Cara Memperluas Jangkauan WiFi Indihome Dirumah
cara memperluas jangkauan wifi indihome

Cara Memperluas Jangkauan WiFi Indihome Dirumah

TeknoBgt.com Memperluas jangkauan WiFi Indihome yang kamu pasang dirumah adalah solusi terbaik jika posisi modem jauh dengan ruangan tempat biasa kamu mengakses wifi untuk bermain game ataupun streaming.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara memperluas jangkauan wifi? apakah bisa dari jangkauan 100 meter dirubah menjadi lebih luas? bahkan hingga 500 meter? Sebelum membahas lebih detail masalah ini, ketahui dulu apa saja penyebab sinyal wifi jadi lemah.

Penyebab Sinyal Wifi Lemah

  • Jarak pengguna dan router wifi terlalu jauh
  • Jaringan terlalu banyak yang terhubung
  • Kemungkinan ada gangguan pada jaringan radio Wifi
  • Terlalu banyak penghalang seperti dinding rumah

Setelah kita mengatahui masalah dan penyebab koneksi wifi dirumah jadi lemah, maka selanjutnya kita bisa mengatasi dengan cara-cara berikut ini.

Oiya, cara memperluas jangkauan Wifi Indihome ini bisa juga kamu gunakan untuk selain Indihome, seperti Biznet, First Media, GIG Indosat, Xl Home dan provider lainnya.

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi

cara memperluas jangkauan sinyal wifi
cara memperluas jangkauan sinyal wifi (foto: shutterstock)

Posisi pemasangan router atau modem wifi adalah faktor utama untuk mendapatkan sinyal wifi yang kuat. Tapi, jika sudah terhalang oleh dinding atau bangunan, biasanya kekuatan sinyalnya akan turun bahkan ada juga sangat lemah.

Baca Juga : Cara Cari Koneksi Wifi.ID Terdekat

Berikut ini beberapa cara untuk memperluas jangkauan wifi indihome dirumah kamu :

Restart Modem Secara Berkala

Karena ditakutkan ada masalah jaringan pada modem atau router wifinya, maka langkah pertama untuk mengatasi sinyal wifi dan agar kembali normal dengan jangkauan lebih luas adalah merestart / reboot ulang modem wifinya.

Rubah Posisi Modem

Agar jaungkauan sinyalnya jadi lebih luas, kamu bisa mengubah posisi modem atau router wifinya ke tempat yang tidak banyak terhalang oleh tembok atau dinding rumah.

Cara ini sangat efektif ketika kamu menggunakan wifinya bersama-sama dengan tetangga.

Tingkatkan Power Control WiFi

Cara memperluas jangkauan wifi indihome selanjutnya adalah dengan cara meningkatkan dan mengatur power controlnya agar bisa mengirimkan sinyal lebih luas.

Adapun cara mengaturnya pada modem Wifi indihome adalah sebagai berikut :

  • Koneksikan laptop/komputer dengan wifi yang ingin ditingkatkan
  • Setelah terhubung, buka browser dan ketikkan ip modem wifinya yaitu 192.168.100.1
  • Kemudian login, (biasanya username dan passwordnya adalah admin, admin) tapi login untuk modem huawei tipe HG8245H5 adalah (telecomadmin,admintelecom).
  • Masuk ke bagian pengaturan WLAN – WLAN Lanjut dan ubah TX Power sampai 100 persen

Dengan cara merubah nilai TX Power jadi full 100 persen, diharapkan kekuatan sinyal Wifi jadi lebih jauh dibandingkan yang sebelumnya.

Menambahkan Alat Wifi Repeater / Extender

Kamu juga bisa membeli alat yang namanya Wifi Extender agar jangkauan sinyalnya jadi lebih luas. Cocok sekali jika tetangga ikut wifi dirumahmu dan sinyalnya masih lemah, kamu bisa merekomendasikan Wifi Extender Terbaik untuk dipasang dirumah tetanggamu tersebut.

Seperti itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperluas jangkauan wifi indihome kamu. Mengubah posisi modem dan menambahkan alat lain seperti Wifi Extender adalah solusi paling bagus untuk mengatasi masalah ini.