cara mengecilkan ukuran file foto jpg di hp

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di HP Dengan Mudah

Kebanyak orang mensetting kamera HP-nya dengan resolusi tinggi dengan harapan hasil jepretan fotonya menghasilkan kualitas yang bagus, tajam dan detail. Cara itu ternyata membuat ukuran file fotonya menjadi besar dan bisa membuat memori HP cepat penuh, lalu bagaimana ya cara mengecilkannya?

Nah diartikel kali ini, teknobgt akan membagikan tips bagaimana cara mengecilkan ukuran foto di HP Android semua brand ya (Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, dan lain-lain). Selain itu kamu juga bisa menggunakan Laptop ataupun komputer untuk memperkecil resolusi foto yang dihasilkan oleh kamera HP tadi. Mau tau bagaimana carany? simak terus ya sampai habis.

2 Cara Mengecilkan Ukuran File Foto

Kenapa harus dikecilkan lagi ukuran fotonya? nah ini biasanya untuk mereka yang sedang proses mengisi form pendaftaran online seperti daftar kartu prakerja, dimana panitianya memberikan syarat berupa file foto tidak lebih dari 2MB. Biasanya syarat ukuran file foto yang diupload itu berbeda-beda. Nah oleh karena itu, yang belum mengerti bisa pelajari cara-caranya disini.

Untuk proses mengecilkan ukuran file foto, tidak terlalu banyak hal yang harus disiapkan, kamu hanya perlu menyiapkan file foto yang akan diperkecil dan tentunya perangkat HP.

Langkah-Langkah Kompres Foto JPG

Cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan ukuran foto di HP tanpa aplikasi ini adalah cara yang paling cepat yaitu dengan mode screenshot.

Contohnya saja kamu ingin mengupload file foto EKTP untuk keperluan pendaftaran kartu prakerja yang filenya tidak boleh melebihi 2MB. Sedangkan kamera Hp Android yang model terbaru resolusinya sudah tinggi, sehingga ukuran file foto yang dihasilkan bisa diatas 5MB.

Bagaimana cara melakukannya? cukup mudah dan cepat, kamu cukup pilih 1 foto yang akan dikecilkan kemudian akan tampil dilayar nah setelah itu capture layar Hp atau screenshot dengan tombol kombinasi Power + Volume Bawah atau bisa juga dengan mengusapkan 3 jari dilayar (dari atas kebawah). Cara capture biasanya berbeda-beda disetiap tipe HP, tinggal anda sesuaikan saja.

Tapi jika ingin menggunakan laptop untuk mengkompres fotonya, maka kamu harus menyiapkan kabel data untuk memindahkan file fotonya ke laptop. Ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk resize foto seperti Photoshop, Paint atau bisa juga bawaan dari Microsoft office 2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *