5 Fakta Manarik Tentang Sejarah Internet di Indonesia
Sejarah internet di indonesia

5 Fakta Manarik Tentang Sejarah Internet di Indonesia

Jaringan internet yang awalnya hanya sebuah penelitian oleh pemerintah federal Amerika serikat di tahun 1960-an, kini menjadi sebuah layanan yang sangat modern yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi ataupun mencari informasi. Lalu bagaimana dengan sejarah internet di Indonesia? Tahun berapakah masuknya?

Paguyuban Network merulakan Awal mula serajah internet hadir di Indonesia. Paguyuban ini bisa dibilang juga sebagai komunitas yang semangat untuk bekerja sama, gotong royong, memiliki rasa kekeluargaan diantara para pengikutnya. dilansir dari laman baktikominfo.id UI (Universitas Indonesia) merupakan pelopor perkembangan internet di Indonesia.

Apa yang menyebabkan Internet di Indonesia ini berkembang dengan cepat? Tentunya (ISP) Internet Service Provider yang mengenalkan ke masyarakat dan juga hadirnya bisnis warnet yang membuat penyebaran layanan internet ini begitu cepat.

5 Fakta Sejarah Internet Hadir di Indonesia

 

Tahun 1990-an Internet Masuk Ke Indonesia

Baca Juga : Pengertian Internet, Fungsi dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Kita?

Internet yang awalnya hanya digunakan untuk keperluan jaringan komunikasi militer Amerika Serikat pada tahun 1960-an, terus dikembangkan dengan nama ARPANET. Tujuan dari pembuatan proyek ARPANET ini adalah pengembangan untuk interkoneksi jaringan akademik dan militer regional di tahun 1980-an. Nah di tahun 1990-an internet akhirnya dikembangkan oleh para ahli di Indonesia dan mulai bisa digunakan ditahun itu.

Universitas Indonesia Sebagai Pelopor Pengembangan Internet

Universitas Indonesia merupakan Universitas paling tua di Indonesia yang mana sudah ada sejak jaman kolonial belanda. Menurut sejarah, protokol internet pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206/24). Protokol tersebut didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Orang-orang yang berjasa dan ikut andil bagian dalam perkembangan internet di Indonesia diantaranya adalah RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto dan Onno W.Purbo. Tak hanya itu, nama-nama tersebut bahkan juga ikut andil dalam perkembangan jaringan komputer di Indonesia.

👉 TRENDING:  Cara Mencari Koneksi Internet Wifi.ID Terdekat

Tahun 1994 Hadirnya Internet Service Provider (ISP) Pertama di Indonesia

IndoNet adalah ISP pertama yang ada di Indonesia, yang mana perusahaan penyedia layanan internet ini sudah ada sejak tahun 1994. Sanjaya merupakan pemimpin dari IndoNet, dia adalah anak dari seorang dosen di Universitas Indonesia dan lokasi kantornyapun masih berada di kawasan komplek Dosen UI daerah Rawamangun. IndoNet saat itu menggunakan sistem sambungan dial-up. Pada penggunaan awal, IndoNet menggunakan mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine, serta chatting dengan conference pada server AIX. Kemudian pada tahun 1995 user di Indonesia dapat mengakses internet (HTTP) karena terdapat jasa Telnet ke luar negeri yang menggunakan remote browser Lynx di Amerika.

Bisnis Warnet Hadir di Tahun 1996-an

Warnet merupakan singkatan dari warung internet yang merupakan sebuah jaya layanan sewa akses internet. Bisnis warnet ini ternyata berpengaruh bersar terhadap perkembangan internet di Indonesia. Di tahun 1996, warnet tumbuh hadir dibebagai daerah dan menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Selain dari segi bisnis, peran warnet juga sangat membantu bagi mereka yang tidak memiliki komputer dan akses internet dirumah.

Berperan di Reformasi Orde Baru

Dari sisi politik, ternyata kehadiran internet di Indonesia bisa menurunkan rezim orde baru. Tahun 1998 internet menjadi media yang memiliki peran penting dalam aktivitas reformasi, pemerintahan saat itu sudah tidak bisa lagi mengontrol segala informasi yang tersebar secara cepat.

👉 TRENDING:  5 Hal Baru Yang Akan Populer Berkat Internet di Tahun 2021

Seperti itulah 5 fakta menarik tentang sejarah internet di Indonesia, yang ternyata masuknya jaringan internet di Indonesia berbeda dengan Amarika Serikat yang lebih dulu menggunakan internet. Tepatnya tahun 1990-an internet di Indonesia mulai digunakan.