Cara Mengatasi Masalah A Request For The USB Device Descriptor Failed
Request For The USB Device Descriptor Failed

Cara Mengatasi Masalah A Request For The USB Device Descriptor Failed

Ketima kamu menemukan masalah seperti a request for the usb device descriptor failed pada Windows 7 ataupun Windows 10, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara yang teknobgt bagikan dibawah ini.

Ketika di Laptop atau komputer Windows muncul notifikasi a request for the usb device descriptor failed atau Unkown USB Device sebenarnya bisa langsung kamu atasi dengan mudah, karena notifikasi ini biasanya muncul saat kamu menghubungkan USB tetapi descriptornya tidak berfungsi.

Penyebab eror seperti ini bisa saja dikarenakan ada kesalah pada saat update software, port USB rusak ataupun karena serangan virus. Nah, jadi ketika kamu menghubungkan harddisk external, USB Flashddisk, perangkat Android, konsol game atapun perangkat lainnya yang dihubungkan ke port USB laptop/komputer windows dan muncul pesan eror “A Request For The USB Device Descriptor Failed” bisa mengikuti panduan cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi USB Device Descriptor Failed

How to Fixs Unknown USB Device

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengecek dan mengatasi masalah unknow USB Device (a request for the usb device descriptor failed pada windows 10 :

Periksa Masalah Perangkat Keras

Masalah Device Descriptor Request Failed terjadi mungkin bukan karena kesalahan pada sistem operasinya, tetapi pada perangkat kerasnya. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek, apakah perangkat kerasnya rusak atau masih normal.

  • Coba colokkan ke port USB yang berbeda, jika tiba-tiba terhubung, maka ada kemungkinan port USB sebelumnya rusak.
  • Hubungkang perangkat android, flashdisk ataupun perangkat lainnya (yang sama) ke komputer lain. Jika tetap tidak bisa terhubung, ada kemungkinan perangkat tersebut yang rusak.

Restart Komputer

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah restart komputer, karena kemungkinan sistem operasi yang sudah aktif terjadi crash atau eror. Setelah komputer hidup lagi, coba hubungkan perangkatnya ke port USB dan apakah bisa terhubung/terdeteksi dengan normal atau tetap muncul notifikasi eror.

Jika tetap tidak terdeteksi, maka kamu bisa melanjutkan pengecekan pada device manager seperti dibawah ini.

Scan Device Manager

Cara ini biasanya berhasil mendeteksi kembali port USB yang bermasalah, jadi ketika kamua menghubungkan flashdisk ke port usb laptop/komputer dan muncul notifikasi error unknown USB Device (Device Descriptor Request Failed), maka bisa dicoba untuk langsung scan ulang melalui device manager, adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Colokkan flashdisk ke port usb Laptop atau komputer
  2. Kemudian masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan My Computer -> Properties -> Device Manager
  3. Klik Tab “Action” dideretan menu atas kemudian pilih Scan for hardware changes untuk mulai scan device/perangkat yang terhubung lewat port USB tadi
  4. Biarkan proses scannya selesai dan setelah itu cek lagi di my computer, apakah flashdisk sudah muncul atau belum. Jika masih belum terdeteksi maka kamu bisa melakukan cara instal ulang driver USB-nya.

Instal Ulang Driver USB

Adapun cara instal ulang driver USB adalah tetap melalui Device Manager tadi. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pada halaman Device Manager, pasti akan muncul port USB yang ada tanda serunya (karena masalah eror
  2. USB Device Descriptor Failed) Klik kanan dan Uninstal.
  3. Tunggu prosesnya selesai, kemudian restart laptop/komputermu
  4. Cek kembali setelah hidup, apakah sistem operasi menginstal driver usb baru dan mendeteksi flashdisk atau tidak.

Jika tetap tidak terdeteksi atau tetap eror, maka kamu bisa juga coba cara update generic USB HUb Drivernya. Jika tadi pilih menu uninstal, maka cara ini adalah dengan update driver saja. Pada proses ini akan muncul nofitikasi dan pilih Search automatically for drivers untuk menginstal driver terbaru.