cara mengembalikan chat whatsapp yg sudah dihapus

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yg Sudah Dihapus Dengan Mudah dan Cepat

Bagaimana sih cara mengembalikan chat whatsapp yg sudah dihapus itu? Pertanyaan seperti ini sering banget terjadi di kehidupan kita sehari-hari, entah itu pertanyaan dari teman ataupun keluarga.

Nah pada kesempatan kali ini teknobgt ini berbagi tips bagaimana cara mengembalikan chat whatsapp yg sudah dihapus bisa dikembalikan lagi semuanya dengan mudah. Hal seperti ini sebenarnya adalah masalah kecil saja, tapi terkadang banyak orang yang melupakan fitur bawaan aplikasi Whatsapp itu sendiri.

Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan chat whatsapp yang sudah terhapus 1 bulan lalu ataupun sudah terhapus secara permanen pada perangkat Android ataupun iPhone, kamu bisa menggunakan fitur bawaan dari aplikasi Whatsapp ataupun dengan aplikasi tambahan untuk membantu merestore chat yang terhapus tersebut.

3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

cara memulihkan riwayat chat wa yang terhapus

Jangan khawatir ketika kamu mengalami masalah chat whatsapp terhapus secara sengaja ataupun tidak, karena dibawah ini ada beberapa cara mengembalikan chat whatsapp yang sudah dihapus dengan mudah :

👉 TRENDING:  Cara Memindah WA ke HP Baru Ternyata Gampang Kok, Ikuti Ajah Cara Ini!

(1) Recent Backup Whatsapp

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengembalika chat WA yang sudah terhapus 1 minggu ataupun 1 bulan adalah dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi Whatsappnya “Recent Backup”. Jadi kamu cukup mengembalikan data Whatsapp yang sudah di Backup sebelumnya, adapun cara-caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah logout dan unintal aplikasi Whatsapp
  • Setelah itu Clear cache di smartphonenya dan tunggu beberapa saat
  • Kemudian instal kembali aplikasi Whatsapp dan login menggunakan nomor WA yang tadi
  • Pada saat muncul notif untuk “Restore your chat history” pilih “restore”
  • Tunggu proses restore terbaru yang mana ini adalah proses mengembalikan chat-chat sebelumnya.
  • Selesai, Chat yang lama dan sudah terhapus kini sudah muncul lagi.

Memanfaatkan fitur recent backup whatsapp ini bisa kamu gunakan ketika kamu memang mengaktifkan fitur backupnya. Tapi jika kamu memilih tidak pernah backup, maka cara ini tidak bisa kamu lakukan karena tidak ada data chat yang dibackup, kamu bisa gunakan cara berikutnya saja.

👉 TRENDING:  WOW! Whatsapp Akan Hadirkan Fitur "Disappearing Message"

Kamu juga bisa baca di website resmi “Pusat Bantuan Whatsapp” tentang cara memulihkan riyawat chat jika memang membutuhkan informasi tambahan mengenai masalah Chat WA lama yang sudah terhapus.

(2) Folder Backup

Jika cara sebelumnya itu memanfaatkan fitur “Recent Backup” yang tersimpan di cloud google drive, nah kali ini kamu bisa memanfaatkan folder backup yang tersimpan di memori HP.

  • Backup manual dengan cara masuk ke menu Settings – Chats and Calls – Backup. Nanti hasil backupnya akan tersimpan di folder /sdcard/WhatsApp/Databases dengan nama filenya adalah msgstore.db.crypt8
  • Simpan file backup tersebut dengan nama msgstore.db.crypt8.current dan jika sudah selesai bisa lanjut untuk uninstal aplikasi Whatsappnya
  • Pilih backup dari folder di mana kamu simpan file backupnya tadi /sdcard/WhatsApp/Databases.
  • Kemudian, ubah namanya dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt8 menjadi db.crypt8.
  • Reinstall WhatsApp dan pilih Restore ketika diminta. Selesai.

(3) Aplikasi Dr. Fone

👉 TRENDING:  Cara Kirim Foto Di Whatsapp Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara terkahir untuk mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus adalah dengan aplikasi tambahan yaitu aplikasi Dr. Fone. Adapun cara menggunakannya untuk merestore chat WA yang sudah terhapus adalah sebagai berikut :

  • Program/software Dr.Fone ini bisa kamu instal terlebih dahulu ke Laptop atau Komputer dengan bisa langsung download disini
  • Setelah selesai instal Dr.Fone di laptop atau komputer, selanjutnya kamu bisa hubungkan smartphonenya dengan kabel data
  • Buka program software Dr.Fone dan pilih menu Transfer Whatsapp dan pilih transfer pesan Whatsapp
  • Tunggu proses transfer hingga selesai
  • Setelah selesai, maka kamu bisa melihat pesan / chat whatsapp lama yang sudah terhapus.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah chat Whatsapp terhapus dan ingin mengembalikannya. Dari ketiga cara tersebut, cara mengembalikan chat whatsapp yang sudah dihapus tanpa aplikasi tambahan (cara 1) adalah cara yang paling mudah dan cepat asalkan kamu sudah menghidupkan fitur auto backupnya.

Kata Kunci
aplikasi wa terhapus -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *