fungsi-utama-hosting-dan-vps

Inilah Fungsi Utama Hosting Dan Vps

Inilah Fungsi Utama Hosting Dan Vps – Sebagai salah satu komponen dalam proses pembuatan website, umumnya hosting dibutuhkan untuk menyimpan berbagai data agar dapat diakses secara online. Konsep dan cara kerja web hosting hampir sama dengan komputer, dimana Anda bisa mendapatkan sumber daya berupa memori penyimpanan internal, RAM, sistem operasi dan spesifikasi lainnya.

Bedanya, web hosting merupakan komputer server yang terhubung secara terus menerus dengan koneksi internet sehingga siapapun bisa mengakses data yang ada. Nah, untuk mengetahui fungsi utama Hosting Dan Vps, yuk simak ulasan berikut ini.

Fungsi Utama Hosting

funsgi-hosting
Berikut ini beberapa fungsi utama hosting terbaik untuk mengangkat performa website anda (image: Domainesia)

Berikut ini ada 3 fungsi Utama Hosting, antara lain:

Untuk Menyimpan Data

Mayoritas pengguna internet mengenal web hosting ini tentunya sebagai media penyimpanan data. Hal tersebut tidak salah, karena salah satu fungsi hosting memang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data. Contoh data yang biasanya tersimpan di web hosting antara lain adalah gambar, video, teks, dan berbagai script yang ingin ditampilkan kepada pengunjung website.

Perlu diketahui, hosting juga memiliki keterbatasan dalam hal resource yang bisa digunakan, termasuk kapasitas penyimpanan. Beberapa perusahaan web hosting menyediakan paket sewa dengan spesifikasi storage mulai dari 500MB hingga 100GB. Jika ingin menggunakan resource yang lebih besar, biasanya lebih cocok jika menggunakan VPS.

Jika kamu ingin beli hosting, pastikan untuk mengetahui apakah hosting tersebut memakai cPanel atau tidak, untuk pengelolaan hosting saat ini yang paling mudah adalah menggunakan cPanel.

Menjaga Website Tetap Online

Fungsi hosting yang tidak kalah pentingnya adalah agar konten website atau aplikasi tetap dapat diakses secara online. Pernahkah Anda menemukan website atau aplikasi yang down dan tidak bisa diakses secara online?

Nah, kemungkinan besar saat itu ada masalah dengan layanan hosting yang digunakan. Hosting merupakan salah satu infrastruktur yang dapat membuat website dapat diakses kapan saja dan dari mana saja melalui jaringan internet. Tanpa hosting, data di website hanya dapat diakses secara lokal melalui komputer pengguna.

Menentukan Lokasi Website

Ketika Anda menyewa web hosting, umumnya Anda akan mendapatkan pilihan lokasi server, apakah server tersebut berada di Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, atau negara lain di dunia. Hal ini secara tidak langsung berarti Anda sedang memilih wilayah atau lokasi dimana website tersebut ditempatkan.

Menurut beberapa sumber, lokasi atau lokasi hosting sebuah website sendiri bisa menentukan user experience. Pasalnya, semakin jauh jarak antara lokasi hosting dengan pengguna, maka kecepatan akses website juga akan semakin berkurang. Jadi, jika mayoritas pengunjung website target Anda adalah orang Indonesia, maka sebaiknya gunakan cloud hosting yang berlokasi di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, jika target visitor dari luar negeri, disarankan menggunakan hosting yang ada di luar negeri.

Fungsi Utama VPS

Setiap VPS atau Virtual Private Server dapat disebut sebagai web hosting, tetapi tidak setiap web hosting harus menjadi VPS atau Virtual Private Server. Sederhananya, VPS adalah jenis layanan web hosting yang dapat digunakan oleh blogger dan web developer, beserta fungsi VPS yang membedakannya dengan paket hosting lainnya.

Menampung Traffic Website Tinggi

VPS adalah layanan yang menggunakan teknologi visualisasi untuk membagi sumber daya pada server fisik menjadi beberapa paket server virtual. Oleh karena itu, tidak heran jika VPS banyak digunakan untuk mengakomodir kebutuhan website dengan trafik yang besar karena memiliki dukungan resource yang besar. Jika Anda memiliki website toko online atau portal berita, sangat disarankan untuk menggunakan VPS sebagai web hosting.

Untuk Menyimpan Data Cadangan

Salah satu kelebihan VPS dibanding paket hosting lainnya adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang relatif lebih besar. Hasilnya, Anda dapat menjadikan VPS sebagai layanan cadangan pribadi dari situs web lain.

Remote Desktop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, VPS ini ibarat sebuah komputer yang memiliki dukungan RAM, penyimpanan internal dan sistem operasi. Dengan jaringan internet yang terkoneksi secara terus menerus, maka VPS dapat berfungsi sebagai full server controller dari lokasi manapun.

Sebagai VPN

Pernahkah Anda mendengar tentang VPN atau Virtual Private Network? Pada dasarnya VPS juga bisa digunakan untuk membangun VPN sebagai jaringan privat yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja. Biasanya fungsi ini banyak digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus untuk kebutuhan pertukaran data antar karyawan.

Menjadi Server Percobaan

Karena VPS memiliki dukungan yang relatif besar untuk memori penyimpanan, RAM, inode, bandwidth, dan komponen lainnya, maka tidak heran jika VPS sering digunakan sebagai server pengujian.

Demikian ulasan tentang Inilah Fungsi Utama Hosting Dan Vps, semoga bermanfaat.