Cara Mudah Share File dan Dokumen di Google Drive

Cara Mudah Share File dan Dokumen Yang Ada di Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan cloud storage atau media penyimpanan secara online yang dimiliki Google dan bisa diakses secara gratis oleh pemilik akun Gmail. Layanan ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin menyimpan file ataupun dokumen penting di internet.

Keuntungan menggunakan layanan cloud storage dari Google Drive tentunya anda tidak perlu lagi “ribet” membawa media penyimpanan seperti flashdisk ataupun HD External. Cukup dengan adanya akses internet, anda bisa mengakses file-file penting anda yang tersimpan di google drive.

Layanan penyimpanan file dan dokumen paling populer ini memberikan kapasitas sebesar 15GB secara gratis. Jika merasa itu kurang besar untuk menyimpan file ataupun dokumen, anda bisa mengupgrade akun dengan cara berlangganan/membayar biaya sewa untuk meningkatkan kapasitar hingga 100 GB atau maksimal 30 TB.

Lantas, bagaimana cara berbagi file lewat Google Drive? Berikut adalah langkah-langkah untuk membagikan file via Google Drive yang dirangkum dari laman tekno.kompas.com

Share File/Dokumen Di Google Drive

Google Drive Versi Desktop

share file di google drive

  1. Pertama-tama buka halaman drive.google.com dan pastikan Anda telah login dengan akun Google masing-masing.
  2. Kemudian, pilih dan unggah file yang ingin Anda kirim dengan cara mengetuk tombol “+ New” dan pilih menu ” File upload”.
  3. Setelah memilih dan mengunggah file yang dikehendaki, akan ada jendela pop-up yang menampilkan proses upload file. Jika proses pengunggahan sudah selesai, klik ikon “Show file location” di sebelah kanan jendela tersebut.
  4. Beberapa saat kemudian, Anda akan disodorkan dengan file yang tadi diunggah.
  5. Klik kanan file itu dan pilih menu “Share”.
  6. Lalu, bakal muncul jendela yang mengharuskan Anda untuk memasukkan alamat e-mail pengguna yang ingin dikirimkan file tersebut.
  7. Masukkan alamat e-mail penerima file di kolom “People” dan berikan sedikit keterangan (notes) di kolom yang mengikutinya. Terakhir, klik tombol “Send”.
Baca Juga:  Begini Cara Membuat Twibbon Tema Hari Kartini Secara Online!

Google Drive Versi Mobile/Aplikasi

share dokumen di google drive mobile

Selain versi desktop, Anda juga bisa mengirim file lewat aplikasi Google Drive versi mobile (Android & iOS). Caranya sendiri cukup mudah dan hampir sama dengan Google Drive versi desktop.

  1. Buka aplikasi Google Drive di smartphone masing-masing dan klik tombol “+” dan ketuk ikon “Upload”.
  2. Jika sudah, pilih file yang ingin Anda kirim di tampilan file browser yang tersedia.
  3. Setelah itu, Google Drive akan secara otomatis mengunggah file tersebut sesaat setelah pengguna memilih file atau meng-klik tombol “Open” (jika file yang ingin di-upload lebih dari satu).
  4. Setelah proses upload selesai, cari dan pilih file yang telah diunggah tadi dan klik ikon “tiga dot” di sebelah kanan nama file tersebut. Lalu, ketuk menu “Share”.
  5. Sama seperti versi desktop, pengguna diharuskan untuk memasukkan alamat e-mail tujuan file sesaat setelah meng-klik menu “Share”. Setelah mengisi informasi yang diperlukan, klik tombol “Send”

Berbagi Link Dokumen Google Drive Tanpa Invite Email

bebagi link dokumen google drive

Sebenarnya, ada cara lain untuk berbagi / share file dan juga dokumen yang tersimpan di google drive. Cara lain untuk berbagi file dan dokumen di google drive ke semua orang tanpa harus memberikan ijin akses adalah dengan cara “Dapatkan Link”.

Baca Juga:  Google Segera Luncurkan Sistem Operasi Terbaru Android 11 Beta

Caranya adalah klik kanan di file/dokumen yang akan di bagikan, kemudian pilih dapatkan link dan setelah itu ganti pilihan “Dibatasi” menjadi “Siapa saja yang memiliki link”. Setelah itu salin link tersebut dan bagikan di sosial media, website/blog agar semua orang bisa mengakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *