cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

Pasti akan merasa kesal ketika situs yang biasa kamu buka secara secara tiba-tiba tidak bisa diakses dan muncul pemberitahuan bahwa situs tersebut telah diblokir.

Penyebabnya itu biasanya ada 2 yaitu diblokir pemerintah karena konten-konten dari situs tersebut dianggap telah melanggar hak cipta atau tidak layak untuk masyarakat Indonesia. Yang kedua yaitu beberapa perusahaan dan juga sekolah memblokir situs-situs yang dianggap akan mengganggu kegiatan bekerja ataupun kegiatan belajar mengajar.

Tapi tenang saja, karena situs-situs yang diblokir tesebut sebenarnya bisa diakses dengan menggunakan jaringan pribadi atau VPN, Contohnya saja Surfshark VPN yang bisa kalian unduh di https://surfshark.com/download. VPN ini bisa kamu gunakan di berbagai perangkat, mulai dari Hp Android, iPhone, Laptop/Komputer Windows, Macbook hingga Smart TV.

Selain menggunakan aplikasi vpn, ternyata cara membuka situs yang diblokir bisa tanpa aplikasi tambahan juga. Ada beberapa yang memberikan layanan gratis untuk membuka situs-situs yang terblokir saat kamu akses dari hp ataupun laptop.

3 Cara Untuk Membuka Situs yang Terblokir

Untuk kalian yang sedang mencari cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp Android ataupun iOS/iPhone, berikut ini adalah panduannya, simak baik-baik ya.

Menggunakan Bantuan Layanan VPN

Apa itu VPN? VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang memudahkan penggunanya untuk bisa mengakses situs-situs secara pribadi dengan menggunakan server jaringan lain.

Contohnya begini, ketika jaringan internet di perusahaan atau sekolah memblokir situs youtube, maka kamu bisa menggunakan layanan dari VPN untuk memilih negara lain sebagai jaringan internet (private) yang kita gunakan dijaringan lokal.  Dengan cara ini kamu bisa dengan lancar membuka situs youtube.

Dengan cara tersebut, Alamat IP perangkat yang kamu gunakan akan dirubah dan tidak ada yang bisa melihat lokasi aslimu.

Menggunakan Proxy Terbuka

Jika kamu tidak ingin ribet untuk instal aplikasi, daftar akun terlebih dahulu dan hal-hal lainnya. Maka kamu bisa menggunakan layanan situs web proxy sebagai solusinya.

Situs web proxy ini cara kerjanya sama seperti dengan VPN, yang mana mereka akan menghidden IP Address dari perangkat yang kita gunakan. Beberapa layana web proxy gratis yang bisa kamu coba adalah Kproxy, Hidester, HMA, Hide.me dan masih banyak lagi.

Walaupun caranya yang mudah dan praktis, ternyata web proxy ini memiliki kekurangan, seperti ada yang membocorkan IP address dan juga mereka bisa memantau aktivitas online kita.

Selain itu Tim IT dari kantor atau sekolah juga biasanya sudah menambahkan web proxy sebagai daftar situs yang mereka blokir juga.

Akses Dengan Alamat IP Situs

Cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp Android, iOS atau laptop adalah dengan cara mengakses website tersebut melalui IP Address mereka. Cara untuk mengetahui IP Address sebuah website/situs adalah sebagai berikut :

  1. Cara ini harus menggunakan laptop atau komputer windows
  2. Klik Start -> All Program -> Accessories -> Command Prompt
  3. Atau bisa juga dengan klik “start” dan pada kolom pencarian ketikkan “CMD”
  4. Setelah muncul layar hitam, ketikkan “Ping + nama situs yang ingin dibuka blokirna) contohnya : “Ping youtube.com” lalu enter
  5. Akan muncul alamat IP situs tersebut, kamu bisa langsung ketikkan ip tersebut di address bar browser google chrome kamu.

Itulah 3 cara yang bisa kamu coba lakukan untuk mengakali bagaimana cara untuk mengakses situs/website yang diblokir oleh IT di kantor atau sekolah. Cara paling efektif adalah menggunakan aplikasi VPN, karena setelah instal kamu bisa dengan mudah menggunakannya kapan saja.