Kominfo Akan Bagikan 6,7 Juta Unit Set Top BOx (STV) TV Digital Secara Gratis
ilustrasi stb gratis dari kominfo

Kominfo Akan Bagikan 6,7 Juta Unit Set Top BOx (STV) TV Digital Secara Gratis

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana akan membagikan Set Top Box (STB) TV Digital gratis untuk masyarakat karena siaran TV analog yang akan mulai dimatikan pada April 2022 nanti.

Rencananya Awal tahun 2022 sudah mulai pembagian STV TV Digitalnya, yang mana ini merupakan alat yang sangat penting untuk pengguna TV analog agar bisa menangkap siaran TV Digital.

Dedy Permadi selaku juru bicara Kominfo mengatakan bahwa penyaluran STB TV digital secara gratis ini akan mulai dilaksanakan sesegera mungkin. β€œSaat ini pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo sedang memfinalisasi laporan teknis terkait pembagian STB,” ujar Dedy ditemui di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

πŸ‘‰ TRENDING:  Cara Mendapatkan STB Gratis Kominfo Untuk Ganti Siaran TV Analog

Kominfo menggunakan dana APBN atau sumber lainnya dalam menyalurkan set top box (STB) TV Digital ini dan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku, STB ini akan dibagikan secara gratis khusus rakyat miskin. Hingga saat ini, data keluarga miskin yang akan mendapatkan STB gratis ini mencapai 6.7 juta.

Adapun data penerima bantuan itu berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan mereka yang sudah memiliki perangkat televisi meskipun masih berupa TV analog.

Awalnya Siaran TV Analog diagendakan mulai 17 Agustus 2021 mulai dinonaktifkan, tetapi pada prosesnya, migrasi TV analog ke digital pada saat itu tidak jadi dilakukan karena kurang sosialisasi dan pandemi menjadi faktor keterlambatannya untuk mengimplementasikan aturan tersebut.

πŸ‘‰ TRENDING:  Lulus Uji Layak Operasi, Telkomsel Akan Menjadi Yang Pertama Gelar Layanan 5G di Indonesia