8 Perbedaan Android 9 pie dan Android 10 Yang Harus Diketahui!
Perbedaan Android 9 pie dan Android 10

8 Perbedaan Android 9 pie dan Android 10 Yang Harus Diketahui!

Untuk para pengguna smartphone android, perlu diketahui bahwa ada banyak Perbedaan Android 9 pie dan Android 10. Tentunya di os terbaru pasti banyak upgrade dari versi sebelumnya, dan berikut ini penjelasanya dari beberapa perbedaannya.

Di smartphone android terbaru mungkin sudah banyak yang langsung menggunakan Android 10, yang mana OS terbaru ini memiliki performa yang diklaim lebih baik. Oleh karena itu, banyak produsen smartphone android yang sebelumnya menggunakan sistem operasi Android 9 pie mulai memberikan update agar penggunanya bisa berpindah menjadi OS Android 10 (Q).

Daftar Perbedaan Android 9 pie dan Android 10

Perbedaan Android 9  dan 10

Ada lebih dari 8 point penting dari Perbedaan Android 9 pie dan Android 10. Ulasan ini mungkin cocok sekali untuk yang masih menggunakan Android 9 dan masih ragu untuk melakukan update ke Android 10.

Tampilan

Jika dilihat sepintas, ukuran font pada Android 10 ini jauh lebih besar dibandingkan dengan pada saat menggunakan Android 9. Tapi, jika kamu sudah terbiasa dengan ukuran lebih ramping, bisa kok dirubah di pengaturan huruf untuk menyesuaikan keiingan kamu.

👉 TRENDING:  Android 9 Pie Sudah Bisa di Download untuk Asus Zenfone 5Z

Kamu bisa mengatur ukuran font di Android 10 dengan cara masuk ke menu ‘Pengaturan’ >> ‘Tampilan’ >> ‘Gaya dan Ukuran Font’

Efek

Di Android 10, penggunanya akan dimanjakan dengan efek transisi pada saat pergantian tampilan layar. Sebenarnya ini akan terlihat lebih jika fitur efek ini diaktifkan pada HP Android dengan spek tinggi. Tapi, jika kamu masih menggunakan RAM 2GB atau tipe hp android lama mungkan agak sedikit tersendat.

Performa Kecepatan

Kecepatan performanya di Android 9 dan 10 sepertinya tidak ada perbedaan, keduanya memiliki performa yang bagus. Alasannya karena Android 9 dan 10 ini sama-sama menggunakan proses cachingnya menggunakan memori cukup besar, jadi ini akan sangat membantu performa loadingnnya jadi lebih cepat.

Tapi, menurut beberapa sumber, Android 10 diklaim lebih cepat dibandingkan Android 9. Itu karena proses cachenya lebih kuat. Sedangkan pada Android 9 kadang-kadang masih harus memuat (loading) data terlebih dahulu sebelum data yang kita minta dimunculkan.

👉 TRENDING:  Android 9 Pie Sudah Bisa di Download untuk Asus Zenfone 5Z

Penggunaan Memori Internal

Jika biasanya ketika melakukan upgrade sistem operasi itu akan berpengaruh pada ROM (Memori internal), maka di Android 10 ini tidak ada perbedaan yang signifikan.

Tidak ada perbedaan atau penggunaan ROM (Memori Intenal) yang tiba-tiba naik setelah melakukan update dari Android 9 pie ke Android 10.

Fitur Dark Mode

Sebenarnya di Android 9 juga fitur Dark Mode ini sudah ada dan sebagian aplikasinya sudah secara otomatis mengikuti fitur dark mode seperti backgroundnya berubah menjadi hitam.

Sama halnya pada Android 10. Tetapi pada sistem operasi ini jumlah aplikasi yang mendukung fitur dark modenya jauh lebih banyak. Contohnya saja aplikasi Gmail yang di Android 9 tidak mengikuti fitur dark mode ketika diaktifkan, sedangkan di Android 10 aplikasi ini secara otomatis aktif dengan mode gelap / dark mode.

Perbedaan Tampilan Tema

Di Tema bawaan Android 9, kamu tidak bisa melihat menu-menunya seperti agak gelap. Sedangkan pada Android 10 menjadi lebih terang (kontras).

👉 TRENDING:  Android 9 Pie Sudah Bisa di Download untuk Asus Zenfone 5Z

Adaptasi Cahaya

Ketika kamu menggunakan Android 10, maka sistem android ini bisa menyesuaikan intensitas cahaya di tempat / ruangan kamu berada. secara otomatis akan meredup pada ruangan dengan pencahayaan yang minim (gelap) dan akan bertambah terang ketika kamu menggunakannya pada ruangan yang terbuka atau di luar ruangan yang terik matahari.

Bar Notifikasi

Icon pada bar notifikasi di Android 10 ini terlihat seperti besar dan ini berbeda sekali pada saat masih menggunakan Android 9 yang iconnya tampak lebih kecil.

Nah, mungkin itulah beberapa Perbedaan Android 9 pie dan Android 10 yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk melakukan upgrade dari Android 9 ke 10. Tapi harus kamu ketahui bahwa saat menggunakan Android 10, maka HP kamu sudah bisa menggunakan jaringan 5G (tergantung pada tipenya).

 

perbedaan android pie & android 10 -