Mengenal Ukuran Memori Penyimpanan Data Digital
susunan tangga konversi byte

Mengenal Ukuran Memori Penyimpanan Data Digital

Ukuran file dan program yang ada di smartphone, komputer ataupun laptop itu menggunakan satuan Bytes. Apakah kamu mengetahui ukuran penghitungan satuan ukuran penyimpanan data digital?

Sebenarnya kita ini sudah sangat familiar dan sering melihat ukuran file di komputer ataupun smartphone dengan akhiran KB (kilobyte), MB (Megabyte) dan GB (Gigabyte) yang biasanya terlihat saat melihat daftar aplikasi yang terinstal di Smartphone ataupun file-file photo dan video yang akan muncul ukuran filenya jika dilihat deskripsinya secara detail.

Atau Pada sebuah komputer / Laptop yang memiliki RAM dan Hard disk dengan kapasitas yang berbeda-beda. Contohnya RAM yang biasanya dipasa pada komputer/laptop itu berukuran 4GB, 8GB hingga 32GB pada Laptop Gaming. Sedangkan Hard Drive / Harddisk itu yang sering digunakan berukuran 500GB, 1TB dan ada yang sampai 2TB.

Banyak yang tidak sadar bahwa sering melihat besaran satuan ukuran file ataupun media penyimpanan data tapi tidak mengerti dengan satuan tersebut, bahkan ada yang tidak paham apa itu KB,MB,GB, TB.

Urutan Ukuran Penyimpanan Data Dari Terendah Hingga Tertinggi

Untuk yang belum mengerti dan mengetahui urutan besaran ukuran memori penyimpanan data digital, berikut ini Teknobgt rangkum agar mempermudah kalian.

Berikut ini adalah urutan atau susunan tangga pengukuran satuan kapasitas memori penyimpanan data :

  • Byte (B)
  • Kilobyte (Kb)
  • Megabyte (Mb)
  • Gigabyte (Gb)
  • Terabyte (Tb)
  • Petabyte (Pb)
  • Exabyte (Eb)

Perhitungan satuan Byte ini berbeda dengan satuan gram dan juga meter. Karena nilai 1 Kilobyte (KB) itu setara dengan 1.024 Byte.

Contoh lainnya ada pada satuan Gigabyte yang sering kita lihat untuk satuan besaran kapasitas RAM, SSD, dahn HDD. Menurut International Systems of Units, 1 GB mengacu pada satu miliar byte atau 10 pangkat 9 byte. Dalam kata lain, 1 GB setara dengan 1.024 MB atau sama dengan 1.048.476 KB dan 1.073.741.824 byte.