Cara Mengatasi 404 Not Found Secara Cepat

7 Cara Mengatasi 404 Not Found Secara Cepat

Pengguna dunia maya tentu merasa sebal jika sedang asyik berselancar dan menemukan salah satu situs incaran namun tiba-tiba muncul hasil “404 Not Found”. Beberapa pengguna bisa saja sudah mengetahui penyebab hal ini dan bagaimana langkah untuk mengatasi.

Namun masih banyak juga yang tidak tahu menahu mengapa kondisi seperti ini terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk Anda yang penasaran dengan penyebab munculnya notifikasi tersebut, sebaiknya simak beberapa informasi berikut ini yang akan menjelaskan tentang “404 Not Found” dan cara mengatasinya secara cepat.

Pengertian 404 Not Found

Pertama mungkin banyak yang ingin tahu lebih dulu adalah, pengertian dari “404 Not Found”. Kejadian yang sering dialami para pengguna dunia maya ini memang sering membuat bingung sesaat. Yang mana kondisi ini merupakan situasi di mana saat memasukkan url pada mesin pencari kemudian muncul sebuah tampilan yang memberikan informasi “Error 404” atau gambar dengan tulisan “404 Not Found” di dalam halaman.

Saat kondisi ini muncul artinya seluruh konten dan halaman website yang dituju tidak tersedia, menghilang, mengalami perubahan atau bisa juga mengalami kerusakan tertentu. Sehingga akhirnya website tidak bisa menampilkan sesuai kebutuhan informasi yang ingin diakses oleh pengguna website. Alhasil, secara tidak langsung mesin pencari akan memberikan hasil berupa gambar serta informasi “404 Not Found”.

Adapun informasi lain menunjukkan hasil yang cukup menarik tentang pemahaman dari kondisi ini. Secara spesifik terdapat sebuah alasan mengapa saat website tidak dapat diakses menunjukkan angka 404 secara khusus.

Pertama terdapat pemahaman bahwa angka 4 pertama merupakan kode akibat kesalahan pengguna saat memasukkan url, sementara untuk angka 04 berikutnya memberikan informasi tentang ketiadaan website atau bisa juga disebut dengan syntax error.

Sementara pemahaman kedua menyatakan bahwa angka 404 ini mengacu pada ruangan nomor 404 sebagai server website yang pertama kali di CERN. Namun demikian alasan yang terakhir ini masih kurang diyakin oleh sebagian besar pakar.

Tentu saja hal ini sering kali dapat menyebabkan keraguan apakah kesalahan terjadi pada website atau pada pengguna yang mengakses website. Biasanya hal ini dapat terjadi akibat beberapa penyebab. Supaya dapat mengetahui kondisi apa saja yang menyebabkan notifikasi tersebut, maka sebaiknya ikuti informasi lebih lanjut berikut di bawah ini.

Penyebab 404 Not Found

Ada beberapa hal yang membuat tampilan “404 Not Found” ini muncul saat sedang mengakses sebuah situs. Oleh sebab itu, kenali terlebih dahulu penyebab dari munculnya peringatan ini. Karena dengan mengenali penyebab makanya, dapat Anda dapat mengambil langkah lebih lanjut atau mencari solusi yang lebih tepat untuk mengatasinya.

Umumnya berbagai macam penyebab yang terjadi pada situs yang memunculkan peringatan tersebut adalah sebagai berikut.

Salah Memasukkan Alamat Situs

Penyebab utama munculnya tampilan angka 404 saat mengakses sebuah situs yaitu  pada human error. Nah, yang paling sering dilakukan pengguna rupanya salah memasukkan alamat situs atau alamat url yang ingin diakses. Sehingga pada akhirnya, alamat yang dituju tersebut tidak tersedia pada server manapun, dan akhirnya mesin pencari memberikan jawaban berupa “404 Not Found”.

Hal ini merupakan kondisi yang sering terjadi, misalnya pengguna dunia maya hanya melakukan copy paste dari link yang diinformasikan. Namun ternyata alamat url tersebut tidak lengkap atau terdapat kesalahan penulisan di dalamnya. Atau bisa juga karena pengguna hanya menebak-nebak alamat situs sehingga tidak yakin benar terhadap alamat url yang dimasukkan ke dalam mesin pencari.

Akibatnya tampilan 404 akan muncul pada layar dan Anda tidak menemukan satu situs pun.

Terdapat Error Pada Caching

Penyebab berikutnya yang membuat tampilan “404 Not Found” muncul yaitu adanya error pada sistem cache. Bagi yang tidak paham mengenai hal ini, cache sendiri merupakan salah satu jenis sistem penyimpanan sementara yang umumnya digunakan oleh sebuah HTML.

Hal ini untuk membantu mengurangi beban akibat besar bandwidth yang dapat mengganggu proses loading di server. Maka dari itu digunakan sistem yang mempermudah, yakni melalui sistem cache.

Sebenarnya penggunaan cache memungkinkan website untuk diakses lebih cepat daripada sistem yang biasa. Namun saat cache mengalami error hal ini justru membuat website tidak dapat muncul. Bisa juga karena mesin pencari tertentu melakukan caching pada situs yang dimaksud.

Jadi, untuk membantu memunculkan situs yang dicari, Anda bisa mencoba menggunakan mesin pencari lain.

Masalah Pada Setting DNS

Penyebab terjadinya “404 Not Found” berikutnya yaitu akibat permasalahan yang pada sistem setting DNS. DNS merupakan kepanjangan dari Domain Name Server, sehingga bisa disimpulkan ini merupakan sistem yang menerjemahkan alamat situs yang dituju pada server, sehingga website dapat muncul ke halaman pengguna secara sempurna.

Akan tetapi pada praktiknya sering kali pengguna terburu-buru melakukan akses pada sebuah situs, sementara setting DNS masih belum tepat.

Saat kondisi domain belum terpropagasi dengan tepat pada sistem DNS, maka otomatis hal ini akan menyebabkan halaman website tidak dapat ditemukan. Sehingga pada akhirnya mesin pencari mengeluarkan informasi bahwa halaman situs tidak dapat ditemukan atau “Error 404”.

Terjadi Error Pada Plugin Maupun Theme

Hal terakhir yang paling kerap menimbulkan masalah 404 not found  yaitu terjadinya error pada sistem plugin atau theme website. Sangat umum jika sebuah website termasuk yang menggunakan WordPress sebagai dasar, menggunakan tambahan plugin serta memakai theme tertentu untuk mempercantik website. Namun adakalanya hal ini justru menimbulkan masalah saat pengguna mencoba melakukan akses pada halaman situs tersebut.

Bisa jadi plugin maupun tema website yang dipasang tidak kompatibel dengan URL maupun alamat website. Akhirnya saat mencoba diakses oleh pengguna, maka halaman website tidak dapat muncul karena alamat website tidak dapat ditemukan di dalam Cloud server. Adanya ketidakcocokan antara plugin atau theme dengan website ini sering kali membuat kondisi halaman website tidak dapat diakses dengan baik.

Cara Mengatasi 404 Not Found

Cara Mengatasi 404 Not Found, foto: unsplash.com

Jika mengalami hal semacam ini, jangan langsung panik atau merasa. Karena sebenarnya ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari kondisi ini muncul saat berselancar atau mengakses situs.

Secara spesifik, apabila menemukan website dengan tampilan tersebut, segera lakukan beberapa cara mengatasi “404 Not Found” di bawah ini.

Cek Ulang Alamat Situs

Hal pertama yang dapat dilakukan jika menemukan tampilan angka 404 saat mengakses sebuah situs yaitu melakukan pengecekan ulang terhadap alamat situs tersebut. Pastikan bahwa alamat situs atau url yang dimaksud sudah benar dan tepat. Jangan sampai terjadi kesalahan penulisan huruf ataupun angka, karena hal ini akan menyebabkan terjadi kesalahan 404.

Alternatif lain cobalah membuka alamat situs tepat pada halaman yang dituju. Umumnya beberapa pengguna langsung memasukkan alamat homepage namun tidak memasukkan alamat halaman yang dibutuhkan secara spesifik. Terkadang hal ini juga dapat menimbulkan masalah.

Maka dari itu, sangat penting melakukan pengecekan alamat url sedetil mungkin supaya kondisi ini tidak terjadi.

Melakukan Refresh Pada Halaman Website

Jika masih menemukan tampilan “404 Not Found” cobalah untuk melakukan refresh pada halaman website. Bisa jadi hal ini muncul karena koneksi internet yang kurang memadai sehingga tidak dapat melakukan akses pada halaman situs secara optimal.

Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan refresh pada halaman secara manual dengan cara memasukkan ulang alamat situs dan menekan tombol enter kembali.

Anda juga bisa menekan tombol F5 yang terdapat pada PC atau laptop untuk melakukan refresh secara cepat. Namun, jika menggunakan smartphone atau tablet, maka opsi untuk melakukan refresh tentu mau tidak mau hanya dapat dilakukan dengan jalan manual seperti yang telah dijelaskan tadi.

Membersihkan Seluruh Cache Dan History

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan namun tampilan 404 not found masih muncul, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah, dengan membersihkan seluruh cache maupun history yang tercatat pada mesin pencari yang digunakan. Karena kemungkinan hal ini terjadi akibat permasalahan yang timbul dari PC maupun laptop yang digunakan.

Maka, langkah yang paling tepat untuk mengatasinya tentu saja dengan memulai dari PC dan laptop yang digunakan.

Cara untuk membersihkan cache dan history ini juga mudah. Cukup mencari icon history pada halaman mesin pencari. Entah di sebelah kiri atas, kanan atas, atau bahkan bisa dengan menggunakan ctrl + H, setelahnya Anda dapat mencentang opsi untuk menghapus cache dan history.

Hal ini penting sekali terutama jika gadget yang digunakan menyimpan cache website yang tidak dapat diakses. Tentu saja hal ini akan terus berulang hingga cache dan history pencarian website dibersihkan terlebih dahulu.

Mengupdate Permalink Website

Terkadang permasalahan memang muncul akibat masalah penulisan url atau permalink. Maka dari itu sangat penting untuk segera melakukan update link melalui website.

Untuk melakukan hal, Anda ini cukup membuka bagian setting pada dashboard website, kemudian masuk pada menu fitur permalink. setelah berhasil melakukan akses maka segera ubah pengaturan permalink menjadi permalink plain untuk merefresh website. Kemudian ganti kembali dengan permalink tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sayangnya, cara ini hanya dapat dilakukan oleh pemilik website dan situs yang dapat memiliki akses setting pada sistem website tersebut. Artinya, pengunjung situs tidak dapat melakukan perubahan apapun, dan cara ini hanya diperuntukkan bagi para pemilik website.

Melakukan Non Aktif Pada Plugin Dan Theme

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, bahwa salah satu kendala yang menyebabkan “404 Not Found” yaitu akibat plugin dan theme yang tidak kompatibel. Maka dari itu cara termudah untuk menyelesaikan permasalahan ini yaitu melalui non aktivasi pada plugin dan theme website. Selain itu, Anda juga dapat mengganti plugin dan tema website yang sesuai.

Nah sekali lagi, sayangnya hal ini juga solusi yang hanya dapat dilakukan oleh pemilik situs yang mengalami masalah tersebut. Karena pada dasarnya, untuk melakukan non ativasi pada plugin dan theme juga membutuhkan akses pada setting yang ada di dashboard website.

Melakukan Update Pada File .htaccess

Alternatif lain yang bisa digunakan yaitu melakukan update pada file .htaccess. Hal ini bermanfaat bagi pemilik website jika kondisi “404 Not Found” mengakibatkan dashboard website tidak dapat diakses.

Jadi, untuk mengatasi masalah ini, maka Anda bisa membuka website melalui aplikasi seperti misalnya Filezilla. Dengan demikian maka website dapat diakses dan kemudian beberapa opsi alternatif penyelesaian yang telah tertera sebelumnya dapat dicoba untuk dilakukan.

Anda bisa mencoba dari cara termudah seperti mengganti permalink, kemudian masuk ke alternatif lain yakni menonaktifkan plugin dan theme website.

Menggunakan Tools Untuk Melakukan Pengecekan

Apabila Anda masih cukup awam dalam pengelolaan website, maka sebaiknya ambil langkah yang paling mudah untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya yaitu dengan jalan menggunakan beberapa jenis tools yang tersedia. Fungsinya yaitu untuk melihat dan melakukan analisa kejadian dari hal ini.

Saat ini ada banyak pilihan tools yang bisa membantu memberikan analisa saat website tidak dapat diakses. Sehingga pemilik situs maupun pengguna website dapat menemukan jalan keluar yang tepat untuk bisa melakukan akses tanpa hambatan.

Misalnya dengan menggunakan tools semacam Online Broken Link Checker yang dapat memperkirakan mengapa tampilan website tidak muncul dan malah berganti dengan gambar atau kata-kata “404 Not Found”. Melalui hasil analisa tools tersebut, pengguna bisa segera melakukan aksi yang tepat untuk memperbaiki kendala tersebut.

Hal ini dipandang jauh lebih efektif dan efisien daripada mencoba mengatasi permasalahan satu persatu yang cukup memakan waktu.

Itulah beberapa informasi terkait “404 Not Found” mulai dari pengertian, penyebab serta cara mengatasi “404 Not Found” dengan cepat. Sehingga saat mengalami kondisi atau kejadian seperti ini, maka Anda bisa segera melakukan beberapa langkah yang dapat membantu untuk mengatasi hal tersebut secara cepat.

Coba saja beberapa tips yang diberikan di atas supaya tampilan website yang ingin Anda akses kembali muncul. Bagi pemilik website juga bisa mencoba cara-cara di atas jika website yang dikelola memunculkan tampilan 404 Not Found.

Dengan demikian maka aktivitas berselancar berjalan lancar dan situs-situs yang ingin dikunjungi tidak mengalami kendala teknis berupa 404 Not Found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *