Begini Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Terbaru
Begini Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Terbaru

Begini Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Terbaru

Kartu BPJS adalah hal yang sangat penting bagi para pekerja dan anggota keluarganya, yang mana dengan kartu BPJS kesehatan bisa berobat secara gratis. Selain itu, para pekerja juga wajib mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan agar ada perlindungan uang pensiun setiap tenaga kerja.

Nah diartikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online langsung dari HP kamu ( via SMS, Aplikasi, website) ataupun datang langsung ke kantor cabang BPJS.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan?

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan adalah Salah satu lembaga hukum publik yang didirikan oleh pemerintah yang bertugas untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja di Indonesia. Kartu Anggota BPJS Ketenagakerjaan ini bisa juga dimiliki oleh Warga negara asing yang sudah bekerja di Indonesia minimal 6 bulan.

👉 TRENDING:  BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Akan Kembali Cair, Cek Disini Jadwal dan Cara Daftarnya!

BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki fungsi seabgai pelindung seluruh pekerja di Indonesia melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan, program-program itu adalah:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  2. Jaminan Kematian (JK)
  3. Jaminan Hari Tua (JHT)
  4. Jaminan Pensiun (JP)

Selain 4 program jaminan sosial itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan manfaat tambahan lainnya untuk para peserta dan keluarganya seperti perumahan pekerja hingga mendapatkan promo atau diskon belanja dengan syarat cukup menunjukkan kartu bpjs ketenagakerjaan saja.

3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh para pekerja yang memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dimana mereka bisa mencairkan uang JHT ketika sudah tidak bekerja. Oleh sebab itu, bagi para pekerja yang belum terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung mendaftarakan diri.

Adapun yang sudah terdaftar dan ingin mengecek saldo kartu JHT atau jaminan pensiun adalah sebagai berikut :

Cek Saldo Via Aplikasi BPJSTKU

cek saldo bpjs ketenagakerjaan via aplikasi

Bagi para pengguna smartphone android ataupun iPhone, cara untuk cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung online dari HP kamu dengan cara mendownload terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU.

👉 TRENDING:  Daftar Alamat Dan Nomor Telepon Kantor Wilayah / Kantor Cabang BANUSPA (Bali, Nusa, Papua)

Aplikasi BPJSTKU ini banyak sekali manfaatnya, selain untuk mengecek saldo, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai kartu bpjs digital, lapor kecelakaan, Daftar peserta Penerima upah (PU), Bukan penerima upah (BPU) dan pekerja migran Indonesia (PMI), e-klaim JHT, antrian online dan masih banyak lagi fitur didalamnya.

Untuk cek saldo JHT, kamu bisa lakukan dengan cara download aplikasinya dan daftar langsung dari aplikasi tersebut. Adapun persyaratan daftar akun aplikasi BPJSTKU ini adalah sebagai berikut :

  • Nama Lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) E-KTP
  • Nomor KPJ yang ada di Kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan
  • Tanggal Lahir
  • Nomor Telepon Aktif
  • Email Aktif

Lakukan pendaftaran seperti tutorialnya, dan setelah sukses daftar, kamu bisa langsung login dan pilih menu cek saldo JHT.

Cek Saldo Via Website

link website untuk cek saldo bpjs

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui website resmi bpjs di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

👉 TRENDING:  Cara Klaim / Mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Syaratnya adalah kamu harus memiliki akun terlebih dahulu, jadi klik menu daftar pengguna untuk membuat akunnya. Berikut ini data-data yang harus disiapkan untuk proses mengisi formulir pendaftara akun di website bpjs.

  • Nomor KPJ Aktif yang akan didaftarkan
  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • NIK E-KTP
  • Nama Ibu Kandung
  • Nomor Hp
  • Email

Cek Saldo JHT Via Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cek saldo jht di kantor bpjs ketenagakerjaan

Cara ini bisa kamu coba ketika merasa bingung untuk mendownload aplikasi ataupun daftar akun di website resminya. Cukup dengan mendatangai kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dikotamu dan antri seperti biasanya.

Tentunya ada persyaratan yang harus kamu bawa yaitu KTP dan juga Kartu JHT BPJS Ketenagakerjaannya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mengecek saldo di BPJS Ketenagakerjaan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu anda jadi lebih mudah.