Pengertian WAN (Wide Area Network) dan Fungsinya
pengertian jaringan WAN

Pengertian WAN (Wide Area Network) dan Fungsinya

Jaringan WAN (Wide Area Network) merupakan bagian dari materi pelajaran di SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Tapi jika kamu lupa atau belum pernah mempelajarinya, bisa menyimak ulasan lengkap tentang Pengertian WAN dan juga fungsinya.

Jaringan WAN adalah Wide Area Network yang mana ini merupakan jaringan komputer dengan jangkauan yang sangat luas (lebih besar areanya dibandingkan dengan jaringan LAN dan MAN) bahkan bisa sampai antar negara dan benua. Jaringan WAN ini bisa dikatakan juga sebagai gabungan dari jaringan LAN dan MAN.

Untuk membangun sebuah jaringan WAN, maka yang dibutuhkan adalah kabel serat optik atau lebih dikenal sebagai fiber optik, kabel telepon dan bisa juga menggunakan Satelit. Mangkanya, kenapa jaringan WAN ini sangat luas, karena sudah menggunakan satelit sebagai media komunikasinya.

WAN mempunyai transmisi kecepatan mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan lebih. Faktor yang menjadi pengaruh design dan performa jaringan ini ada pada siklus komunikasi semacam jaringan telepon atau satelit.

Jaringan Wide Area Network (WAN)

Karakteristik Jaringan WAN :

  • Biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak bisa dihubungkan menggunakan jaringan LAN maupun MAN.
  • Jangkauannya sangat luas dan harus melibatkan operator telekomunikasi agar perangkat-perangkat dalam jaringan WAN bisa melakukan komunikasi satu sama lain.
  • Jaringan WAN dapat melakukan pertukaran paket data atau frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.
  • Jaringan WAN ini bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer OSI.

Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network)

  • Membangun komunikasi jadi lebih gampang dan cepat.
  • Menggabungkan Jaringan LAN dan MAN yang mempermudah Bank atau perusahaan berkomunikasi dengan kantor cabang.
  • Memudahkan Proses pengiriman data yang sangat cepat.

WAN ini merupakan sistem jaringan yang sangat luas dan besar, sehingga bisa menjangkau negara lain diseluruh dunia. Sehingga penggunanya bisa komunikasi dan berbagi informasi dengan siapapun diseluruh dunia. Jaringan WAN juga bisa digunakan untuk berbagi resources atau sumber daya dengan cara memanfaatkan koneksi workstations.