi yang membutuhkan pekerja.

Misalnya administrasi maka ada beberapa skill yang harus dipenuhi oleh pelamar. Kemudian contoh lamarannya juga harus disesuaikan agar tidak salah. Maka kamu harus mencari tahu bagaimana cara penulisan surat.

Walaupun mudah membuatnya, tetapi tidak ada salahnya untuk mencari tahu contoh surat lamaran kerja apabila masih ragu. Jika memiliki contohnya maka kamu dapat menirunya untuk dipakai dalam surat lamaranmu.

Lamaran pekerjaan sendiri akan berbeda di setiap bidang posisi yang nantinya kamu pilih. Bahkan beberapa skill didalamnya juga berbeda, khususnya hard skill. Sehingga jangan salah tulis ataupun asal-asalan.

Lamaran pekerjaan juga tidak jauh dari surat lamarannya, namun didalamnya terdiri banyak jenis. Seperti surat lamaran kemudian CV ataupun berkas-berkas pendukung. Hal ini disesuaikan dengan syarat lowongan tersebut.

Bukan hanya berbeda pada posisinya, tetapi jenjang pendidikan serta untuk perusahaan jenis apa juga bisa menentukan dalam pembuatan suratnya. Maka selain berkas pendukung, kamu harus tahu penulisan surat yang benar.

Surat lamaran pekerjaan sendiri berisi permohonan bekerja dalam suatu lembaga, PT ataupun perusahaan. Hal tersebut di dalamnya memiliki bagian-bagian  seperti identitas, pendidikan sampai keahlian serta pengalaman.

Daftar Isi tampilkan

Contoh Lamaran Kerja: Ini yang Harus Disiapkan

Ada banyak hal yang harus disiapkan dalam melamar pekerjaan. Menjadi sulit ataupun mudah tergantung dari persyaratan perusahaan maupun lembaga yang membuka lowongan tersebut. Jangan sampai ada kekurangan berkas.

Berikut contoh surat lamaran kerja dengan berkas yang perlu kamu siapkan.

1.    Surat lamaran pekerjaan

Contoh surat lamaran kerja yang paling rumit adalah membuat suratnya. Hal ini sangat penting apabila kamu menjadi pelamar kerja. Setiap melamar juga harus menyertakan surat ini.

Surat ini memiliki fungsi dalam menjelaskan kepada perusahaan jika kamu menjadi pencari kerja serta berkeinginan untuk bekerja pada perusahaan. Surat ini menjadi hal utama dan wajib ada saat melamar pekerjaan

2.    Pas foto terbaru

Kemudian pas foto juga wajib dimiliki dan dilampirkan, fotonya merupakan yang terbaru. Jangan gunakan foto lama, tetapi kriteria fotonya di setiap lembaga berbeda-beda. Maka dari itu kamu sesuaikan persyaratan.

3.    Fotocopy kartu identitas

Kemudian fotocopy kartu identitas juga disesuaikan dengan persyaratan, karena memang tidak semua memiliki syarat tersebut. Namun, kamu bisa lampirkan dokumen tersebut agar lebih berkas lengkap.

4.    CV atau daftar riwayat hidup

Kemudian CV / curriculum vitae atau daftar riwayat hidup juga penting didalam berkas saat ingin melamar kerja. Didalamnya terdapat biodata diri kemudian pengalaman kerja, riwayat kerja, organisasi dan skillmu.

5.    Fotocopy SKCK

Kemudian SKCK ini juga penting dan beberapa lembaga memiliki syarat tersebut. SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian biasanya diperlukan dan kamu bisa memfotocopy dan melampirkannya.

6.    Surat keterangan sehat

Contoh surat lamaran kerja yang biasanya diminta adalah surat keterangan sehat. Ia dibutuhkan pada tahap seleksi, sehingga sebaiknya dilampirkan. Suratnya ini bisa didapatkan di puskesmas setempat.

Berkas Lamaran Kerja Lain yang Perlu Ditambahkan

Ada beberapa berkas lain yang sebaiknya ditambahkan atau dilampirkan saat melamar pekerjaan. Hal ini perlu agar lebih menarik dan HRD mengerti mengenai kamu. Serta keseriusan dalam mengambil pekerjaan.

Contoh surat lamaran kerja dengan berbagai lampiran berkas berikut ini.

1.    Surat pengalaman kerja

Apabila kamu memang sudah memiliki pengalaman kerja maka dapat membuat surat pengalaman kerja. Perusahaan akan lebih menerima apabila calon pekerja sudah mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Membantu mendapatkan pekerjaan baru tersebut.

2.    Kartu pencari kerja (AK1)

Kemudian surat kuning atau disebut juga kartu AK1 menjadi dokumen harus dimiliki oleh semua pelamar kerja. Khususnya bagi kamu yang ingin di bidang instansi pemerintahan.

Kartu AK 1 tersebut bisa didapatkan dan dikeluarkan oleh  disnaker. Hal ini sebagai pemastian data kuantitas tenaga kerja yang ada di Indonesia. Sehingga apabila menjadi syarat maka bisa dilampirkan.

3.    Ijazah beserta transkrip nilai

Kemudian ijazah serta transkrip nilai adalah hal yang sering menjadi syarat khususnya lembaga atau perusahan. Bahkan PT atau perseroan terbatas menjadi kerja pabrik harus melampirkannya.

Baik lulusan smk ataupun jenjang perkuliahan. Fungsinya adalah sebagai nilai legalitas dalam informasi yang sudah kamu tulis. Misalnya pada daftar riwayat hidup terakhir pendidikannya maka cantumkan ijazah.

4.    Sertifikat yang dimiliki

Kemudian mencantumkan atau melampirkan berkas sertifikat. Tentunya ia menjadi dokumen pendukung didalam contoh surat lamaran kerja. Baik jenis sertifikat seminar, lomba, pelatihan dan sertifikat lain yang dimiliki.

Apapun jenisnya lebih baik dilampirkan, karena ini menjadi nilai tambah dirimu di mata HRD perusahaan yang kamu lamar. Jangan sampai kamu tidak melampirkannya apabila memiliki berbagai sertifikat.

Contoh Lamaran Kerja: Cara Membuat Surat Lamaran

Tidak dipungkiri bahwa surat permohonan pekerjaan memang menjadi salah satu aspek penting. Karena didalamnya berisikan permohonan kamu untuk bekerja di dalam lembaga atau perusahaan tersebut. Sehingga harus benar cara pembuatannya.

Saat kamu melamar kerja maka harus menulis surat lamaran yang benar. Apabila tidak mengerti maka lihat contoh lamaran kerja. Sehingga lebih percaya diri dan tidak takut salah tulis.

Didalamnya kamu memperkenalkan diri sekaligus mempromosikan diri sesuai dengan keahlian dimiliki. Disesuaikan juga dengan aspek bahan penilaian yang sedang dicari pekerjanya. Sehingga bisa diketahui layak atau tidaknya.

Contoh surat lamaran kerja pada surat lamaran memiliki sistematika, unsur dan juga langkah-langkah menyusunnya. Berikut beberapa langkah dan sistematika dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang baik.

1.    Tulis tempat beserta tanggal surat dibuat

Langkah pertama adalah dengan menuliskan tempat beserta tanggal sesuai dengan pembuatan surat tersebut. Misalnya :

Jakarta, 15 Juli 2022

2.    Kemudian lampiran dan hal

Berikutnya adalah lampiran yang kamu sertakan misalnya terdapat identitas kemudian kualifikasi pelamar sebanyak 5 lembar. Seperti berikut ini.

Lampiran         : lima lembar

Hal                    : pemberitahuan

3.    Kemudian tujuan alamat surat

Tujuan alamat ditulis harus sesuai, apabila menyurati seseorang maka jangan gunakan kata “kepada)”. Kemudian alamat tidak lebih 3 garis agar lebih singkat. Selanjutnya jabatan tidak memakai jenis kelamin seperti bapak/ibu.

Keterangan teks yaitu “jalan” jangan disingkat serta alamatnya bukan kalimat maka jangan gunakan titik di akhir baris. Seperti contoh dibawah ini.

Yth. Pimpinan PT. Tulis Menulis

Jalan Mawar No. 13, Jakarta Utara

Cara Penulisan Surat Lamaran Kerja

contoh cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benarSelain itu contoh lamaran kerja dalam pembuatan surat masih ada yang lebih kompleks dan perlu kamu perhatikan. Jangan sampai salah, tentunya ini menjadi poin penting agar kamu diterima kerja.

1.    Salam hormat  serta pembukaan

Kemudian salam hormat biasanya dipakai menggunakan ungkapan “dengan hormat” yang berguna dalam memulai surat lamaran kerja. Dilanjutkan dengan pembukaan, beserta tujuan menulis surat lamaran tersebut.

2.    Alinea Pembuka

Alinea pembuka ini dapat digunakan yang berisi pernyataan diri.  Maksudnya yaitu dimana kamu menemukan lowongan kerja dengan memiliki permintaan lulusan baru maka kamu bisa mencantumkan di pembuka ini.

Pada alinea pembuka menjadi jembatan antara surat lamaran serta iklan lowongan kerja. Hal tersebut penting supaya perusahaan yang kamu lamar seperti dihargai karena membuat surat berbeda di semua  perusahaan.

3.    Isi

Isi surat terdiri atas identitas diri seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir, alamat, pendidikan hingga pengalaman kerja. Kemudian juga menuliskan maksud dan tujuan yaitu alasan pengirim menulis surat.

Lalu menyatakan lampiran, seperti biasanya lowongan pekerjaan akan meminta beberapa dokumen atau berkas pendukung. Seperti ijazah, transkrip nilai, pas foto dan sebagainya sesuai persyaratan yang diberikan.

4.    Penutup

Pada bagian penutup maka menggunakan kalimat yang baik dan tidak lupa mengucapkan kalimat terimakasih. Didalamnya juga dicantumkan pengharapan dan keantusiasan pelamar mengenai pekerjaan yang dilamar.

5.    Salam penutup dan tanda tangan

Contoh surat lamaran kerja pada penulisan surat lamaran yang terakhir adalah salam penutup disertai tanda tangan. Salam pembuka maka harus diakhiri salam penutup dilanjutkan tanda tangan dan nama terang.

Kaidah Kebahasaan dipakai Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh surat lamaran kerja dalam pembuatan surat tentu memiliki kaidah kebahasaan, bukan hanya sistematika penulisan saja. Kebahasaan yang dipakai di dalamnya beragam, dengan begitu kamu harus bisa menulisnya secara benar.

Tidak sedikit perusahaan atau lembaga penyedia lowongan yang mengharuskan pelamar menulis lamaran menggunakan tangan bukan ketikan. Hal ini dipergunakan untuk melihat pribadi, kerapian, kedisiplinan calon karyawannya.

Hal tersebut harus dimanfaatkan, maka lakukan sebaik mungkin. Jaga kebersihan tulisan jangan banyak menghapus agar mudah dibaca. Penggunaan bahasa juga harus sesuai dengan kaidah ejaan.

Kata pengantar jelas, singkat namun berisi informatif serta sesuai sasaran. Kemudian menggunakan bahasa yang benar. Melengkapi bagian surat memakai norma bahasa surat seperti dalam penulisan ushul hal, alamat dan lainnya.

Secara umum, kaidah ataupun ciri kebahasaan pada surat lamaran tersebut yaitu memakai kata sapaan formal. Bahasanya ragam baku, kemudian kata mengandung makna sebenarnya bukan kiasan.

Memakai kalimat umum serta pernyataan argumentasi serta pernyataan penegasan. Sedangkan jenis suratnya dibagi menjadi 2 yaitu sudah beserta daftar riwayat hidup ataupun dipisah dengan curriculum vitae.

Menulis harus diperhatikan kebahasaan juga strukturnya agar sesuai sistematika. Masing-masing bagiannya diisi oleh bagian kalimat pokok dahulu.

Jangan lupa untuk menggembangkan tulisan menjadi paragraph penuh. Apabila masih ragu maka baca ulang dan disesuaikan dengan contoh surat lamaran kerja. Kamu juga tidak boleh ragu dalam membuat bagian-bagian suratnya.

Sebuah surat permohonan kerja disebut baik apabila memuat unsur-unsur penting. Sehingga jangan sampai salah,  sesuaikan dengan kebahasaan beserta sistematika yang digunakan maka dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.

Fungsi Membuat Surat Permohonan Kerja

Di Dalam penerimaan kerja tentu akan ada beberapa tahap seleksi baik administrasi ataupun wawancara. Pada seleksi administrasi , pelamar tidak berkomunikasi secara langsung bersama HRD. Hal itu dilakukan pada seleksi wawancara.

Sehingga surat permohonan dibuat untuk media komunikasi bagi pelamar dan penyedia pekerjaan. Oleh sebab itu, maka kamu harus membuatnya secara lengkap dan jelas. Namun, tidak boleh menjelaskan berkepanjangan.

Oleh karena itu, buatlah yang singkat namun jelas. Karena jika menggunakan kalimat yang bertele-tele justru tidak akan dibaca oleh HRD. Agar tidak bingung maka bisa melihat contoh surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini Adalah Contoh Surat Lamaran Yang Paling Sering Digunakan Oleh Para Pencari Kerja Di Perusahaan Toko Swalayan Hingga Instansi Pemerintah.

1. Surat Lamaran Kerja Umum

 

Surat Lamaran Kerja Umum
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Umum dalam Bentuk PDF Disini

2. Surat Lamaran Kerja Guru Pengajar

 

Surat Lamaran Kerja Guru
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Guru dalam Bentuk PDF Disini

3. Surat Lamaran Kerja Di Toko

 

Surat Lamaran Kerja Di Toko
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Di Toko dalam Bentuk PDF Disini

4.  Surat Lamaran Kerja Informasi Iklan

 

Surat Lamaran Kerja Informasi Iklan
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Informasi Iklan dalam Bentuk PDF Disini

5. Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

 

surat lamaran kerja bahasa inggris yang simple
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris dalam Bentuk PDF Disini

6. Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

 

surat lamaran kerja bahasa indonesia
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Bahasa Indonesia dalam Bentuk PDF Disini

7. Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

tulisan tangan surat lamaran kerja

 

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Download Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan dalam Bentuk PDF Disini

8. Surat Lamaran Kerja Di PT

 

contoh surat lamaran kerja di pt
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Di PT dalam Bentuk PDF Disini

9. Surat Lamaran Kerja Via Email

 

contoh surat lamaran kerja via email
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Via Email dalam Bentuk PDF Disini

10. Surat Lamaran Kerja Sederhana

 

contoh surat lamaran kerja simple dan sederhana
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Sederhana dalam Bentuk PDF Disini

11. Surat Lamaran Kerja Guru TK

 

contoh surat lamaran kerja guru tk
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Guru TK dalam Bentuk PDF Disini

12. Surat Lamaran Kerja Guru SD

 

contoh surat lamaran kerja guru sd
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Guru SD dalam Bentuk PDF Disini

13. Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

 

contoh surat lamaran kerja guru honorer
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Guru Honorer dalam Bentuk PDF Disini

14. Surat Lamaran Kerja Di Bank

 

contoh surat lamaran kerja di bank
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Di Bank dalam Bentuk PDF Disini

15. Surat Lamaran Kerja Bank Mandiri

 

contoh surat lamaran kerja di bank mandiri
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Di Bank Mandiri dalam Bentuk PDF Disini

16. Surat Lamaran Kerja Sebagai Karyawan

 

contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Sebagai Karyawan dalam Bentuk PDF Disini

17. Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Dirumah Sakit Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Dirumah Sakit Baik Menjadi Tenaga Kesehatan Doketer Perawat Hingga Petugas Kebersihan Cleaning Service.
Perbesar Klik Gambar

Download Contoh Surat Lamaran Di Rumah Sakit dalam Bentuk PDF Disini

18. Surat Lamaran Kerja Kesehatan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Sebagai Petugas Kesehatan Di Rumah Sakit ataupun Klinik Kesehatan
Perbesar Klik Gambar

Download Contoh Surat Lamaran Perawat Kesehatan dalam Bentuk PDF Disini

19. Surat Lamaran Kerja Bidan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Menjadi Bidan Di Rumah Sakit ataupun Klinik Rumah Persalinan
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Bidan dalam Bentuk PDF Disini

20. Surat Lamaran Kerja Security

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Security Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Menjadi Satpam (Security) di Bank ataupun Perusahaan Jasa Keamanan Untuk Pabrik Maupun Perumahan Elite
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Scurity dalam Bentuk PDF Disini

21. Surat Lamaran Kerja Perawat

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Menjadi Perawat Di Rumah Sakit Ataupun Klinik Kesehatan.
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Perawat dalam Bentuk PDF Disini

22. Surat Lamaran Kerja Di Hotel

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Hotel Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Menjadi Petugas Hotel Seperti Resepsionis, Room Service, Cleaning Servic,e Scurity Hingga Bagian Marketing Maupun Keuangan
Perbesar Klik Gambar

Download Contoh Surat Lamaran Di Hotel dalam Bentuk PDF Disini

23. Surat Lamaran Kerja Indomaret

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Minimarket Indomaret Sebagai Kasir
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Di Indomaret dalam Bentuk PDF Disini

24. Surat Lamaran Kerja PNS

 

Contoh Surat Lamaran Kerja PNS Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Menjadi Pegawai Negri Sipil Pemerintah Daerah Maupun Jadi Pegawai Negri Sipil Pemerintah Pusat.
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran PNS dalam Bentuk PDF Disini

25. Surat Lamaran Kerja PDF

 



26. Surat Lamaran Kerja SPG

 

Contoh Surat Lamaran Kerja SPG Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Menjadi SPG (Salles Promotion Girls) Di Showroom Mobil Maupun Showroom Motor
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran SPG dalam Bentuk PDF Disini

27. Surat Lamaran Kerja Sopir

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sopir Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Menjadi Tenaga Driver atau Sopir Di Perusahaan Angkutan Logistik Armada Bus, Taxi hingga Menjadi Sopir Pribadi Di Perusahaan Maupun Perorangan
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Sopir dalam Bentuk PDF Disini

28. Surat Lamaran Kerja Di Sekolah

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sekolah Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Sekolah Ataupun Lembaga Pendidikan Les Maupun Bimbingan Belajar
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Di Sekolah dalam Bentuk PDF Disini

29. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Perusahaan Yang Menerima Para Lulusan Baru
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Fresh Graduate dalam Bentuk PDF Disini

30. Surat Lamaran Kerja Job Fair

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Jobfair Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Toko Pabrik Maupun Sekolah dan Instansi Pemerintah Berdasarkan Informasi Lowongan Kerja di Job Fair yang kamu hadiri
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Job Fair dalam Bentuk PDF Disini

31. Surat Lamaran Kerja SMK

 

Contoh Surat Lamaran Kerja SMK Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Toko Pabrik Maupun Sekolah dan Instansi Pemerintah yang menerima para lulusan SMK Sederajat
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran SMK dalam Bentuk PDF Disini

32. Surat Lamaran Kerja S1

 

Contoh Surat Lamaran Kerja SI Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Toko Pabrik Maupun Sekolah dan Instansi Pemerintah yang menerima lowongan untuk para lulusan Sarjana S1
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Lamaran Kerja S1 dalam Bentuk PDF Disini

33. Surat Lamaran Kerja Part Time

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Part Time Ke Toko Pabrik Maupun Sekolah dan Instansi Pemerintah
Perbesar Klik Gambar

 

Download Lamaran Kerja Part Time dalam Bentuk PDF Disini

34. Surat Lamaran Kerja yang Menarik

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Toko Pabrik Maupun Sekolah dan Instansi Pemerintah Dengan Surat Lamaran Kerja yang Menarik Semoga Saja Kamu Lekas Diterima Kerjanya
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Yang Menarik dalam Bentuk PDF Disini

35. Surat Lamaran Kerja Terbaru

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Toko Pabrik Maupun Sekolah dan Instansi Pemerintah. Dengan Lamaran Kerja Terbaru, Mudah Mudahan Bisa Segera Di terima Kerja
Perbesar Klik Gambar

 

Download Contoh Surat Lamaran Terbaru dalam Bentuk PDF Disini

36. Surat Lamaran Kerja Terbaik

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Pekerjaan Ke Toko Pabrik Maupun Sekolah dan Instansi Pemerintah. Dengan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Semoga Bisa Mempercepat Diterima Kerjanya
Perbesar Klik Gambar

 

Download Lamaran Kerja Terbaik dalam Bentuk PDF Disini

Demikianlah cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan berbagai contoh lamaran kerja terbaru. Semoga bermanfaat!