cara memperbaiki lcd hp yang rusak karena jatuh

Cara Memperbaiki LCD HP Yang Rusak Karena Jatuh

Bagaimana cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh? apakah bisa diperbaiki sendiri atau harus dibawa ke service center? Sebelum membahas itu, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu seperti apa karakteristik dari LCD pada sebuah Smartphone.

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan bagian di smartphone yang mudah sangat mudah rusak, entah itu karena tergores benda keras/tajam ataupun terjatuh/terbanting kebawah. Dari laman wikipedia, Pengertian LCD adalah sebuah jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair untuk penampul utamanya.

Ketika LCD Hp / Smartphone yang kita punyarusak karena keteledoran sendiri, maka ada resiko yang harus kita ambil yaitu herus rela memotong uang tabungan untuk membeli part LCD jika memang mengalami kerusakan parah yang membuat HP tersebut tidak bisa menampilkan apa-apa.

Tapi apakah ada cara memperbaiki lcd hp yang rusak karena jatuh ?

Cara Memperbaiki LCD HP Rusak

Pastinya akan sangat mengganggu ketika LCD HP yang kita gunakan rusak karena terjatuh ataupun tergores benda tumpul seperti kunci motor pada saat disimpan dalam kantong celana.

Jadi, kamu bisa memperbaiki lcd hp yang rusak karena jatuh jika tingkat kerusakannya tidak parah. Atau kerusakannya hanya pada antigoresnya saja. Cara memperbaikinya itu sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengganti antigoresnya dengan cara pergi kecounter HP yang biasanya banyak menjual.

Berikut ini ada beberapa masalah kerusakan LCD Hp karena tergores ataupun terjatuh disertai dengan cara mengatasi / memperbaikinya :

LCD HP Tergores / Baret

Ketika LCD Hp kamu rusak karena tergores atau baret terkena kunci motor atau benda lainnya, maka kamu bisa mencoba menghilangkan goresannya itu dengan pasta gigi.

Caranya adalah oleskan pasta giginya kepermukaan LCD yang rusak, diamkan sebentar kemudian gosok dengan pelan dan lcd hp kamu akan kembali mulus.

Masalah Flickering di LCD HP

LCD HP Kamu tiba-tiba muncul garis-garis yang bergerak terus karena terjatuh? nah itu namanya masalah flickering yang mana harus segera diperbaiki sebelum menutup semua layar dan tidak bisa digunakan lagi.

Cara mengatasi masalah layar Flickering seperti ini adalah dengan restart smartphone dan masuk ke mode safemode. Caranya :

  • Tahan tombol power hingga muncul pilihan safemode, setelah itu konfirmasi dengan pilih OK untuk melakukan reboot ke safe mode
  • Setelah masuk ke mode safemode, atur skala hingga 60 hertz. Bidik HP tersebut ke HP yang terkena flickering. Garis-garis flicker akan hilang!

Nah, tapi jika LCD HP kamu mengalami rusak parah karena terjatuh, maka solusinya adalah membawa langsung ke tempat service atau ke service center jika masih memiliki garansi. Jangan sekali-kali mencoba membongkar sendiri Lcd yang mati total gegara jatuh jika belum pernah memperbaiki sebelumnya, karena bisa saja menambah kerusakan part lainnya jika dipaksakan.