Begini Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online Dari Smartphone
syarat dan cara bayar pajak mobil secara online

Begini Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online Dari Smartphone

Teknobgt.com Pajak Mobil Online, Membayar pajak adalah suatu kewajiban bagi warna negara Indonesia, salah satunya adalah pajak kendaraan Mobil yang wajib dibayar setiap tahunnya. Ada solusi cerdas yang ingin membayar pajak mobilnya dimasa pandemi covid-19 ini yaitu secara online dan dengan aplikasi inipun kamu bisa cek pajak mobil online langsung dari smarphone anda.

Jadi tidak perlu lagi datang ke Kantor Samsat terdekat untuk mendaftar dan mengantri proses bayar pajak tahunan kendaraan mobil anda. Karena dengan cara bayar pajak mobil secara online menjadi solusi terbaik untuk mengurangi bertemu dengan banyak orang untuk mencegah tertularnya virus corona / covid-19.

Dimasa-masa seperti ini memang sangat tepat jika kita memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk solusi metode pembayaran seperti proses pembayaran pajak mobil via online dari smartphone ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Ada beberapa persyaratan yang wajib anda siapkan jika ingin mencoba cara ini, diataranya adalah :

e-tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak mobil

Syarat Bayar Pajak Mobil Secara Online

Adapun persyaratan yang wajib anda siapkan adalah sebagai berikut (dilansir dari laman Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat) :

  1. Status kendaraan yang akan dibayarkan pajak tahunannnya tidak dalam status blokir kendaraan atau blokir data kepemilikan
  2. Anda selaku wajib Pajak  harus memiliki telepon dan nomor seluler yang aktif (nantinya untuk menerima kode pembayaran yang dikirimkan melalui SMS)
  3. Wajib Pajak Memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA
  4. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang satu tahunan
  5. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK (5 tahunan)
  6. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari enam bulan dari masa jatuh tempo
  7. Wajib Pajak adalah perseorangan jadi bukan atas nama perusahaan (bukan badan usaha/yayasan /badan sosial).
👉 TRENDING:  Mulai Sekarang, Beli Game di Steam Akan Dikenakan Pajak

Langkah-Langkah Bayar Pajak Mobil Secara Online

samsat online nasional

 

  • Langkah pertama adalah install terlebih dahulu aplikasi Samsat Online Nasional dari Playstore (masih untuk para pengguna Android, untuk pengguna iOS/ iPhone belum tersedia)
  • Kemudian buka aplikasi Samsat Online Nasionalnya dan klik menu “Pendaftaran” agar bisa melanjutkan proses bayar pajak secara online.
  • Setelah menekan tombol tersebut akan tampil popup pemberitahuan seperti ini “Perhatian, TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK,”
  • Ada pilihan setuju dan tidak setuju, apabila ingin melanjutkan pembayaran pajak via onlinenya klik tombol setuju.
  • Setelah itu akan tampil formulir yang harus diisi wajib pajak, yakni nomor polisi, NIK, 5 digit terakhir nomor rangka, nomor telepon, dan email
  • Sebelum menekan “Lanjutkan” pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah mengisi datanya dengan benar.
  • Jika data benar, maka akan ditampilkan data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya dan besaran pajak yang harus dibayarkan
  • Kemudian anda tinggal tekan tombol ‘Setuju’ untuk mendapatkan kode bayar. Kode bayar digunakan sebagai tanda pembayaran kepada alat pembayaran elektronik yang telah bekerjasama.
  • Jika kode bayar sudah keluar, maka anda tinggal membayarnya menggunakan mesin ATM ataupun mobile banking. Yang perlu diingat adalah maka aktif kode bayarnya itu hanya berlaku 2 jam saja
  • Setelah melakukan pembayaran, pemilik akan dikirimi E-TBPKP oleh pihak Samsat yang berlaku selama 30 hari sejak hari pembayaran.
  • Dalam rentang 30 hari, pemilik tetap harus datang ke Samsat untuk mengesahkan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau struk pembayaran.
👉 TRENDING:  Mulai Sekarang, Beli Game di Steam Akan Dikenakan Pajak

Nah jadi anda tetap harus hadir ke kantor samsat, tetapi hanya untuk mengesahkan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau struk pembayaran. Tidak perlu lagi mengantri lama lagi dengan aplikasi ini kamu bisa bayar pajak mobil online dan cek pajak mobil online.

cara untuk membayar pajak mobil melalui online -