Cara Flash Android Lewat SD Card Tanpa Ribet
Cara Flash Android Lewat SD Card Tanpa Ribet

Cara Flash Android Lewat SD Card Tanpa Ribet

Seringkali ditemukan smartphone yang tiba-tiba lag atau error saat sedang digunakan. Masalah tersebut biasa terjadi dikarenakan RAM yang sudah tidak memadai. Adapun cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan ngeflash Hp android. Lalu bagaimana cara flash android lewat SD card tanpa menggunakan PC atau laptop?

Apabila dibiarkan hal tersebut akan membuat android menjadi rusak parah. Maka dari itu android harus segera diinstall kembali menggunakan cara manual tanpa bantuan laptop atau perangkat lainnya. Ulasan berikut akan memberikan penjelasan mengenai manfaat dan langkah cara flash android hanya dengan menggunakan SD card: Tips Android akan membahasnya kali ini

Manfaat Melakukan Flash Android

Sebelum masuk ke langkah cara melakukan flash android menggunakan SD card, kenali terlebih dahulu manfaatnya. Menginstall ulang android biasanya dilakukan untuk mengembalikan sistem kerja android seperti semula. Setelah melakukan flash secara otomatis android dapat kembali normal. Pengguna sudah tidak mendapatkan lag pada android.

πŸ‘‰ TRENDING:  Buruan Hapus 11 Aplikasi Karena Ada Malware JAHAT! (Khusus Hp Android)

Selain itu, manfaat lainnya yaitu dapat menata ulang media penyimpanan. Ketika terdapat sistem yang rusak, maka secara tidak langsung juga akan mempengaruhi media penyimpanan. Nah, setelah melakukan flash pada android media penyimpanan sudah dapat berfungsi dengan maksimal. Ruang penyimpanan yang semula penuh juga akan mengalami penurunan drastis setelah melakukan flashing.

Cara Flash Android Lewat SD Card

Setelah mengetahui manfaat melakukan flash android, selanjutnya pengguna dapat langsung melakukan flash android lewat SD card. Cara yang digunakan tidak akan menghilangkan data penting pada android. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa langkah cara berikut ini:

1. Lakukan Back Up Data

Adapun cara flash android lewat SD card yang pertama yaitu dengan Back Up Data terlebih dahulu. Apabila terdapat data penting di dalam android maka pindahkan terlebih dahulu ke SD card. Mengapa dipindahkan ke SD card? Karena saat melakukan flash android, data pada kartu SD tidak akan hilang.

πŸ‘‰ TRENDING:  Google Segera Luncurkan Sistem Operasi Terbaru Android 11 Beta

2. Masuk ke Recovery Mode

Selanjutnya yaitu masuk ke recovery mode. Matikan ponsel terlebih dahulu lalu masuk ke halaman recovery mode. Kode reset setiap android berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Umumnya yaitu dilakukan dengan menggunakan tombol volume up dan power pada ponsel. Namun sebelumnya pastikan baterai ponsel dalam kondisi full agar proses flash berjalan lancar.

3. Lakukan Factory Reset

Berikutnya yaitu dengan melakukan factory reset. Setelah muncul beberapa opsi pilih wipe data. Pada tahap ini touchscreen sudah tidak berfungsi lagi, maka dari itu gunakan tombol volume untuk memilih opsi. Factory reset dapat menghapus dan mengembalikan kondisi android seperti semula.

4. Lakukan Install ROM

Setelah itu lakukan install ROM. Data yang ada pada android sudah aman karena telah dipindahkan ke kartu SD. Install file ZIP yang ada pada SD card, gunakan tombol volume untuk melakukan scroll. Lalu lakukan konfirmasi untuk dapat lanjut ke proses reset, dengan cara klik tulisan β€œyes” menggunakan tombol power.

5. Tunggu Proses Reset Selesai

Terakhir tunggu proses reset selesai, umumnya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. Setelah muncul beberapa opsi selanjutnya pilih β€œreboot system now” dengan cara mengklik tombol power pada android. Tunggu hingga proses flash android selesai. Lalu secara otomatis kondisi android akan kembali layaknya seperti bawaan pabrik.

πŸ‘‰ TRENDING:  Cara Mengatasi HP Android Terkunci Minta Akun Google

Itulah tadi langkah cara flash android lewat SD card tanpa ribet. Selain terdapat kelebihan, ternyata flash android juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya ponsel mengalami mati total saat sedang melakukan flash. Hal ini terjadi sebab adanya ketidakcocokan dengan proses flashing, maka dari itu, lakukan flash android saat dalam keadaan genting saja.

cara flash hp dengan sd downloader - cara flash rom dengan kartu sd - Cara flashing android lewat sd card -