apa itu fungsi bios dan pengertiannya

Pengertian dan Fungsi Bios di Sebuah Komputer

Bios pada sebuah komputer merupakan salah satu perangkat lunak disebuah komputer yang memiliki tugas sangat penting dalam mendukung sistem operasi untuk bisa bekerja dengan baik, Bahkan komputer tidak bisa hidup jika biosnya bermasalah.

Lalu apa fungsi Bios tersebut? perangkat lunak yang banyak orang (pengguna komputer) tidak mengetahui dan memahaminya, padahal fungsinya sangat penting untuk menjalankan sistem. Nah, disini Teknobgt akan membahas singkat tentang pengertian bios dan bagaimana fungsinya untuk sebuah komputer.

Pengertian Bios

Bios adalah singkatan dari Basic Input Output System dan jika diartikan merupakan sistem dasar yang tugasnya sebagai mengatur proses input dan output data yang ada di perangkat komputer.

Namun, untuk secara detailnya tentang pengertian Bios adalah sebuah program pengatur berbagai macam fungsi perangkat keras (hardware yang terpasang di komputer), yang mana Bios ini tersimpan pada chip khusus berupa memori flash atau biasa orang menyebutnya CMOS.

👉 TRENDING:  7 Model Layer OSI Berserta Penjelasan dan Fungsinya

sumber lainnya menyebutkan bahwa BIOS ini merupakan program yang digunakan untuk mikroprosesor komputer untuk memulai sistem komputer setelah menyalakan komputer tersebut. BIOS juga memiliki tugas sebagai pengelola data antara sistem operasi komputer dan perangkat hardware yang terpasang seperti Harddisk, adaptor video, Mouse, Keyboard, Printer dan yang lainnya juga.

Fungsi BIOS

  1. Memiliki tugas untuk mengirimkan perintah ke mikroprosesor yang disebut POST (POwer On Self Test). Perintah ini adalah untuk mengidentifikasi hardware yang terpasang di komputer seperti CPU, RAM, VGA Card, Harddisk, Dvd Drive, Mouse, Keyboard dan hardware lainnya. Selain itu ada juga tugas lainnya seperti manajemen tanggal dan waktu.
  2. Membagikan informasi dasar tentang bagaimana interaksi tiap-tiap perangkat penting yang ada di komputer seperti drive dan memori.
  3. Mengatur booting atau tahap awal proses starup komputer dan memastikan sistem operasinya masuk ke dalam memory.
  4. Mengatur konfigurasi dasar perangkat keras yang terpasang pada komputer berdasarkan fungsi dari masing-masing hardware tersebut.
👉 TRENDING:  Pengertian dan Fungsi CPU Pada Komputer Dan Komponen Pendukungnya

Itulah penjelasan singkat tentang apa fungsi Bios dan juga pengertian bios pada sebuah komputer pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *