Begini Cara Mematikan Laptop Asus Windows 10
cara mematikan laptop asus windows 10

Begini Cara Mematikan Laptop Asus Windows 10

Bagaimana sih cara mematikan laptop asus yang menggunakan sistem opetasi (OS) Windows 10? pertanyaan seperti ini sering kita lihat di forum  atau komunitas online, yang sepertinya mereka baru membeli laptop dan kurang memahami cara pengoperasiannya dengan benar. Jika anda belum mengetahuinya juga, simak ulasannya berikut ini.

Shutdown merupakan istilah yang banyak digunakan dalam dunia teknologi untuk perintah mematikan perangkat komputer ataupun laptop. Perintah “shutdown” ini adalah bahasa inggris yang artinya “matikan”, jadi jika istilah ini digunakan untuk para pengguna laptop, berarti anda ingin mematikan laptop tersebut yang statusnya dalam keadaan hidup.

Saat ini Windows 10 menjadi sistem operasi (OS) yang direkomendasikan untuk para pengguna laptop ataupun Komputer, karena Windows 7 saat ini sudah resmi ditutup oleh Microsoft dan tidak ada update resminya lagi. Ada perbedaan memang dari sisi tampilannya, yang mana bagi anda yang sudah biasa menggunakan Windows 7 kemudian pindah ke Windows 10, pasti mengalami kebingungan untuk mencari menu, program ataupun perintah seperti cara mematikan laptop asus yang benar.

Cara Shutdown Laptop Dengan OS Windows 10

Sebenarnya, cara mematikan laptop Windows 10 ini bukan hanya untuk merk Asus saja, melainkan bisa juga untuk Komputer/PC ataupun merk laptop lainnya seperti HP, Lenovo, Axio, Acer Aspire, Dell, Toshiba dan merk lainnya, Intinya semua perangkat yang menggunakan Windows 10, maka cara shutdown atau mematikannya sama saja.

Melalui Star Menu

shutdown laptop windows 10
shutdown laptop windows 10

Cara yang pertama untuk mematikan laptop asus ini sangatlah mudah, tapi untuk mereka yang baru belajar menggunakan laptop, mungkin butuh panduan  step by stepnya agar tidak melakukan salah perintah. Adapun cara-cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah klik icon Windows yang ada di pojok kiri bawah, atau anda bisa juga dengan menekan tombol [Windows] yang ada di keyboard
  2. Kemudian setelah akan muncul popup window baru di samping kiri, pilih Power kemudian pilih Shutdown untuk mematikan laptop atau Komputernya.
👉 TRENDING:  Begini Cara Merubah Lokasi Folder Google Drive di Windows 10

Dengan Tombol Kombinasi Keyboard

alt F4 shutdown laptop windows 10
alt F4 shutdown laptop windows 10

Selanjutnya adalah cara mematikan laptop asus dengan keyboard, yang mana cara kedua ini adalah memanfaatkan Shortcut Keyboard atau menekan tombol keyboard secara bersamaan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah posisikan laptop atau komputer anda dalam posisi layar utama Dekstop atau meminimizekan atau close terlebih dahulu aplikasi yang sedang digunakan.
  2. Kemudian tekan tombol [ALT] dan [F4] di keyboard secara bersamaan.
  3. Maka akan muncul muncul popup Shut Down Windows. Pastikan anda memilih Shut Down jika ingin mematikan perangkatnya. Karena disitu ada beberapa pilihan seperti Switch User, Log Off, Restart, Sleep, Hibernate dan Shutdown.
  4. Setelah pilih Shut Down, klik OK pada tombol dibawah atau bisa juga langsung menekan Enter di keyboard

Mematikan Laptop Windows 10 Denan Cortana

shutdown laptop windows 10 with cortana
shutdown laptop windows 10 with cortana

Cara ketiga ini adalah memanfaatkan fitur bawaan dari Windows 10 yaitu Asisten Cortana. Microsoft COrtana adalah aplikasi asisten virtual yang memudahkan para pengguna Windows 10, dan salah satunya adalah melakukan perintah shutdown atau mematikan laptop atau Komputer anda.

Lalu bagaimana cara mematikan laptop dengan Contana di Windows 10? berikut langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama ada klik icon Microphone yang ada di samping kanan kolom pencarian yang posisinya ada di bawah
  2. Kemudian pada saat sudah munucl tulisan Listening, anda langsung ucapkan saja kata “Shut Down” dengan suara yang jelas.
  3. Jika berhasil tedeteksi oleh Contana, maka laptop atau komputer anda akan mati dengan sendirinya.

Mematikan Laptop Dengan Tombol Power

cara mematikan laptop dengan tombol power
cara mematikan laptop dengan tombol power

ini merupakan solusi atau cara mematikan laptop asus dan merk lainnya yang tiba-tiba hang atau yang layarnya mati. Caranya adalah dengan menekan beberapa detik tombol powernya hingga laptop benar-benar mati, biasanya terdeteksi dengan suara kipas dalam bodinya langsung berhenti.

Cara ini juga bisa sebagai solusi untuk mematikan laptop yang ngeblank, dimana anda tidak bisa lagi menggerakkan mouse, tidak ada lagi respon saat menekan tombol kombinasi [ALT]+[F4] maka menekan tombol power secara langsung adalah solusi terbaiknya.

👉 TRENDING:  Begini Cara Akses dan Gunakan Fitur Advanced Option Windows 10

Seperti itulah pembahasan mengenai bagaimana cara mematikan laptop asus dan merk lainnya juga yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Semoga dengan adanya pebahasan ini bisa membantu anda yang kesulitan mematikan laptop ataupun komputer.

cara mematikan laptop azuz - cara mematikan laptop yang ngeblank - spesifikasi laptop asus dalam bahasa inggris -