Ini 5 Perangkat Keras Komputer Yang Fungsinya Sangat Vital Untuk Sistem Komputer
Ini 5 Perangkat Keras Komputer Yang Fungsinya Sangat Vital Untuk Sistem Komputer

Ini 5 Perangkat Keras Komputer Yang Fungsinya Sangat Vital Untuk Sistem Komputer

Komputer menjadi sebuah teknologi yang perannya sangat penting dalam kemajuan teknologi saat ini, sistemnya yang bisa disetting untuk mengikuti perintah untuk mengerjakan apa saja. Nah, apa saja sih perangkat keras yang ada di komputer dan fungsinya seperti apa?

Hal sederhanyanya saja yang kita rasakan saat ini adalah komputer bisa membantu berbagaimacam pekerjaan dari kantor ataupun tugas sekolah/kuliah, terutama pekerjaan yang berkaitan dengan pengoperasian dokumen digital atau softfile.

Tentang  Perangkat Keras Komputer

Pengertian perangkat keras komputer (hardware) adalah beberapa jenis perangkat keras (berbentuk) atau komponen komputer yang saling melengkapi untuk dirakit menjadi sebuah komputer yang bisa bekerja dengan dukungan perangkat Lunak (Software).

Lalu, apa yang dimaksud dengan hardware? Hardware itu sebutan untuk perangkat keras komputer yang terdiri dari semua jenis alat atau komponen bagian fisik dari komputer.

👉 TRENDING:  Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui!

Jadi, jika kamu menemukan pertanyaan apa itu perangkat keras komputer, kamu bisa menjawabnya seperti pengertian diatas ini. Seperti yang dijelaskan oleh seorang ahli sistem informasi dan penulis buku Management Information Systems, 10th Edition, James O’Brein. hardware komputer merupakan semua komponen dalam bentuk fisik yang digunakan untuk pemrosesan informasi seperti CPU, Motherboard, RAM, Harddisk, VGA, Monitor, Keyboard, Mouse dan lainnya.

Dari semua jenis perangkat keras komputer, terdapat elemen mekanis dan elektronik yang fungsinya untuk mendukung sistem kerja komputer dengan sempurna.

5 Perangkat Keras Komputer

perangkat keras komputer

Perangkat keras komputer ini banyak sekali jenisnya, ada yang sebangai pendukung utama dan ada juga hanya sebagai pelengkap saja. Nah, berikut ini adalah 5 perangkat keras komputer dan fungsinya yang masuk kategori pendukung utama dari sebuah komputer.

👉 TRENDING:  Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi Processor Pada Komputer

Motherboard

Perangkat keras komputer yang paling utama adalah motherboard atau mainboard. Ini adalah papan sirkuit besar yang mana funsinya untuk tempat pemasangan komponen perangkat keras lainnya seperti Processor, VGA, RAM, AGP dan slot-slot untuk kartu tambahan.

Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit) ini masuk kategori perangkat keras komputer yang sangat vital, karena fungsinya sebagai otak dari komputer itu. Meskipun bendanya cukup kecil, tapi memiliki fungsi untuk memproses sebuat perintah dari pengguna komputer tersebut.

RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk menyimpan sementara perintah/intruksi yang diberikan oleh prosesor. Tanpa adanya RAM, komputer tidak bisa hidup dan juga data perintah yang masuk ke RAM akan hilang ketika komputer dimatikan (kecuali masuk ke posisi sleep atau hibernate).

Harddisk

HDD atau Hard disk drive merupakan perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai media untuk menginstal sistem operasi dan software pendukung, serta sebagai media penyimpanan data-data lainnya.

👉 TRENDING:  Fungsi Sound Card Pada Sebuah Komputer

Power Supply

Jika tidak ada tegangan listrik, maka sebuah komputer tidak bisa beroperasi. Oleh karena itu, Power Supply hadir sebagai penyuplai daya listrik kedalam motherboard sebuai dengan kebutuhan.

Itulah 5 perangkat keras komputer dan fungsinya yang sangat vital agar komputer bisa beroperasi secara normal. Sebenarnya masih banyak lagi perangkat keras pendukung lainnnya yang wajib kamu lengkapi, seperti Keyboard dan Mouse sebagai media menginputkan perintah kedama sistem komputer dan juga monitor untuk menampilkan data atau display sistem yang memudahkan pengguna komputer menjalankan aplikasi.

Jadi, komputer terdiri dari perangkat keras yang meliputi berikut ini Motherboard, Processor, RAM, HDD, VGA, Power Supply, Keyboard, Mouse, kecuali brainware dan software tidak termasuk.