fitur shorts youtube

Shorts, Fitur Terbaru Youtube Yang akan Saingi TikTok!

TikTok, yang baru-baru ini mencapai 41 juta pengguna aktif harian di luar China, mungkin segera menghadapi beberapa persaingan nyata, dan salah satunya adalah Youtube yang akan menghadirkan fitur baru dengan nama “Shorts”.

Saat ini Fitur “Short” masih dalam proses mengerjaan oleh Tim Youtube, yang bertujuan untuk bersaing dengan TikTok, menurut The Information. Nantinya Shorts akan muncul di aplikasi seluler YouTube sebagai fitur, menyebutkan laporan, bukan sebagai produk mandiri.

Indonesia saat ini juga sedang ngetrend orang-orang menggunakan aplikasi tiktok ini, terlebih beberapa potongan lagu aransemen dari indonesia menjadi trending dan digunakan oleh artis-artis dunia sebagai backsound dari video yang mereka buat. Bagaimana jika nanti fitur Short Youtube ini sudah hadir, apakah akan viral dan trending seperti TikTok saat ini?

Video Lip Sync saat ini sangatlah populer di TikTok, sebagian besar didukung oleh alat pengeditan yang disertakan dalam aplikasi untuk membantu membuatnya mudah dibuat. Untuk bersaing dengan aplikasi viral yang didirikan oleh Bytedance di Cina, YouTube berencana untuk mengambil keuntungan dari tren musik berlisensi yang begitu besar. Platform video telah menjadi video musik mapan bagi banyak perusahaan dan artis rekaman terbesar di dunia.

Adakah yang bisa menghentikan kebangkitan TikTok? 

tiktok indonesia

Facebook mencoba meluncurkan aplikasi Lasso sendiri, yang belum menerima traksi. Instagram dan Snapchat telah mencoba bekerja dengan aplikasi viral dengan mengadopsi beberapa fitur-fiturnya. Byte, aplikasi video yang diluncurkan tahun ini oleh salah satu pendiri Vine, telah memiliki beberapa keberhasilan awal yang nyata, tetapi itu masih cukup banyak platform yang dihapus.

Namun, selama dua belas bulan terakhir, TikTok telah mengunduh sekitar 842 juta kali dari Apple dan toko aplikasi Google.

Jika ada yang bisa menggunakan TikTok, itu adalah raksasa video milik Google. Tahun lalu, YouTube menghasilkan lebih dari $ 15 miliar pendapatan iklan. TikTok jauh lebih kecil dibandingkan. Menurut perusahaan analisis seluler SensorTower, TikTok menghasilkan pendapatan $ 177 juta dari pembelian dalam aplikasi pada tahun 2019.

YouTube berencana untuk meluncurkan fitur TikTok yang bersaing pada akhir tahun ini. Kemudian kita akan tahu apakah platform video terbesar di dunia dapat mengambil posisi viral atau apakah ia menemukan dirinya dalam daftar perusahaan yang terus mencoba.