wifi digunakan orang lain

Wifi Dirumah Lemot? Mungkin Ada Orang lain Yang Pakai, Begini Cara Mengetahuinya

Memiliki koneksi internet dengan Wifi di rumah adalah solusi terbaik untuk menghemat pembelikan paket internet dari provider seluler. Keunggulan dari koneksi internet dengan Wifi ini adalah kecepatannya dan juga lebih stabil, tapi bagaimana jika koneksinya tiba-tiba lambat?

Cara terbaik untuk mengetahui kenapa koneksi internet Wifi dirumah menjadi lambat adalah dengan mengetahui jumlah perangkat yang terhubung, bisa jadi ada perangkat orang lain yang berhasil tersambung ke wifi kita dan menyebabkan kelebihan penggunaannya.

Koneksi internet wifi dirumah yang tiba-tiba lambat memang banyak faktornya, mulai dari jaringan dari pusatnya sedang jelek, sudah melebihi batas maksimal kuota dan bisa juga wifi dipakai oleh orang lain. Tapi sebelum menuduh sembarang, ada baiknya untuk mengecek perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan wifi. Caranya adalah sebagai berikut :

Cara Mengetahui Wifi Kita Digunakan Orang Lain

Ada 2 cara untuk mengetahui apakah koneksi wifi kita digunakan oleh orang lain yaitu, secara manual dengan mengecek lampu router wirelessnya dan secara online dari login ke WPA. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan detail berikut ini :

Baca Juga:  Bunda, Ini Ada Tips Aman Berinternet Untuk Anak Dari Google!

Cek Lampu Wirless Router

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan melihat indikator lampu penggunaan di router yang terus berkedip pada lampu WLAN. Nah untuk mengetahui apakah ada orang lain yang menggunakan koneksi wifinya adalah dengan cara memutuskan koneksi wifi semua perangkat anda, mulai dari HP, TV, Laptop/Komputer.

Jika semua sudah tidak tersambung, tetapi lampu WLAN nya masih terus berkedip, berarti dugaan and sudah benar bahwa ada orang lain yang menggunakan jaringan Wifinya. Solusinya adalah dengan cara mengganti password wifinya.

Periksa Daftar Pengguna Wifi Secara Online

Cara yang kedua untuk mengetahui apakah wifi digunakan oleh orang lain adalah dengan cara login ke router wifinya di 192.168.1.1 . Untuk username dan passwordnya bisa sesuaikan dengan provider atau penyedia layanan wifi yang anda gunakan.

Nah dengan cara ini anda bisa mengetahui jumlah perangkat yang terhubung secara detail. Mulai dari tipe perangkatnya, mereknya, hinga ke MAC Addressnya.

Solusinya adalah segera ganti password wifi anda dan jangan disebarkan lagi pada orang lain jika memang tidak ingin koneksi internetnya jadi lambat.

Baca Juga:  Cara Mudah Instal Aplikasi di Laptop Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *