Zhao Ming Tepis Rumor Honor “Pisah” dari Huawei

TEKNO BANGET, Smartphone – Dalam beberapa bulan belakangan, berhembus kencang rumor jika Honor tidak lagi berada di bawah naungan Huawei.

Honor dikabarkan ingin menjadi merek mandiri. Kabar itu pun sampai di telinga Presiden Honor, Zhao Ming. Ia pun mengonfirmasi bahwa semua rumor tersebut tidaklah benar. Menampik berita yang merebak di beberapa media China.

Ming menegaskan jika Honor akan tetap menjadi bagian keluarga besar Huawei meski tetap bekerja mandiri.

Lebih lanjut, Ming sesumbar jika sejak didirikan tahun 2013, Honor semakin didukung teknologi canggih. Honor memang diplot Huawei sebagai pesaing brand sekelasnya, seperti Xiaomi.

Bersama Honor, Huawei telah merangsek sebagai vendor smartphone dengan pengapalan terbesar kedua di dunia pada kuartal terakhir. Bahkan di China, Honor mampu melampaui penjualan Xiaomi pada paruh pertama 2018.

Dilaporkan Sino, Xiaomi hanya menduduki peringkat keenam dengan penjualan 24,63 juta unit, sementara Honor nangkring di posisi kelima dengan penjualan 26,05 juta unit.

Jumlah tersebut belum mencakup perangkat dari brand Huawei yang menyasar kelas premium.

Pada kuartal II-2018, Huawei dan Honor mampu mengapalkan 54,2 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 15,8 persen seperti dikutip GizmoChina.

Beberapa pihak meyakini jika Honor bisa berdiri sendiri, perusahaan itu akan meroket di segmen papan tengah.

Meski begitu, hingga hari ini, Honor masih di bawah payung Huawei, sesuai yang ditegaskan Ming.

Di sisi lain, Huawei juga tengah mempersiapkan ponsel layar lipat pertamanya, yang disebut sekaligus menjadi ponsel 5G Huawei. Pertamanya Perangkat tersebut diprediksi akan menyapa pasar tahun depan.