cara cek nomor resi gosend

Tips & Trik: Begini Cara Cek Resi GOSEND Dari Layanan Gojek Untuk Melacak Kiriman Paket Belanja Online

Gojek saat ini bukan hanya sebagai layanan transportasi online saja, tetapi hadir juga sebagai penyedia layanan antar paket, barang, dan juga hadir sebagai jasa pengiriman di ecommerce di Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, Blibli, JD.id dan yang lainnya.

Dengan layanan GO-SEND Sameday, gojek bekerja sama dengan ecommerce yang ada di Indonesia untuk menjadi jasa pengiriman cepat khusus untuk mereka-mereka yang berbelanja dan masih satu daerah dengan toko onlinenya. Nah, sekarang kamu yang berbelanja online dan menggunakan layanan pengiriman dari Gojek bisa melakukan cek resi Gosend untuk melacak proses pengirimannya. Bagaimana caranya?

Adanya fitur cek resi ini pasti sangat membantu mereka yang menggunakan layanan Gosend Sameday saat berbelanja online, karena ketika kamu sudah melakukan pembayaran untuk barang-barang belanja onlinenya, maka pihak toko akan memproses dan mengeluarkan nomor resi gosend agar kamu bisa mengetahui lokasi produk yang dibeli tersebut. Apakah sudah dipickup/di ambil oleh kurirnya atau belum.

Selain itu, fungsi dari cek resi gosend ini tentunya akan memudahkan pemilik barang untuk menghubungi si driver atau kurik gojeknya. karena ketika si toko online tersebut sudah mengeluarkan nomor resinya dan sudah diambil oleh kurir, maka kamu bisa menghubungi kurirnya jika ingin menyampaikan pesan ataupun menanyakan posisi pengantarannya.

3 Cara Cek Resi GO-SEND dari Gojek

 

cara cek resi gosend belanja online ecommerce
cara cek resi gosend belanja online ecommerce

ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak go-send dari nomor resi yang didapatkan dari ecommerce seperti shopee, lazada, tokopedia dan yang lainnya.

1. Cek Resi Go-Send Via Aplikasi Gojek

Cara pertama ini adalah layanan gosend atau antar paket/barang antar individu, bukan dari layanan ecommerce. Layanan seperti ini banyak digunakan oleh penjual online yang memasarkan produk atau barangnya via sosial media seperti Instagram, Facebook, ataupun via Whatsapp saja. Nantinya mereka-mereka yang melakukan order harus mentransfer sejumlah uang (harga produk+biaya kirim) ke kerening sipenjual, nah barus setelah baru sipenjual akan mengirimkan barang ataupun makanan yang sudah dibeli ke alamat sipembelinya.

Dengan aplikasi gojek, sipenjual dengan mudah memantau keberadaan driver/kurir yang mengirimkan barangnya kepembeli dan menginformasikan secara detail posisi drivernya.

2. Cek resi Gojek dari Aplikasi Belanja Online

Ketika kamu berbelanja online di salah satu ecommerce dan menggunakan layanan pengiriman cepat go-send dari gojek, maka untuk mengecek nomor resi gosendnya harus melalui aplikasi belanja online tersebut.

Resi Go-send hanya bisa dilacak menggunakan aplikasi belanja online seperti Lazada, Shopee, Bukalapak dan yang lainnya sesuai dengan yang kamu gunakan untuk berbelanja online. Cek resi layanan Gosend Sameday ataupun Gosend Instant Delivery bisa kamu lakukan ketika orderkan kamu sudah dikirimkan oleh sipemilik toko.

Gojek telah resmi menghadirkan fitur pelacakan kiriman barang (live tracking) untuk layanan GO-SEND, yang mana fitur ini bisa digunakan untuk cek resi belanja online dari berbagai ecommerce partner seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, dan lainnya.

Dengan adanya layanan cek resi Gosend, ini akan mempermudah para pembeli yang ingin melacak proses pengiriman barang belanjaan onlinenya yang mana saat checkout memiliki jasa pengiriman GO-SEND dari gojek (Same Day Delivery atau Instant Delivery).

Berikut adalah langkah-langkah untuk melacak kiriman atau cek resi GO-SEND belanja online:

  1. Setelah kamu berbelanja di ecommerce dan memilih jasa pengiriman dengan gosend, maka nanti kamu akan mendapatkan SMS notifikasi dari Gojek.
  2. SMS itu adalah berupa informasi tentang barang yang dibeli sedang diproses oleh kurir GO-SEND dan di sms itu juga ada link url  pelacakan barangnya
  3. Ketika kamu Klik link tersebut, maka secara otomatis akan diarahkan ke web browser di HP dan menampilkan live tracking atau pesanan kamu.
  4. Dari link itu kamu bisa melihat secara detail tentang Nomor Pesanan, Order Description (Deskripsi Pesanan), Drop Location (Lokasi Pengiriman), EST. PICKUP (Perkiraan Pengambilan Barang), EST. DELIVERY (Perkiraan Barang Sampai), dan ORDERED ON (Waktu Melakukan Pemesanan)
  5. Selain itu Anda juga dapat melihat fitur pelacakan kiriman atau cek resi seperti Order Confirmed (Pesanan Dikonfirmasi), Driver Assigned (Kurir GO-SEND), Out for Pickup (Kurir Mengambil Barang), Pick Up Complete (Barang Diterima Kurir) hingga Delivered (Barang Sudah Sampai).

3. Cek Resi Gosend Via Call Center

cara lain untuk cek resi go-send adalah bisa menghubungi Call Center Gojek agar bisa mendapatkan informasi lebih lanjut keberadaan barang yang dikirimkan ataupun posisi driver yang mengantar barangnya.

Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan keluhan atau masalah yang terjadi saat proses pengiriman barang dengan layanan Gosend sameday ataupun gosend instant delivery. Kamu akan dibantu untuk pengecekan masalahnya secara cepat.

Perbedaan GO-SEND Sameday dan Instant Delivery

Diatas tadi ada menyebutkan bahwa gosend ini terdiri dari 2 layanan yaitu Gosend Sameday dan Gosend Instant Delivery. Apa saja sih perbedaannya dari kedua layanan tersebut?

Jadi kedua layanan ini memang memiliki perbedaan, baik dari tingkat waktu pengirimannya dan juga taris yang dikenakannya. Tetapi ada juga persamaannya antara Gosend Sameday dan Instant Delivery ini yaitu sama-sama batas maksimal waktu pengatarannya adalah 8 Jam yang dihitung sejak barang/paket sudah diambil oleh kurir atau driver gojeknya. Adapun perbedaanya adalah sebagai berikut :

GO-SEND Sameday

Gosend sameday ini mirip atau sama dengan layanan dari GrabExpress sameday yang bisa digunakan ketika memilih jasa pengiriman belanja online di ecommerce. Ada kelonggaran waktu hingga 8 jam ketika barang sudah diambil oleh driver.

Jadi ketika kamu menggunakan layanan ini dan ketika cek resi gosend sameday, lalu barangnya sudah dikurir, kamu bisa menunggu hingga batas waktu yang telah ditentukan yaitu maksimalnya 8 jam.

GO-SEND Instant Delivery

Layanan Gosend Instant Delivery ini layanan antar langsung dan jika kamu menggunakan layanan instant delivery ini, kamu bisa menerima paket atau barang belanja onlinenya dalam waktu kurang lebih 2 jam. Sayangnya layanan ini belum hadir keseluruh kota, hanya sebagain saja yang bisa menggunakan layanan Gosend Instant Delivery yaitu Jabodetabek dan beberapa area di kota Bandung dengan jarak pengantarannya maksimal 40kilometer.

Nah dengan adanya layanan live tracking dan cek resi ini, kamu tidak usah lagi khawatir akan barang yang dibeli tidak sampai. semuanya bisa kamu lacak dengan mudah.

cek resi lazada language:id -