Tips Membeli Komputer Bekas Yang Punya Kualitas Bagus
tips beli komputer bekas berkualitas

Tips Membeli Komputer Bekas Yang Punya Kualitas Bagus

Bagi beberapa orang yang ingin memiliki perangkat komputer, namun dengan terbatasnya anggaran, orang mulai berpaling dari komputer baru dan mempertimbangkan untuk membeli komputer bekas.

Namun ternyata membeli komputer bekas tak semudah dibayangkan, Komputer bekas dapat menyebabkan masalah yang cukup merepotkan di kemudian hari, jadi sangat penting bagi anda untuk memeriksanya secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli komputer bekas.

Hard drive tidak akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang dapat terlihat oleh mata, tetapi kinerjanya mungkin telah menurun. Dengan cara yang sama, jarum dapat tiba-tiba terpeleset dan menggores disk dan akhirnya menyebabkan hilangnya memori, karena komputer bekas dapat rusak kapan saja. Memeriksa akan mengungkapkan kesalahan yang mungkin terjadi. Pertama, mari kita lihat masalah apa saja yang bisa terjadi saat membeli komputer bekas.

Yang pertama harus diperhatikan adalah Hard Disk. Kegagalan hard disk dapat disebabkan oleh keausan parah selama periode waktu tertentu. Head yang berfungsi untuk baca dan tulis hard disk digunakan untuk mengambil atau menulis data yang tersimpan di hard disk dengan bantuan piringan disk yang berputar dengan kecepatan tinggi. Dengan berjalannya waktu, risiko kerusakan atau malfungsi pada hard disk akan semakin meningkat. Sektor yang rusak pada hard disk hanya dapat ditemukan jika pemindaian penuh dilakukan pada komputer yang digunakan. Waktu pemindaian tergantung pada kapasitas hard disk dan ukuran komputer Anda. Banyak orang melewatkan prosedur ini karena proses pemindaian seluruh disk yang memakan waktu dan akhirnya membeli komputer bekas dengan sektor yang rusak.

Tips selanjutnya, anda perlu memeriksa monitor apakah ada kerusakan. Kegagalan fungsi monitor disebut “sambungan kering”, dan akibatnya monitor tidak akan berfungsi setelah memanas. Anda hanya dapat melihat ini dengan membiarkan monitor berjalan setidaknya selama 20-30 menit setelah menyalakan komputer.

Langkah selanjutnya adalah mencari kemungkinan pembekuan central processing unit. Biasanya semua unit pemrosesan pusat memiliki kipas dan heatsink untuk menjaga unit tetap dingin. Seiring waktu, kipas dapat menumpuk debu dan kotoran, menyebabkan unit pemrosesan pusat menjadi terlalu panas dan tidak berfungsi dengan baik atau bahkan berhenti bekerja. Saat membeli komputer bekas, Anda harus memeriksa fan atau kipas angin, dan jika mengeluarkan suara aneh, lebih baik tidak membelinya.

Komputer bekas mungkin lebih cenderung “crash” dan “ngeblank” setelah menggunakan sistem operasi untuk waktu yang lama. Mungkin ada kesalahan cache atau RAM karena overexposure yang menyebabkan hilangnya data. Untuk meningkatkan kinerja komputer Anda dan menghindari crash, Anda dapat menginstal ulang sistem operasi baru di komputer bekas itu untuk membersihkan segala error yang ada di sistem operasi sebelumnya.

Direkomendasikan oleh Wartamandiri.com. untuk memutuskan koneksi jaringan, jika ada, sebelum melakukan pengujian saat memeriksa komputer yang digunakan untuk mencari kesalahan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk membuka dan menutup drive seperti CD atau DVD dan memutar sesuatu di drive untuk melihat cara kerjanya. Anda dapat memeriksa resolusi dan kecerahan monitor komputer Anda dengan mencoba berbagai opsi, seperti warna dan pengaturan. Untuk mengecek ukuran hardisk, tekan tombol pause ketika muncul di layar saat proses booting untuk mengecek kecepatan processor, cache, dan RAM setelah melalui setting CMOS. Anda dapat menghidupkan dan mematikan komputer beberapa kali untuk melihat proses booting dan melihat bagaimana reaksinya. Sebelum membeli komputer bekas, ada baiknya pastikan semua password sudah terhapus.