Microsoft Tambahkan 60.000 Paten ke Open Invention Network
Microsoft Tambahkan 60.000 Paten ke Open Invention Network

Microsoft Tambahkan 60.000 Paten ke Open Invention Network

TEKNO BANGET, Tekno Business – Microsoft baru saja mengumumkan pada hari Kamis (11/10) apabila kini mereka telah bergabung dengan kelompok paten open source, Open Invention Network dalam upaya untuk membantu melindungi Linux dan perangkat lunak open source lainnya dari penggunaan yang terkait dengan paten. Sebagai bagian dari kesepakatan, raksasa perangkat lunak ini membuka perpustakaan 60.000 paten kepada anggota OIN. Akses ke portofolio besar-besaran tidak terbatas dan bebas royalti.

Seperti dicatat oleh ZDNET, hal ini merupakan pergeseran dari perusahaan yang sangat agresif di masa lalu. Di antara penggunaan lain, perusahaan sebelumnya telah menghilang setelah sejumlah perusahaan yang berbeda dalam ekosistem Android. Microsoft mengakui itu dalam pengumumannya, dan menambahkan bahwa sesuatu harus segera diambil sebagai tanda untuk melakukan hal yang lebih baru dan segar.

“Kami tahu keputusan Microsoft untuk bergabung dengan OIN mungkin dipandang mengejutkan bagi sebagian orang,” Erich Andersen, Corporate Vice President and Chief IP Counsel Microsoft menulis dalam posting blog. “Bukan rahasia lagi bahwa telah ada gesekan di masa lalu antara Microsoft dan komunitas open source lain atas masalah paten. Bagi orang lain yang telah mengikuti evolusi kami, kami berharap pengumuman ini akan dipandang sebagai langkah logis berikutnya untuk perusahaan yang mendengarkan pelanggan dan pengembang dan berkomitmen kuat untuk Linux dan program open source lainnya. ”

Laporan ini juga melihat apabila perusahaan perangkat lunak tersebut mencari untuk mengaburkan garis antara pengembangan Windows dan Linux, mendorong sektor pengembangan untuk membuat program untuk kedua sistem operasi, bersama dengan .NET dan Java.

Sebagai informasi, pada minggu lalu Microsoft telah mengikuti jejak perusahaan besar lainnya seperti Google, Facebook, dan juga Amazon dengan bergabung dalam kelompok trolling anti paten, LOT Network.