Poster Hari Raya Idul Fitri
Poster Hari Raya Idul Fitri

Poster Hari Raya Idul Fitri

Ada banyak cara mengucapkan selamat lebaran, salah satunya dengan memanfaatkan poster hari raya Idul Fitri semenarik mungkin. Kebutuhan membuat ucapan jenis ini biasanya untuk merayakan hari besar Islam dengan saudara Muslim yang berjauhan.

Saat ini memang kita sudah dimudahkan dengan adanya kemajuan teknologi. Jarak jauh bukan lagi hambatan untuk saling berkomunikasi kapan saja. Siapapun dari mana saja bisa saling terhubung dengan adanya koneksi internet dan sambungan telepon 24 jam nonstop.

Ide Desain Poster Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Lebaran adalah momen berkumpulnya sanak saudara dari berbagai penjuru dalam tradisi mudik atau pulang kampung di Indonesia. Hari besar Islam ini menjadi momen saling meminta maaf atas salah dan khilaf selama satu tahun ke belakang.

Uniknya, di Indonesia tradisi mengucapkan maaf ketika lebaran tidak hanya dengan kalimat lugas seperti komunikasi biasa. Agar suasananya lebih khidmat dan terasa spesial, banyak orang, baik tua maupun muda saling meminta maaf lewat rangkaian kata indah.

Rangkaian kata tersebut akan semakin menarik ketika dibalut dengan poster hari raya Idul Fitri yang desainnya dibuat semenarik mungkin sehingga tampak estetik secara visual. Kami referensikan beberapa contoh poster terbaik yang bisa menjadikan momen lebaran tidak terlupakan, diantaranya:

(1) Desain Bernuansa Klasik

Gambar Spanduk selamat hari raya idul fitri hijau

spanduk Hari Raya Idul Fitri / lebaran itu biasanya sangat identik dengan gambar masjid, ketupat, dan ada sentuhan warna hijaunya. Biasanya diberikan sentuhan saat malam hari dengan bintang serta bulan sabit di atas kubah masjid.

spanduk ucapan lebaran 3x1 meter

Isi ucapannya bisa berbentuk template, seperti “Selamat Hari Raya Idul Fitri 144… H” Untuk tahun 2022 ini sudah memasuki tahun 1443 Hijriah. Untuk menyempurnakan poster hari raya Idul Fitri, bisa disematkan rangkaian kata-kata indah dari pengirim.

Inti dari pembuatan spanduk adalah gambar yang menarik. Karena orang pertama kali akan melirik gambar terlebih dahulu baru membaca kalimat dalam spanduk tersebut. Semakin menarik gambar, semakin tinggi keinginan orang membaca kalimat di dalamnya.

(2) Ilustrasi Mewakili Dua Gender

spanduk ucapan lebaran orang bagground putih

Representasi dua orang, yakni satu laki-laki dan satu perempuan muda menautkan masing-masing tangan tidak selalu bermakna mereka pasangan. Digambarkannya laki-laki dan perempuan merupakan representasi dari dua gender umat manusia.

spanduk ucapan lebaran human

Gambar perempuan mewakili umat Muslim perempuan dan gambar laki-laki mewakili umat Islam laki-laki. Penggambaran keduanya dalam poster hari raya Idul Fitri selalu ditempatkan pada posisi berjarak atau tidak ada sentuhan fisik sama sekali.

Untuk memberikan kesan berbeda, penambahan gambar kue kering lebaran, seperti nastar, kastengel, putri salju, dsb bisa masuk ke dalam gambar. Selain tentu saja identik dengan ketupat dan pita berucapkan selamat berlebaran.

(3) Gambar Hitam Putih

spanduk ucapan idul fitri hitam putih

Poster hari raya Idul Fitri dengan mengucapkan suka cita saat lebaran tidak pakem diatur harus berwarna hijau. Untuk memberikan kesan berbeda, Anda juga bisa membagikan spanduk digital berupa gambar hitam putih dengan menitikberatkan poin pada gambar masjid.

Untuk tokoh manusianya bisa dengan dua orang tua sedang menautkan tangan dan menghadap ke depan seolah sedang berbicara dengan pembaca. Ucapan singkat lebaran bisa disematkan pada bagian kanan atas, tepat di sebelah gambar masjid.

Untuk peletakan masjid, tokoh, dan juga penyematan ucapan lebaran bisa diposisikan sesuai selera. Poin dari poster hari raya Idul Fitri adalah mengusung warna hitam putih, namun tampil dengan sangat menarik berkat kepiawaian desainer merancang gambar.

(4) Lebaran Edisi Pandemi

Pandemi belum juga berakhir selama 3 tahun Ramadan berlangsung di Indonesia. Imbasnya, semua umat Muslim Indonesia harus berlebaran dengan protokol kesehatan yang ketat. Untuk turut mengingatkan orang banyak, salah satunya bisa dari desain spanduk.

Tanpa meniadakan ciri khas desain lebaran, penyematan masjid, ketupat, lentera, bulan sabit, bintang, dsb bisa disandingkan dengan gambar orang menggunakan masker. Jika dipasang di masjid sebagai spanduk ajakan sholat, tentu hal ini serupa dakwah.

Menjalankan kewajiban adalah keharusan setiap Muslim, namun tidak melupakan protokol kesehatan adalah bentuk upaya pengentasan covid-19. Sisi menarik dari poster hari raya Idul Fitri ini bukan hanya estetikanya, namun juga imbauan menjaga kesehatan.

(5) Gambar Tangan Manual

Ingat dahulu ketika sekolah dasar diminta guru menggambar bebas? Gambar apa yang akan Anda buat saat itu? Kali ini Anda juga bisa memanfaatkan style gambar tangan manual dengan mengedepankan warna-warni crayon.

Kesan unik ditampilkan dari tekstur pewarnaan crayon pada kertas gambar. Selain itu, pilihan huruf dengan style tulis tangan yang diberi warna masing-masing huruf berbeda memberikan sentuhan menggemaskan.

Gambar poster hari raya Idul Fitri ini tidak harus riil, terpenting adalah menyematkan gambar masjid, ketupat, dan ada nuansa hijau berpadu warna lain yang tidak tumpang tindih. Kesan nostalgia semakin lekat dengan sentuhan kental arsiran krayon.

(6) Warna Biru Elegan

spanduk banner idul fitri biru elegan 2022

Mengucapkan lebaran dalam bentuk spanduk tidak harus selalu menyertakan gambar. Bisa juga dengan menggunakan kata-kata saja, akan tetapi tetap ditebalkan maksudnya dengan latar belakang yang tidak polos.

Sentuhan elegan dapat dirasakan dari jenis font yang digunakan, pilihan warna latar belakangnya, serta berbagai image kecil-kecil di sekelilingnya. Menyematkan bulan sabit dengan gambar masjid di antara lengkungannya bisa menjadi inspirasi style elegan.

Kesan elegan juga bisa ditampilkan dengan nuansa bersinar di sekeliling poster hari raya Idul Fitri. Style seperti ini biasanya disukai oleh orang-orang yang tidak ingin terlalu banyak menggunakan printilan tidak fungsional ketika mengirimkan ucapan.

(7) Khidmat dengan Kata-kata Indah

spanduk lebaran kata-kata bagus

Ucapan lebaran tidak selalu harus menyematkan warna hijau ketupat jika ingin disebut khidmat dan berkelas. Justru untuk memberikan kesan mewah, Anda bisa memberikan sentuhan warna kuning keemasan bercampur hitam dari gambar masjid.

Gunakan dua warna saja, kuning emas dengan hitam. Kuning emas pada sekeliling latar belakangnya dan hitam untuk gambar masjid serta tulisan berupa ucapannya. Meminta maaf dalam rangka lebaran juga tidak harus selalu gamblang seperti kalimat biasanya.

Anda bisa memvariasikan dengan kalimat indah atau biasa disebut sebagai kalimat mutiara. Tampilan kalimat indah dalam poster hari raya Idul Fitri tersebut dapat ditegaskan melalui style font dan detail icon pada bagian latar belakang gambar.

(8) Nuansa Bulan Sabit

spanduk lebaran versi bulan sabit copy

Bulan sabit biasanya lebih identik dengan malam lailatul qadar yang terjadi pada hari-hari terakhir bulan Ramadan. Jika biasanya bulan hanya menjadi pelengkap poster bertuliskan selamat lebaran, kini Anda bisa menjadikannya icon inti.

Kesan elegan ditonjolkan melalui tampilan spanduk ini, Pilihan warnanya sederhana, hitam saja. Namun, visualisasinya menarik karena jenis font yang dipilih serta sentuhan sekelilingnya turut menegaskan kelas dari spanduk tersebut.

Elemen yang digunakan dalam gambar ini sangat minim, namun tidak mengurangi kelasnya karena kepiawaian desainer menyajikan gambar. Inti dari keseluruhan poster hari raya Idul Fitri berkaitan dengan gambar, tulisan, warna, serta tata letak tiap icon.

(9) Desain Simple Berwarna

gambar ucapan banner idul fitri sederhana

Menghadirkan kesan simple dengan pemilihan warna-warna pastel merupakan cara lain mengucapkan selamat lebaran kepada sesama. Jika Selamat Idul Fitri dianggap monoton serta terlalu template, maka Anda bisa mengubahnya.

Mengubah tulisan bukan berarti menggeser makna karena perubahan tersebut bisa berupa, “EId al Fitr Mubarak”. Kalimatnya sederhana dan bukan berbahasa Indonesia, namun saking seringnya orang menggunakan maka otomatis orang banyak tahu apa artinya.

Desain simple seperti ini cocok untuk pribadi yang simple dan tidak terlalu suka banyak printilan masuk ke dalam bingkai. Selain identik dengan ragam kubah masjid, Ramadan juga bisa dikuatkan dengan sentuhan lentera di sekitar poster hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

(10) Tema Malam Takbir

gambar spanduk ucapan lebaran tema takbiran

Takbiran merupakan tradisinya orang Indonesia yang sampai saat ini terus dilestarikan jelang lebaran esok hari. Malam takbiran menandakan berakhirnya sholat tarawih berjamaah dan selesainya ibadah puasa selama 30 hari penuh.

Agar menghadirkan suasana berbeda pada poster hari raya Idul Fitri, sementara orang lain mengutamakan ketupat dalam spanduk, Anda bisa menebalkan icon bedug. Takbir keliling kampung menjadi tradisi masyarakat setempat dengan lantang menyebut nama Allah sekian kali.

Malam takbir biasanya dimeriahkan juga dengan kembang api oleh para anak kecil. Jika ingin tampilan berbeda, Anda bisa memanfaatkan tema malam takbir ini sebagai latar belakang spanduk yang bisa dilihat banyak orang.

(11) Edisi Bahasa Inggris

spanduk lebaran bahasa inggris

Untuk partisipasi lebih berkelas dan unik, Anda bisa menggunakan poster bertuliskan bahasa Inggris. Adapun poster hari raya Idul Fitri ini juga merupakan sebuah alternatif ketika Anda mengucapkan lebaran kepada sesama Muslim luar Indonesia.

Mayoritas penduduk Indonesia memang beragama Islam, namun penduduk negara-negara lain juga tidak kalah banyak yang menganut agama Islam. Adanya bahasa pemersatu, bahasa Inggris menjadi jembatan untuk menjaga hubungan baik antar sesama Muslim dunia.

Desain sekelilingnya tidak perlu rumit, cukup dengan warna biru tua, selayaknya suasana malam hari. Setelah itu sematkan bulan sabit dan kalimat indah yang artinya menegaskan suka cita bisa mengikuti perayaan lebaran tahun 1443 Hijriah ini.

(12) Spanduk Tanpa Kata-kata

banner idul fitri 2022

Terakhir, rekomendasi dari kami untuk mengucapkan selamat lebaran melalui spanduk adalah penyematan gambar tanpa kata-kata. Jenis poster hari raya Idul Fitri ini menyeragamkan makna atau tafsiran dari gambar.

Orang tidak perlu membaca kalimatnya, dengan melihat gambarnya saja sudah dapat ditebak bagaimana maksud pengirim. Yang terpenting ketika kata-kata tidak muncul sedikitpun adalah menekankan segala sesuatunya melalui gambar dan nuansa gambar.

Kami informasikan, biasanya item wajib dalam spanduk lebaran adalah ketupat, lentera, kubah masjid, bulan sabit, bintang, dsb. Percikan cahaya-cahaya kecil sekeliling spanduk menegaskan betapa jiwa manusia kembali fitrah setelah 30 hari menahan lapar dan haus.

Poster Hari Raya Idul Fitri Bisa Diisi dengan Kata-kata Ini

Telah selesai membicarakan desain keseluruhan, sekarang mari kita ulas pilihan kata-kata apa saja yang bisa disematkan pada poster, bahkan juga kartu ucapan. Berikut contoh kalimat pada poster hari raya Idul Fitri serta kartu ucapan yang bisa Anda kreasikan sendiri dalam praktik aslinya:

  1. Eid Mubarak, Everyone. May Allah accept our deeds and hear our du’a, so we can meet at Ramadhan next year. Penggunaan bahasa Inggris ini tidak harus dikirimkan ke teman asing, bisa juga kirim ke teman Indonesia yang mengerti artinya.
  2. Bisa juga dengan kalimat singkat, “Selamat Idul Fitri, mari rayakan kemenangan dengan hati suci dan pikiran kembali bersih”. Kalimat dalam poster hari raya Idul Fitri bisa singkat saja karena elemen gambar lebih menonjol.
  3. Permohonan ampunan, seperti “Selamat lebaran semuanya, kami keluarga ABCD memohon maaf atas segala salah dan khilaf. Mari kembali menjadi suci setelah sholat ied dan makan ketupat”.
  4. Jangan lupa menggunakan kalimat yang turun-temurun digunakan, seperti, “Minal aidin wal faizin, mari bermaaf-maafan dan kembali memulai hidup baru setelah hati fitri di hari suci”.
  5. Lebih banyak menggunakan bahasa Arab pada poster ucapan selamat hari raya Idul Fitri juga tidak masalah, seperti “Taqobbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Terlahir fitri mari kita kembali ke fitrah, mohon maaf lahir dan batin”
  6. Langsung ke, “Memohon maaf kepada manusia, meminta taubat hanya kepada Allah semata. Izinkan diri ini mohon maaf lahir dan batin. Mari kembali memulai semuanya dari nol”.
  7. Ucapan Idul Fitri bisa diubah menjadi, “Selamat idul fitri untuk teman-teman semua yang sama-sama merayakan hari suci ini”. penggunaan kata aidil bukan bahasa Indonesia, namun orang pasti mengerti apa maksud ketikan Anda.
  8. Lainnya dengan kalimat variatif, seperti “Perbuatan salah dan khilaf merupakan kealpaan diri atas Tuhan maupun orang lain. Pada kesempatan fitri ini, izinkan saya mengucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir serta batin”.
  9. Rangkaian kalimat menarik di dalam poster hari raya Idul Fitri juga bisa menggunakan kalimat, “30 hari sudah kita menahan lapar dan haus serta menahan diri dari emosi. Pada kesempatan fitri ini, semoga kita semua kembali suci dan bisa memulai hari esok dengan jiwa baru, jiwa-jiwa yang saling memaafkan”.
  10. Mewakili perusahaan, Anda bisa membuat pernyataan, “Saya mewakili segenap kru bertugas menyampaikan maaf lahir serta batin. Selamat pulang kampung, selamat berlebaran. Mari kembali menjadi fitri”.
  11. Kalimat jitu dari pemerintah untuk rakyat, seperti “Selamat lebaran 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin”. Kalimat mirip-mirip seperti ini kerap kita temukan pada poster ucapan selamat hari raya Idul Fitri ditambah foto pejabat setempat dengan wakilnya.
  12.  Pamungkas, “Hilangkan dengki, bersihkan diri. Mari tinggalkan Ramadan ini untuk menyambut Ramadan mendatang”. Lupakan semua salah dan khilaf di masa lalu. Kita jalani hari fitri sebagai awal segala sesuatu yang baik”.

Berbagai ucapan dari perusahaan kepada karyawan atau dari pemerintah kepada rakyat maupun dari rakyat kepada rakyat menunjukkan jati diri pengirimnya. Beberapa mungkin menggunakan kalimat template, beberapa sengaja merancangnya.

Apapun itu, jika sudah berhubungan dengan poster hari raya Idul Fitri maka penggunaan kalimat diupayakan singkat dan sepadat mungkin agar pesannya tersampaikan. Karena komposisi poster bukan hanya menonjolkan kalimatnya, namun utamanya gambarnya.

Canva Sediakan Cara Buat Poster Lebaran

canva untuk buat poster lebaran

Siapa bilang membuat poster harus selalu menggunakan jasa profesional? Untuk spanduk yang dicetak atau ditempel pada tempat-tempat umum, memang lebih memperhatikan spesifikasi dibandingkan spanduk digital.

Untuk jenis spanduk digital, Anda bisa membuatnya sendiri untuk dibagikan demi kepentingan profesional maupun maksud pribadi saja. Caranya mudah, bisa memanfaatkan Canva sebagai aplikasi desainnya.

Aplikasi ini bisa didapatkan di Play Store secara gratis, hanya membutuhkan skill untuk merancang spanduk. Tidak punya skill? Silakan cermati panduan pembuatan poster ucapan selamat hari raya Idul Fitri berikut:

  1. Unduh aplikasi Canva terlebih dahulu dari Play Store
  2. Jika sudah terpasang di layar, buka aplikasi tersebut dengan menyentuhnya sekali
  3. Setelah masuk, arahkan pencarian ke desain Poster untuk memulai merancang sebaran ucapan
  4. Pilihlah dari perpustakaan elemen desain grafis Canva, selayaknya banner, bingkai, ikon, maupun pilihan lainnya
  5. Pilih salah satu gambar dari folder galeri handphone Anda yang paling pas untuk dijadikan spanduk lebaran
  6. Edit gambar dengan memasukkan efek filter maupun sematan teks demi menyempurnakan hasil akhir
  7. Simpan dan bagikan hasil akhir kepada semua kontak pada handphone Anda

Pembuatan spanduk digital melalui aplikasi Canva telah selesai dilakukan. Anda bisa membuat lebih dari satu jenis spanduk untuk dibagikan kepada kontak yang tersimpan. Bisa juga membuka jasa poster hari raya Idul Fitri kepada orang-orang terdekat.

Cara Membuat Kartu Lebaran Menggunakan Canva

template poster lebaran di canva
Lebih dari 10.000 template poster lebaran/idul fitri yang bisa digunakan di Canva

Di Canva, selain bisa membuat spanduk berucapkan lebaran, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana pembuatan kartu ucapan. Kartu ucapan ini biasanya diselipkan ketika mengirim hampers atau parcel lebaran kepada kenalan.

Bentuknya kecil, namun tidak luput dari perhatian penerima karena mereka pasti akan penasaran untuk membaca isi pesan Anda. Sebenarnya desain kartu lebaran sudah bisa didapatkan banyak sekali di berbagai toko online maupun offline.

Namun, untuk membuat kesan lebih unik, Anda bisa mendesain sendiri kartunya dengan aplikasi Canva. Mudah saja untuk melakukan desain kartu lebaran. Anda bisa ikuti saja berbagai langkah berikut:

  1. Canva sudah menyediakan fitur kartu lebaran, Anda tinggal ketik kata kunci “Lebaran” maka berbagai desain bermunculan. Uniknya, Canva menyediakan format fleksibel untuk postingan Instagram, background zoom, dan juga poster.
  2. Teks yang tersedia pada beberapa format, seperti pada poster hari raya Idul Fitri memang template. Namun, Anda bisa mengedit rangkaian kalimat tersebut dengan isi kalimat sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Silakan tambahkan berbagai elemen desain lain, seperti animasi, gif, efek suara, sampai dengan sematan video sebagai pelengkap. Pastikan penempatan berbagai elemen ini tidak tumpang tindih agar kesan estetikanya dapat dimunculkan.
  4. Jika sudah selesai mendesain, Anda bisa langsung saja membagikan kartu lebaran tersebut kepada seluruh kontak di handphone.
  5. Jika ingin mencetaknya, Anda juga tinggal menghubungkan perangkat dengan printer dengan memastikan format kertasnya sudah sesuai dengan keinginan.

Bentuk kartu lebaran ini lebih kecil dibandingkan poster hari raya Idul Fitri, serta target penerima keduanya juga berbeda. Poster cenderung diberikan oleh individu maupun kelompok kepada kelompok.

Sementara kartu ucapan cenderung diberikan oleh individu maupun kelompok kepada kelompok. Sifat kartu lebaran lebih personal karena menyasar target pembaca secara lebih spesifik dibandingkan poster yang dipasang pada berbagai tempat umum.

Cara Membuat Undangan Lebaran Menggunakan Canva

membuat undangan lebaran dengan canva

Selain spanduk dan kartu lebaran, hari raya umat Islam juga bisa dikaitkan dengan kartu undangan melaksanakan lebaran di salah satu lokasi. Pelaksanaannya bisa pada saat sholat ied digelar atau setelahnya.

Canva juga menyediakan sarana untuk mendesain kartu undangan. Selain mudah menjadi sarana pembuatan poster hari raya Idul Fitri serta kartu lebaran, kartu undangan juga tidak kalah bagus didesain di Canva. Sebagai informasi, berikut langkah-langkah pembuatan kartu undangan lebaran di Canva:

  1. Masuk ke aplikasi Canva dari handphone, Anda juga bisa memanfaatkan website jika mendesain kartu undangan menggunakan PC maupun laptop
  2. Cari kata kunci Lebaran kemudian nanti muncul berbagai template undangan lebaran
  3. Pilih desain paling kiri yang kosong, klik tanda + kemudian layar akan otomatis mengarahkan Anda untuk memulai desain
  4. Pada bagian sebelah kiri ada berbagai pilihan desain, silakan pilih salah satu yang Anda sukai
  5. Semua elemen bisa diedit, seperti dipindahkan atau diubah untuk teksnya
  6. Caranya mudah, klik pada bagian yang ingin diubah, baik teks maupun gambar, selayaknya saat membuat poster ucapan selamat hari raya Idul Fitri di Canva
  7. Setelah itu klik dua kali untuk mengubah teks dan masukkan kalimat yang Anda inginkan
  8. Pengaturan lain terkait ukuran teks, warna, penyematan animasi, dsb disediakan pada layar bagian atas
  9. Anda juga bisa menambahkan file lain, seperti foto maupun video dari galeri handphone
  10. Jika ingin menambah jumlah halaman, silakan klik tambah halaman pada bagian paling bawah
  11. Apabila dirasa sudah cukup, tinggal simpan undangan kemudian undangan digital siap dibagikan kepada seluruh kontak
  12. Jika ingin mencetaknya, Anda harus memastikan lebih dulu bahwa format kertas sudah sesuai dengan keinginan.

Ada banyak hal bisa dilakukan menggunakan Canva, selain mendesain poster hari raya Idul Fitri yang menarik. Tujuan mengundang orang saat lebaran ada banyak, bisa untuk reuni, makan malam, silaturahmi, atau memang sedang mengadakan open house di rumah.

Antara sesama keluarga besar juga mungkin saja membagikan undangan apabila jumlah anggota keluarganya memang banyak sekali. Lebaran adalah salah satu momen satu kali dalam setahun yang menjadi ajang untuk berkumpul keluarga besar dari berbagai wilayah.

Cara Membuat Poster Instagram Menggunakan Canva

Membuat Poster Instagram Menggunakan Canva

Sekarang zamannya sudah serba digital, orang jarang menggunakan jasa kirim untuk sekedar mengirimkan ucapan selamat berlebaran. Jika bukan karena sebagai pelengkap hampers, orang akan lebih memilih mengucapkan selamat lebaran cukup dari postingan medsos saja.

Begitu juga dengan desain poster hari raya Idul Fitri, selain bisa dipasang pada berbagai tempat umum, ucapan dengan gambar ini juga bisa dijadikan story Instagram.

Namun, membuat postingan di Instagram dengan fitur seadanya tentu monoton. Pemanfaatan aplikasi desain Canva untuk postingan story Instagram mudah. Tinggal ikuti saja berbagai jalan berikut:

  1. Masuk ke web atau buka aplikasi Canva
  2. Pada bagian atas tersedia pilihan desain, pilih itu kemudian muncul di bawahnya pilihan Instagram
  3. Klik tombol Buat Cerita Instagram tepat setelah petunjuk pembuatan dari pihak Canva
  4. Otomatis Anda akan langsung diarahkan pada lembar kerja kosong
  5. Ada kolom cari sebelah kiri, silakan ketik kata kunci Lebaran untuk mencari desain sejenis bertema idul fitri
  6. Pilih salah satu template dengan cara klik satu kali, seperti ketika Anda hendak membuat poster ucapan selamat hari raya Idul Fitri saja
  7. Pilihan Anda akan muncul di sebelah kanan
  8. Anda bisa langsung mengeditnya dengan mengubah posisi icon serta mengubah teks pada gambar
  9. Proses ubah posisi mudah sekali, klik pada bagian icon yang ingin dipindahkan kemudian geser mouse atau layar ke tempat yang diinginkan
  10. Untuk mengubah teks, silakan klik dua kali pada teks tersebut kemudian ganti dengan kalimat Anda sendiri
  11. Untuk berbagai pengaturan warna, ukuran teks, posisi teks, dsb ada di bagian atas kotak dialog
  12. Jika ingin menambahkan halaman, tinggal klik Tambah Halaman pada bagian bawah
  13. Setelah selesai, Anda bisa langsung menyimpan dan membagikannya ke akun Instagram pribadi

Jika ingin tampilan lebih berbeda dari kebanyakan, Anda bisa membuat desain sendiri. Sekarang dengan adanya perkembangan teknologi, semua hal menjadi lebih mudah.

Mudah, bukan, untuk membuat undangan, kartu ucapan, maupun spanduk dari Canva? Anda bisa memilih hendak mencetak berbagai desain atau membuatnya dalam bentuk digital saja. Khusus untuk poster selamat hari raya Idul Fitri, sepertinya memang cocok dicetak.