pengertian dan manfaat jaringan komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui!

Apakah kamu sudah mempelajari tentang dasar-dasar komputer? dan apakah sudah memahami tentang pengertian dan manfaat jaringan komputer? Jika belum, teknobgt sudah merangkumnya secara detail pada artikel ini.

Pelajaran tentang dasar-dasar komputer sudah mulai dikenalkan dari tinggal SMP, sehingga bagi siswa yang ingin melanjutkan ke SMK jurusan komputer/informatika sudah memiliki dasar pengetahuannya. Sehingga bisa dengan cepat untuk menangkap ilmu/pelajaran tentang komputer termasuk dengan Manfaat jaringan komputer juga.

Apa Itu Jaringan Komputer

contoh jaringan komputer sederhana

Istilah jaringan komputer ini akan sangat familiar bagi para pelajar tingkat SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan karena memang akan banyak mempelajarinya. Tapi, bagi pelajar SMA/SMK jurusan lain istilah ini sangatlah sulit dipahami meskipun sistem jaringan komputer ini sering mereka gunakan untuk aktifitas pembelajaran dengan sistem komputerisasi yang terhubung ke LAN (Local Area Network) ataupun Internet.

Pengertian Jaringan Komputer adalah sebuah sistem konektifitas atau jaringan telekomunikasi yang bisa menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih dan semua komputer tersebut bisa saling terhubung dengan media transmisi untuk saling berbagi/sharing data, program ataupun perangkat keras komputer.

Jaringan komputer ini banyak digunakan oleh perkantoran (industri dan bisnis) yang tentunya akan mempermudah para pekerja untuk sharing data hingga sharing Printer, selain itu banyak juga Sekolah-Sekolah yang memiliki Lab komputer dengan sudah didukung oleh jaringan.

Baca Juga:  Ini Cara Gampang Ganti Sandi Gmail

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Dilansir dari laman Wikipedia, Sejarah jaringan komputer ini muncul pada tahun 1940-an di Amerika dan digagas oleh Profesor Howard Aiken dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard.

Awal mulanya hanya ingin memanfaatkan komputer agar bisa digunakan secara bersama-sama agar pengerjaan proyek tersebut tidak banyak membuat waktu kosong, maka profesor Howard membuat proses beruntun (Batch Processing) yang fungsinya bisa menjalankan beberapa program didalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Di tahun 1950-an, model komputer semakin berkembang hingga terciptanysa super komputer, ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.

Manfaat Jaringan Komputer

Sebenarnya banyak orang yang sudah memanfaatkan dari fungsi jaringan komputer itu sendiri, seperti yang kamu lakukan saat ini dan sedang membaca artikel ini, kamu sebenarnya sudah memanfaatkan jaringan kumputer untuk mengkases berbagai macam data di internet.

Baca Juga:  Tips Cara Mengatasi Akun Google Drive Terkena Limit!

Berikut ini beberapa manfaat lainnnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan perangkat komputer atau gadget:

Berbagi Data Semakin Mudah

Manfaat jaringan komputer yang paling banyak dirasakan oleh orang-orang adalah semakin mudahnya untuk saling berbagi data dan ini paling banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang bekerja diperkantoran, dimana semua komputer mereka pasti terhubung dalam jaringan komputer.

Terkoneksi Keseluruh Dunia

Jaringan komputer yang terhubung ke internet akan memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain diberbagai negara

Mudah Mengakses Informasi

Dengan adanya internet, maka kamu juga bisa dengan mudah mengakses berbagaimacam sumber informasi termasuk mengakses artikel ini.

Mudah Sharing Perangkat

Dalam lab komputer atau warnet biasanya terisi hingga 10-20 komputer, dan hanya menggunakan 1 printer saya yang biasanya di tempatkan pada komputer server. Dengan adanya jaringan komputer, maka semua komputer bisa mencetak dokumen/print tanpa harus memindahkan terlebih dahulu printernya karena sharing perangkat printer bisa dilakukan pada jaringan komputer.

Itulah ulasan tentang manfaat jaringan komputer dan juga pengertiannya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bari kamu yang membutuhkan pengetahuan lebih tentang jaringan komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *