Cara Upgrade Windows 7 ke 10

Berikut Ini Cara Upgrade Windows 7 ke 10 Resmi

Microsoft akan menghentikan dukungan terhadap sistem operasi (OS) Windows 7 per Januari 2020. Microsoft mengimbau pengguna Windows 7 untuk upgrade ke Windows 10. Microsoft pun telah menyediakan tool-nya.

Microsoft yang merilis Windows 10 pada Juli 2015, menawarkan upgrade gratis bagi pengguna Windows 7, 8, dan 8.1 hingga Juli 2016. Akan tetapi, pada 2017 layanan itu masih bisa digunakan, sebagaimana dilaporkan ZDNet.

Pada November 2019, beberapa pembaca situs web CNET melaporkan layanan upgrade itu juga masih bisa dimanfaatkan. Editor CNET, Alison DeNisco Rayome pun mencobanya di PC desktop Dell OptiPlex 9020 (2014) dan berhasil, dari Windows 7 ke Windows 10.

Risiko Masih Menggunakan Windows 7

windows 7 stop support

Perangkat dengan OS Windows 7 yang tak dimutakhirkan setelah Januari 2020 tidak akan lagi menerima security updates, technical support, dan pemutakhiran lainnya dari Microsoft. Artinya, perangkat komputer dengan OS Windows 7 berisiko terjangkit malware maupun virus. Itu terjadi lantaran Microsoft tak lagi menambal celah keamanan melalui security updates.

Sangat disarankan agar pemilik OS Windows 7 untuk melakukan upgrade ke Windows 10 untuk menghindari ancaman itu dan demi kenyamaan. Sebab, Windows 10 pun menawarkan fitur-fitur baru yang tak dijumpai di Windows 7. Selain lantaran risiko di atas, Microsoft pun masih menyediakan tool-nya. Namun, ada baiknya untuk cek syarat perangkat sebelum upgrade ke Windows 10

System Requirements Windows 10

Sebagaimana dikutip dari situs web Microsoft, ada 6 persyaratan yang harus dipenuhi perangkat sebelum upgrade ke Windows 10, yakni sebagai berikut:

  • Prosesor: minimal 1GHz
  • RAM: minimal 1GB untuk 32-bit dan 2GB untuk 64-bit
  • Ruang penyimpanan: minimal 16GB untuk 32-bit dan 32GB untuk 64-bit
  • Kartu Grafis: Direct 9 atau yang lebih tinggi dengan driver WDDM
  • Display: minimal 800 x 600 piksel
  • Koneksi Internet: wajib tersedia untuk proses pemutakhiran dan unduh

Sebelum memutuskan upgrade Windows dari 7 ke 10, pastikan perangkat yang dimiliki, entah itu laptop, komputer, atau PC desktop telah memenuhi beberapa persyaratan hardware di atas.

Cara Upgrade Windows dari 7 ke 10

Ada 5 tahapan dalam proses upgrade Windows 7 ke Windows 10. Cara ini membutuhkan koneksi internet guna mengunduh pemutakhiran dan prosesnya memakan waktu. Selengkapnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web Windows 10 di tautan ini : Download Windows 10
  2. Di menu Create Windows 10 Installation Media, klik Download Tool Now.
  3. Saat proses unduh selesai, klik Run file itu
  4. Pilih Upgrade This PC Now dengan asumsi upgrade Windows ke 10 adalah untuk perangkat yang sedang digunakan saat ini
  5. Ikuti langkah-langkah selanjutnya dan tunggu hingga proses upgrade selesai
  6. Ketika proses upgrade tuntas, buka Setting Update & Security > Activation, dan di situ akan dijumpai lisensi digital Windows 10

Patut diperhatikan bagi pemilik lisensi Windows 7 atau 8 Home hanya bisa memilih upgrade ke Windows 10 Home. Ini juga berlaku untuk Windows 7 dan 8 Pro. Selain itu, sebagaimana ditulis ZDNet, beberapa pengguna melaporkan upgarde gagal dilakukan. Hal itu terjadi pada perangkat tertentu khususnya yang diproduksi sebelum Windows 10 dirilis atau sebelum tahun 2015.

ZDNet menyarankan untuk cek semua driver dan adapter apakah ada yang belum di-update. Mutakhirkan semua lalu putuskan sambungan dari external device kemudian coba sekali lagi upgarde Windows ke 10. Windows 7 adalah suksesor Windows Vista yang meluncur pada 2009.

Windows 7 masih jadi OS populer di perangkat komputer. Per Desember 2018, seturut data NetMarketShare, 36,9 persen perangkat komputer masih menggunakannya, sementara baru 39,2 persen perangkat sudah menjalakan Windows 10.

Sumber artikel “Cara Upgrade Windows 7 ke 10 Resmi, Mulai Download Hingga Instal”, https://tirto.id/emfY