Masih Bingung Cara Screenshot di Hp Android? Ini Langkah Mudahnya Untuk Semua Merek
cara screenshot di hp android

Masih Bingung Cara Screenshot di Hp Android? Ini Langkah Mudahnya Untuk Semua Merek

Untuk para pengguna smartphone, saat ini yang namanya “Screenshot” menjadi salah satu cara paling efektif dan cepat untuk menyimpan tampilan layanya di galeri foto. Tapi itu jadi membinungkan ketika belum mengetahui bagaimana cara screenshot di Hp / Smartphone, dan itu terjadi biasanya pada anak-anak atau orang tua yang masih awam menggunakannya.

Pekembangan teknologi saat ini memang memaksa semua orang untuk belajar hidup berdampingan dengan berbagaimacam perangat canggih dan salah satunya adalah Handphone ini, Bahkan bisa menjadi sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya para pegiat usaha yang menjalankan strategi jualan online, pasti akan tidak bisa lepas dari namanya Hp, karena memang menjadi media komunikasi dengan calon pembelinya.

Hp / Smartphone sekarang bukan hanya untuk sekedar komunikasi telepon atau sms saja, tetapi dengan didukung teknologinya yang semakin canggih anda bisa membantu anda untuk menyimpan apa saja yang anda tampilkan di layar atau screenshot, seperti screenshot chatting whatsapp, screenshot gambar di social media (facebook / instagram) , Screenshot video untuk mengambil gambar di scene yang ingin anda simpan dan masih banyak lainnya.

Apakah semua merk hp (Asus, Zenfone, Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi) bisa melakukan screenshot? simak penjelasan tentang bagaimana cara screenshot di HP dengan berbagai macam merek :

Cara Screenshot di Semua Merek Hp

Berikut ini adalah beberapa cara screenshot di hp dengan bantuan aplikasi tambahan ataupun dengan cara 3 jari. Semuanya akan dijelaskan sesui dengan merek atau tipe HP.

Cara Screenshot Untuk Hp Samsung

cara screenshot di hp samsung

Yang pertama kita akan membahas bagaimana cara screenshot di Hp Samsung untuk semua tipe seperti Samsung Duos, A10, A20s, A30s, A50s, A51, Samsung J2 Prime sampai ke Hp samsung paling terbaru.

Sebenarnya caranya ini sangatlah mudah karena cukup dengan satu gerakan saja, maka anda sudah bisa melakukan screenshot. Tapi untuk yang belum tau pasti bingung jika tidak diberi tahu bagaimana caranya. simak selengkapnya dibawah ini :

Screenshot Samsung dengan Cara Swipe Layar

Cara yang pertama ini adalah caya yang paling mudah untuk anda lalukan, cukup dengan cara mengusapkan jari dari kiri kekanan, tunggu sebenar maka suara shutter kamera akan terdengan dan layar hp anda berkedip, itu berarti proses screenshotnya berhasil tersimpan ke memori.

Jika tidak ada respon dari Hp anda, bisa jadi fitur tersebut belum diaktifkan, tetapi sebenarnya secara default atau bawaan aslinya, fitur ini sudah langsung aktif. Nah untuk mengecek pengaturan tersebut, bisa anda lihat caranya dibawah ini :

  1. Langkah pertma adalah masuk ke menu Settings kemudian pilih Advanced features atau untuk melakukan fitur yang lama dengan cara Setting  dan pilih Motions and gestures.
  2. Selanjutnya adalah lik fitur Palm swipe hingga muncul tanda centang.
  3. Setelah semua proses pengaturannya selesai, anda bisa langsung mencoba screenshotnya dengan cara swiping layar HP.

Note : Sebagai informasi tambahan, Cara ini hanya bisa dilakukan untuk hp samsung yang diril pada tahun 20144 seperti samsung galaxy S4 dan beberapa tipe diatas.

Screenshot di Hp Samsung dengan Tombol Home

Selanjutnya adalah dengan cara menekan tombol kombinasi. Nah cara ini bisa dilakukan untuk Hp Samsung yang memiliki tomobol Home saja ya atau versi lama. berikut secara detailnya :

  1. Pertama pastikan layar anda sedang tidak terkunci
  2. Kemudian tepan tombol power HP dengan home secara bersamaan.

Cara Screenshot Di Hp Asus

cara screenshot di hp asus zenfone 5

Pada kesempatan ini teknobgt.com akan mengulas bagaimana cara screenshot di Hp Asus dan Zenfone 5 sebagai contoh ditutorial kali ini.

Tombol Recent App

Anda pasti tau kan posisi tombol recent app ini? ya letaknya ada dibawah layar yang sejajar dengan tombol home dan return. Fungsi dari tombol recent app ini adalah jika anda tekan maka akan menampilkan aplikasi-apilikasi yang baru saja anda buka. Tapi selain itu ternyata tombol ini bisa digunakan untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar di hp Asus Zenfone 5 anda. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah posisikan layar Hp Asus Zenfone 5 anda ini dalam membuka aplikasi atau dokumen yang akan discreenshot
  2. Kemudian tekan tomobol Recent App ini selama 3 detik atau sampai terdengar suara shutter kamera yang menandakan proses screenshot berhasil yang langsung menyimpan hasilnya di dalam folder galeri foto.
👉 TRENDING:  Cara Mudah Untuk Menghubungkan HP Ke TV Biasa

Tapi jika anda mengalami kendala tidak mau melakukan screenshot ketika menekan tombol recent Appnya, bisa jadi itu penyebabnya adalah belum diaktifkan, cara mengkatifkannya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings kemudian pilih ASUS Customized Setting
  2. Setelah itu pilih Recent Apps Key atau jika anda menggunakan bahasa Indonesia pilih “tombol aplikasi terkini”
  3. Tunggu sampai muncul halaman baru yang isinya ada opsi pemilihan.
  4. Pilih Tap and Hold to Capture Screen untuk mengaktifkan tombol recent app tersebut agar bisa digunakan untuk screenshot.

Screenshot Dengan Kombinasi Tombol Power + Volume

Cara lain untuk screenshot di Hp Asus Zenfone 5 dan tipe lainnya adalah dengan memanfaatkan tombol kombinasi antara tombol Power + Volume Down. Tekan secara bersamaan kedua tombol tersebut dan tahan beberapa detik hingga terdengar suara shutter kamera yang menandakan proses tangkapan layarnya berhasil.

Anda juga bisa menggunakan cara ini, yaitu dengan cara menekan tombol Power dalam beberapa detik hingga muncul pilihan atau opsi Matikan perangkat, Menyalakan Ulang dan Screenshot. Pilih opsi screenshot jika anda ingin memproses tangkapan layarnya (Proses screenshot dengan tombol power ini dicoba pada perangkat Hp Asus Zenfone Max Pro M2 , yang dikutip dari carisinyal.com).

Cara Screenshot di Hp Vivo

cara screenshot di hp vivo

Ditutorial kali ini teknobgt.com akan mencoba memberi tips bagaimana cara screenshot di Hp Vivo Y91 dan cara ini juga tentu bisa digunakan untuk Hp Vivo lainnya. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama adalah buka Dokumen, halawan web atau aplikasi yang ingin anda screenshot’
  2. Kemudian untuk proses screenshotnya adalah dengan cara menekan tombol Power + Volume Down
  3. Tahan sampai ada suara shutter kamera dan layar seperti berkedip, berarti proses screenshotnya berhasil
  4. File atau gambar hasil tangkapan layarnya ada di dalam folder galeri foto.

Cara menekan tombol kombinasi Power dan Volume ini merupakan cara screenshot yang sama seperti smartphone android lainnya. Nah di Hp Vivo, ada fitur S-Capture yang menjadi andalannya. Fitur ini adalah bawaan dari FunTouch OS.

Jika anda ingin menggunakan fitur bawaan dari FunTouch OS ini, Cukup dengan mengusap layar dari bawah ke atas (membuka Control Center) setelah membuka area, halaman atau aplikasi yang akan anda screenshot.

Cara Screenshot di Hp Oppo

screenshot hp oppo

Cara screenshot Oppo ini sangatlah mudah, tapi bagi para pengguna baru atau awam menggunakan smartphone pasti mengalami kesulitan karena memang belum mengetahui bagaimana cara screeshot di Hp Oppo, Nah beri tini ada ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar, diantaranya adalah :

  1. Menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Down, tekan secara bersamaan sampai terdengar suara atau bunyi shutter kamera. Sama dengan merek lainnya Hp Oppo bisa menggunakan fitur kombinasi ini. (pastikan Hp anda sudah menampilkan apa yang akan discreenshot sebelum menekan tombol kombinasinya).
  2. Menggunakan kombinasi tombol Power + Volume UP. Cara ini hampir sama tetapi memiliki fitur yang berbeda. jika anda menggunakan kombinasi ini, maka anda bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot di area tertentu saja, bisa lebih kecil atau juga bisa lebih panjang (tangkapan layar panjang).
  3. Menggunakan Fitur Quick Gesture. Fitur menarik dari Oppo ini memungkinkan anda untuk melakukan berbagai macam perintah seperti membuka kunci layar, melakukan tangkapan kamera dan juga bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot. Anda tidak perlu menambahkan aplikasi tambahan lagi, karena ini memang fitur bawaannya. Screenshot dengan 3 jari di hp Oppo ini memudahkan anda jika dibandingkan dengan cara menekan tombol kombinasi.

Cara Screenshot di Hp Xiaomi

screenshot 3 jari di hp xiaomi

Berikut ini beberapa cara untuk screenshot atau tangkapan layar di Hp Xiaomi :

Tombol Kombinasi Home + Volume Bawah

Sama seperti smartphone android lainnya, dengan menekan tombol kombinasi Home + Volume bawah, maka Hp Xiaomi anda akan melakukan screenshot atau tangkapan layar.

Menggunakan Pilihan Menu

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan pilihan menu yang namanya Screenshot dengan “logo gunting”. Drag atau tarik Notification bar dari atas kebawah yang ada menu sinyal, data, senter, bluetoth danlainnya. Kemudian cari icon Screenshot “logo gunting” dan buka menu tersebut maka otomatis tangkapn layarnya tersimpan di galeri

👉 TRENDING:  Masih Bingung Cara Screenshot di Laptop dan Komputer?

Menggunakan 3 Jari

Fitur screenshot di Xiaomi dengan 3 jari saat ini secara otomatis sudah aktif, tapi jika di Xiaomi anda belum bisa, maka coba atur kembali pengaturannya seperti ini :

  1. Langkah pertama  adalah masuk ke menu Pengaturan
  2. Kemudian pilih Additional Settings dan pilih menu Screenshot
  3. Setelah itu akan muncul Mode Slide Three Finger to Take a Screenshot
  4. Geser untuk mengaktifkannya. Gesek kebawah layar yang ingin di screenshot menggunakan 3 jari.

Long Screenshot from Redmi

Hp Xiaomi juga didukung dengan fitur Long Screenshot atau tangkapan layar panjang. cara ini hanya bisa digunakan utnuk Xiaomi MIUI 8 Keatas. Langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih layar yang ingin Anda Screenshot (tangkap layar)
  2. Kemudian tekan tombol volume bawah + Tombol daya
  3. Ketuk ikon animasi dari atas lalu gulir kebawah layar yang Anda ingin screenshot terakhir hanya tinggal di set semua.

Cara Screenshot Panjang / Tangkap Layar Panjang

cara menggunakan tangkapan layar panjang

Jika anda ingin melakukan tangkapan layar panjang atau Screenshot panjang dari smartphone android, maka bisa menggunakan 2 aplikasi dibawah ini. Screenshot panjang ini biasanya digunakan untuk menangkap layar dari sebuah halaman website yang tentunya jika dibuka dari Hp / smartphone jadi lebih panjang.

Aplikasi LongShot

Aplikasi LongShot Android

Aplikasi Longshot ini bisa membantu anda untuk melakukan tugas menangkap layar panjang dari sebuah halaman website. Jadi dengan aplikasi ini anda bisa menangkap seluruh konten yang ada dihalaman website tersebut (dari atas sampai bawah).

Leav Jenn sebagai developer dari aplikasi Longshot ini menawarkan layanan gratis dan juga berbayar. Berikut ini cara menggunakan aplikasi LongShotnya :

  1. Langkah pertama adalah download terlebih dahulu Aplikasi LongShot di Google Playstore atau bisa langsung klik disini
  2. Kemudian buka aplikasinya dan tinggal memilih opsi tangkap halaman web.
  3. Setelah itu aplikasi ini bisa menjadi sebagai browser, anda tinggal mengetikkan website apa yang akan ada screenshot / tangkap layar panjangnya.

Scroll Capture for Web

Aplikasi lainnya yang bisa screeshot halaman website adalah Scroll Capture for Web yang bisa anda download disini. Aplikasi ini lebih mudah digunakan. Anda tinggal buka aplikasi Scroll Capture kemudian masukan link website yang ingin Anda screenshot. Kemudian tinggal tap tombol screenshot yang ada di tengah bawah.

Aplikasi Untuk Screenshot di Hp Android

Setiap Hp / Smartphone Andoroid (Samsung, Asus, Vivo, Oppo, Xiaomi, LG,dan lainnya) memiliki fitur bawaan untuk melakukan tangkapan layar/screenshot, tetapi banyak juga aplikasi di google playstore yang memberikan layanan screenshot ataupun capture. Tentunya, aplikasi-aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri. Berikut ini beberapa aplikasi screenshot yang bisa anda coba :

Screenshot Capture ( Download Disini )

Screeshot Capture APlikasi Android

Aplikasi Screenshot Capture ini cukup mudah untuk digunakan, anda bisa menangkap layar, mengedit dan hasilnya bisa langsung di bagikan keseluruh teman anda. Ada yang unik dengan aplikasi Screenshot capture ini, yaitu anda bisa melakukan perintah screenshot dengan suara saja dan bisa juga dengan menggoyangkan hp anda, otomatis  nanti akan menangkap layar dengan sempurna.

Anda juga bisa menambahkan catatan atau coretan dihasil tangkapan layarnya, seperti menambahkan garis, ataupun bentuk lainnya. Kemudian terdapat juga Filter Gambar yang bisa merubah warna dan pencahaan hasil tangkapan layarnya / screenshot, banyak pilihan filternya seperti : Boost, Brightness, Color Depth, Contrast, Emboss, Gamma, Gaussian, Gray scale, Hue, Invert, Noise, Rotate, Saturation, Sepia, Sharpen, Sketch & Vignette.

Screenshot Touch ( Download Disini )

Aplikasi Screenshot Touch Android

Aplikasi Screenshot lainnya untuk Smartphone android adalah Screenshot Touch layak sekali untuk anda coba gunakan, karena memiliki fitur yang mudah digunakan dan anda bisa dengan mudah melakukan screenshot dengan hanya menyentuh layarnya saja. Anda juga bisa merekam video layar, jadi ketika anda nonton youtube dan ingin menyimpan beberapa cuplikannya, anda bisa menggunakan aplikasi Screenshot Touch ini untuk merekam video tersebut.

Fitur-fitur lainnya adalah sebagai berikut :

  • Tangkap layar cukup dengan sentuhan (Area notifikasi, ikon overlay, guncangkan perangkat)
  • Rekam video cast layar ke mp4 dengan opsi (Resolusi, Frame rate, Bit rate, audio)
  • Bisa juga digunakan untuk Screenshot layar panjang seluruh halaman Web (dengan browser web dalam aplikasi) Ada dua cara untuk menggulir pengambilan. Salah satunya adalah dengan membagikan url di browser web dan pilih Screenshot Touch. Yang kedua adalah memanggil browser dalam aplikasi secara langsung dengan menekan ikon globe pada halaman pengaturan.
  • Penampil foto
  • Pemotong gambar (Pangkas rasio, putar)
  • Menggambar pada tangkapan layar (Pena, Teks, Persegi Panjang, Lingkaran, Cap, Opacity, dan sebagainya)
  • Berbagi gambar tangkapan layar ke aplikasi yang diinstal lainnya (dikontrol pengguna).
👉 TRENDING:  Link Download Lightshot, Aplikasi Screenshot PC / Laptop Windows dan Mac

Seperti itulah Cara screeshot atau tangkapan layar untuk semua jenis dan merek smartphone android. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang masih kebinungan bagaimana caranya untuk melakukan screenshot.