Fungsi Sound Card Pada Sebuah Komputer
fungsi dan jenis sound card komputer

Fungsi Sound Card Pada Sebuah Komputer

Sebuah komputer itu pada umumnya didukung oleh beberapa perangkat keras seperti Motherboard, Harddisk, VGA Card, RAM, Sound Card dan yang lainnya.

Nah, pada artikel kali ini Teknobgt ini membahas tentang fungsi Sound Card disebuah komputer, cara kerjanya dan juga penjelasan tentang jenis-jenisnya yang saat ini banyak digunakan. Tapi, sebelum membahas hal tersebut, kamu bisa memahami terlebih dahulu Pengertiannya.

Apa Itu Sound Card

Pengertian Sound Card adalah salah satu perangkat keras pada komputer digunakan sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Jadi, sinyal suara ini bisa berupa suara yang dikeluarkan ke speaker atau bisa juga sebagai perekam suara yang masuk lewat microfon.

Sound Card jika dilihat dari asal usul bahasa yang digunakan : Sound Card beasal dari bahasa inggris yaitu Sound = suara dan card = kartu, jika diartikan adalah kartu suara.

Contoh fungsi Soundcard adalah seperti Audio yang keluar dari speaker / headset yang terpasang ke komputer/laptop merupakan hasil olahan Soundcard tadi yang mengubah sinyal audio digital menjadi suara. Tapi, jika kamu sudah memasang sound card dengan benar di motherboard dan memasang jack audio speaker tapi suara tidak keluar/muncul, maka bisa dikatakan ada masalah di hardwarenya ataupun hanya di drivernya saja.

👉 TRENDING:  Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui!

Sound card memang menjadi salah satu perangkat keras komputer yang dianggap tidak terlalu penting, karena jika ini tidak digunakan , komputer tetap bisa hidup dan bisa digunakan untuk pengolahan data. Tapi, jika berbicara fungsinya, maka sound card ini sangatlah penting. Apalagi untuk kamu yang suka bermain game, mendengarkan musik ataupun sebagai konten kreator yang tentunya membutuhkan Speaker dan Microfon sebagai pengolahan multimedianya.

5 Fungsi Sound Card

jenis Sound Card PCI , PCI EXPRESS SOUND CARD v 5.1 internal
PCI EXPRESS SOUND CARD v 5.1 internal / Offboard

Fungsi utama dari Sound Card di komputeritu adalah sebagai alat pengolah data audio yang bisa meneruskan ke headware lainnya (speaker) sebagai suara yang bisa didengarkan. Ada juga beberapa fungsi lainnya seperti :

(1) Sebagai Pengubah Sinyal Analog dan Digital Menjadi Sinyal Sonic

👉 TRENDING:  Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi Processor Pada Komputer

Komputer yang saat ini sebagai pengolah data multimedia ini memanfaatkan fungsi dari Sound Card yang mana bisa mengubah sinyal analog dan juga digital menjadi gelombang sonic. Ini adalah proses yang sangat penting untuk mendapatkan audio yang berkualitas.

(2) Meningkatkan Kuliatas Input dan Output Audio

Perkembangan alat-alat musik yang semakin modern tentunya berpengaruh ke perkembangan sound card yang semakin canggih pula. Karena Sound Card dengan spesifikasi bagus pasti bisa meningkatkan kualitas audio yang masuk ataupun yang keluar (input/output).

(3) Menambahkan Fitur Pengolahan Audio

Sound Card juga bisa berfungsi sebagai pengolahan suara dengan fitur seperti Bass Booster, 3D Sound, Theater Sound, Live Shoud dan lainnya. Sound Card juga bisa mengkonversi audio dari piringan hitam (kaset pita) kedalam bentuk audio digital yang bisa disimpan langsung ke komputer.

(4) Mengatur Volume

Bisa juga bersungsi sebagai pengatur besarnya volume audio/suara dan juga equalizer yang keluar dikeluarkan ke speaker ataupun audio yang masuk saat proses rekaman.

👉 TRENDING:  Pengertian Komputer, Jenis dan Fungsinya Secara Umum

(5) Mengolah Audio dan Editing

Sound Card bisa berfungsi sebagai pengolah data audio recorder yang masuk melalui microfon dan juga bisa membantu proses editing audionya.

Jenis-Jenis Sound Card

Ada 3 jenis sound card yang dilihat dari cara pemasangannya, yaitu Sound Card onboars, offboard dan external :

  1. Sound Card Onboard adalah jenis Sound Card yang langsung menempel pada motherboard komputer (bawaan langsung dari pabrik)
  2. Sound Card Offboard adalah jenis Sound Card yang terpisah dengan Motherboard dan dipasang pada slot ISA/PCI pada motherboard. Slot PCI yang saat ini paling banyak digunakan dan slot ini sudah terpasang di motherboard (bawaan pabrik).
  3. Sound Card External adalah jenis Sound Card yang terpasang melalui port external seperti USB dan juga FireWire.

Saat ini di toko komputer dan onlineshop/marketplace sudah banyak sekali yang menjual berbagai macarm merk/jenis Sound Card yang tentunya bisa kalian miliki sesuai kebutuhan.