aplikasi signal untuk pesan singkat pengganti whatsapp

Begini Cara Menggunakan Aplikasi Signal Yang Populer Karena Disebut Sebagai Pengganti Whatsapp

Nama Aplikasi Signal kian populer setelah direkomendasikan oleh CEO perusahaan mobil listrik “Tesla” untuk menggantikan Whatsapp yang baru saja merubah kebijakan privasinya. Aplikasi Signal ini disebutkan sebagai aplikasi pesan singkat yang memiliki kemanan terbaik.

Faktor yang menyebabkan banyaknya pengguna Whatsapp mulai beralih ke aplikasi lain itu karena ada poin kebijakan privasinya yang menyebutkan bahwa Data pengguna Whatsapp akan dibagikan ke Induk perusahaannya yaitu Facebook.

Nah, dari situlah banyak penggunanya beranggapan bahwa kedepannya pesan singkat yang dikirim sudah tidak aman lagi karena facebook bisa membaca semuanya. Padahal anggapan itu semuanya salah. Karena, seperti yang sudah dijelaskan pada arikel sebelumnya bahwa keamanan pesan singkat Whatsapp tetap aman karena data tersebut terenkripsi (end-toend encryption). Karena masalah itu, munculah Aplikasi Signal yang diklaim memiliki keamanan yang bagus.

Sekilas Tentang Aplikasi Signal

Apa itu aplikasi signal dan bagaimana cara menggunakannya

Sebelum membahas bagaimana cara menggunakannya, teknobgt akan menjelaskan sedikit informasi mengenai apa itu aplikasi Signal.

Aplikasi Signal adalah sebuah layanan perpesanan komunikasi secara online yang berdiri pada tahun 2013. Sama halnya seperti Whatsapp ataupun Telegram, Aplikasi Signal ini memiliki beberapa layanan seperti pesan singkat pribadi, pesan group, fitur stiker, bisa transfer foto dan juga file dan bisa digunakan untuk panggilan suara dan panggilan video / video call.

Kelebihan dari Aplikasi signal ini adalah bisa melakukan obrolan group hingga 1000 orang dan paggilan video group bisa dilakukan dengan 8 orang. Siapa pemilik Aplikasi Signal ini? berbeda dengan Whatsapp yang dimiliki oleh perusahaan besar “facebook”. Signal ini didirikan oleh yayasan nirlaba dengan dan untuk pengembangannya mengandalkan donasi.

Pesan singkat yang dikirim oleh pengguna Signal ini dijamin kemanannya karena sudah dienkripsi end-to-end, yang artinya yayasan atau pengembang aplikasi ini tidak bisa memantau dan membaca pesan tersebut. Signal juga merupakan aplikasi open-source, dimana kode-kode sumber dan perangkat lunak servernya sudah tersedia di GitHub.

Baca Juga  Nintendo Ungkap Judul Game Switch Online Berikutnya

Cara Menggunakan Aplikasi Signal

Cara download dan menggunakan aplikasi signal

Buat kalian yang ingin mencoba berkomunikasi menggunakan Signal, berikut ini cara menggunakannya :

  1. Hal pertama adalah download terlebih dahulu aplikasinya di smartphone
  2. Setelah selesai download dan instal Signal, lanjut ke proses pendaftaran akun dengan cara memasukkan nomor Hp yang aktif, karena Signal nanti akan mengirimkan SMS berupa kode verifikasi
  3. Masukkan kode verifikasi yang diterima kekolom yang sudah disediakan lalu pilih tombol “Register Without Transfering” bagi yang pertama kali menggunakan Signal.
  4. Setelah proses register akun signalnya selesai, maka akan masuk ke dasboard/halaman utama aplikasi Signal. Itu berarti proses daftar akunnya berhasil dan aplikasinya sudah bisa digunakan.
  5. Untuk menuliskan pesan singkat, bisa langsyng tekan icon pencil di abgian kanan atas dan jika ingin mengundang teman hingga keluarga untuk menggunakan aplikasi signal ini, bisa langsung pilih menu “Invite Friends to Signal”

Aplikasi Signal juga memiliki banyak fitur yang bisa kalian gunakan untuk mendukung percakapan kedepannya nanti seperti Group hingga bisa mengirimkan file apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *