Cara Menggunakan Bluetooth Receiver Pada Speaker Aktif
cara menggunakan bluetooth speaker aktif

Cara Menggunakan Bluetooth Receiver Pada Speaker Aktif

Bluetooth Receiver merupakan sebuah alat khusus yang digunakan untuk menerima sinyal bluetooth dari perangkat lain, contohnya seperti dari smartphone. Sementara alat untuk mentransmisikan sinyal Bluetooth ke perangkat penerima Bluetooth itu disebut dengan bluetooth transmitter. Dengan menggunakan kedua alat tersebut, maka memungkinkan speaker jadul yang tidak memiliki fitur bluetooth bisa untuk mendapatkan sinyal bluetooth untuk digunakan.

Jadi dengan memasang (Bluetooth Receiver) ini memungkinkan kita untuk memutar musik yang ada di dalam smartphone dengan bluetooth aktif yang tidak memiliki fitur bluetooth. Karena itulah, kita tidak perlu menggunakan kabel penghubung lagi untuk menyambungkan HP ke speaker aktif ini karena secara otomatis bluetooth receiver akan menggantikan peran dari kabel tersebut

Jenis Bluetooth Receiver

Tentunya Bluetooth Receiver dibedakan dari kualitasnya, seperti yang pernah diulas di literaturnegeri yang dimana semakin harganya mahal maka kualitasnya juga akan lebih bagus lagi dalam menjalankan fungsinya.

Bluetooth Receiver ini mempunyai suara yang lebih jernih karena jangkauan bluetooth yang dihasilkan diterima dan juga dikirimkan akan lebih luas. Selain itu, versi berkualitasnya sudah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti port jack, RCA dan sebagainya.

Bluetooth Receiver USB Adapter RG Aksesoris

Bluetooth Receiver USB Adapter RG Aksesoris, dapat difungsikan untuk menerima sinyal bluetooth dari HP, Tablet, PC, PSP dan lainnya sehingga bisa menggantikan peran dari CD, Flash Disk dan lainnya saat ingin mendengarkan audio.

Alat ini biasanya digunakan pada audio mobil untuk mendengarkan music karena memang cocok dengan jack audio mobil, selain itu juga bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon Ketika didalam mobil. Harganyapun biasanya cukup terjangkau, di beberapa toko online menjual dengan harga sekitar 20 ribuan.

Onix Bluetooth Receiver Wireless Audio

Dengan Bluetooth Receiver yang satu ini kita bisa menikmati audio secara wireless ke perangkat bluetooth lainnya. Cara kerjanya yaitu dengan menghubungkan ke speaker aktif, sistem audio atau headset, dan kemudian dipasangkan dengan pemutar musik melalui koneksi bluetooth.

Cukup dengan menyambungkan jack 3,5 mm saja, maka kita sudah bisa menikmati audio bluetooth.

Alat ini sudah support dengan ponsel iphone, android dan juga smartphone lainnya dengan fungsi bluetooth A2DP, sangat kompatibel dengan home stereo atau speaker, speaker mobil, headphone dengan input audio 3,5 mm. Untuk harga dari alat ini sekitar 75 ribu sampai 99 ribu.

Xiaomi Wireless Bluetooth

Yang berikutnya ada Xiaomi Wireless Bluetooth yang mempunyai baterai dengan kapasitas 97 mAh yang memungkinkan kita bisa membawa dan menggunakannya sekitar 4 jam dengan jangkauan sinyalnya yang maksimal 10 meter. Untuk mengisi dayanya bisa menggunakan port micro USB dengan input 5 volt.

Sudah kompatibel dengan headphone eksternal, support 3 segment 3,5 mm plug headphones stereo, support 4 segment 3,5mm plug GB dan juga American Standard headset. Untuk harganya yaitu sekitar RP. 215.000.

Setelah kalian tahu jenis-jenis bluetooth receiver, spesifikasi dan juga harganya maka kita akan melanjutkan pembahasan intinya yaitu cara untuk menggunakan bluetooth receiver pada speaker aktif.

Cara Menggunakan Bluetooth Receiver Pada Speaker Aktif

Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Pertama-tama, silahkan aktifkan Bluetooth Audio Receiver kalian.
  • Kemudian colokan Bluetooth Receiver ke Power Supply untuk mengaktifkannya, bisa melalui Charger HP ataupun Port USB.
  • Setelah itu, kalian colokan Kabel Speaker aktif, ke Jack Input 3,5mm yang ada pada Bluetooth Receiver.
  • Lalu kalian aktifkan bluetooth dari ponsel/laptop/pc>temukan perangkat Bluetooth Receiver> Sambungkan.
  • Jika sudah berhasil tersambung antara perangkat dengan bluetooth receiver, maka kalian sudah bisa menjalankan audio dari perkara tersebut melalui speaker aktif.

Akhir Kata

Dan demikianlah pembahasan mengenai cara untuk menggunakan bluetooth receiver Pada Speaker Aktif. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel ini.