Cara Membuat Jaringan / Koneksi Hotspot AdHoc di Windows 10
cara mengkatifkan adhow windows 10

Cara Membuat Jaringan / Koneksi Hotspot AdHoc di Windows 10

Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa mereka sudak tidak memberikan dukungan terhadp Windows 7 dan tentunya membuat pengguna Windows harus mulai beralih ke Windows 10 atau jika ingin menggunakan yang terbaru bisa beralih ke Windows 11.

Tapi, jika ditanya mana yang lebih bagus antara Windows 10 dan 11, maka Teknobgt merekomendasikan Windows 10 saja. Itu karena sistem operasi ini lebih familiar, mudah digunakan dan tentunya memiliki berbagaimacam kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah adanya fitur AdHoc Windows 10.

Apa itu AdHoc? ini adalah fitur dari windows 10 yang bisa membuat jaringan AdHoc atau membuat laptop kita sebagai sumber hotspot, sehingga perangkat lagi bisa terhubung untuk sharing network data, sharing printer ataupun sharing file.

Cara kerja Ad Hoc ini membaut jaringan komputer nirkabel (tanpa kabel) yang pengaturannya ada di laptop windows 10 dan cara membuat jaringan hotspot dengan Adhoc ini tidak jauh berbeda ketika membuat hotspot pada perangkat lain. Contohnya saja ada dukungan SSID dan password untuk masuk ke jaringan hotspotnya.

Cara Mengaktifkan AdHoc di Windows 10

cara membuat atau mengaktifkan jaringan AdHoc pada Windows 10 terbilang mudah, tapi kalian harus melakukan update Windows 10 terlebih dahulu ke versi yang lebih baru. Berikut ini 2 cara setting jaringan adhoc windows 10 :

👉 TRENDING:  Mobile Hotspot Windows 10 Kamu Eror? Begini Cara Mengatasinya

Setting AdHoc dengan Command Prompt (CMD)

setting adhoc dari cmd windows 10

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk membuat jaringan hotspot AdHoc adalah melalui Command Prompt (CMD), cukup dengan mengetikkan beberapa perintah seperti dibawah ini.

  1. Klik Start lalu pada kolom penelusuran ketikkan CMD dan setelah muncul, klik kanan dan Run As Administrator
  2. Setelah CMD tampil di layar laptop, ketikkan perintah berikut ini dan enter : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_SSID key=PASSWORD_ANDA
  3. Jika menampilkan informasi bahwa Adhoc berhasil dibuat, selanjutnya adalah harus mengaktifkannya dengan cara mengetikkan perintah ini : netsh wlan start hosted network
  4. Akan muncul Local Area connection baru di network adapter.
  5. Agar komputer/perangkat lain bisa terhubung, kamu harus setting izinkan dengan cara klik kanan pada network adapter dan pilih Properties
  6. Pilih tab Sharing dan centang/pilih Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection
  7. Terakhir pada bagian Home networking connection, pilih Local area connection baru tadi yang muncul.
👉 TRENDING:  Bagaimana Cara Mencari File Yang Sudah Tersimpan di Komputer?

Setting Adhoc Dengan Mobile Hotspot

mobile hotspot windows 10

Cara kedua adalah dengan bantuan menu Mobile Hotspot yang merupakan bawaan dari Windows 10. Berikut ini cara mengaktifkannya :

Klik menu connection pada taskbar dibagian bawah, kemudian pilih menu Mobile Hotspot
Setelah aktif, klik kanan Mobil Hotspot dan pilih Go to Setting untuk melakukan setting ulang nama SSID dan Password hotspot adhoc nanti
Sedangkan untuk memberikan izin perngkat lain agar bisa terhubung, bisa mengikuti cara diatas tadi.

Nah, itulah 2 cara untuk membuat jaringan hotspot Adhoc di Windows 10. Semoga ini bisa membantu kamu yang ingin laptopnya bisa dijadikan hotspot.