Begini Cara Daftar Bansos Di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Wajib Punya KTP dan KK
Begini Cara Daftar Bansos Di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Wajib Punya KTP dan KK

Begini Cara Daftar Bansos Di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Wajib Punya KTP dan KK

Pemerintah terus berupaya bisa membagikan Bantuan Sosial (Bansos) tepat sasaran, karena selama ini banyak sekali keluhan bahwa ada yang layak untuk mendapatkan bantuan tetapi tidak dapat bansos dari pemerintah

Hal sebaliknya juga banyak yang berkomentar bahwa ada keluarga yang berada tapi mendapatkan bansos, ini akhirnya menjadi sebuah gunjingan dikalangan masyarakat. Untuk itu Kementerian Sosial (Kemensos) menghadirkan Aplikasi Cek Bansos yang bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi kepesertaan bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH).

Selain itu, masyarakat yang sudah terdaftar di aplikasi cek bansos ini bisa memanfaatkan fitur “Usul” untuk mendaftarkan diri, tetangga atau orang lain untuk mendapatkan bansos. Bagaimana cara daftarnya? simak selengkapnya berikut ini :

👉 TRENDING:  Link Download Aplikasi Cek Bansos, Masyarakat Juga Bisa Daftar Bansos Dari Sini!

Cara Daftar Bansos di Aplikasi Cek Bansos

daftar bansos di aplikasi cek bansos

Jadi dengan menu fitur “Usul” di aplikasi cek bansos ini, masyarakat bisa mendaftarkan diri jika belum mendapatkan bantuan sosial, atau melihat tetangga yang layak mendapatkan bantuan tetapi hingga saat ini belum terdata untuk bansos bisa dibantu untuk didaftarkan. Caranya dalah sebagai berikut :

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi Cek Bansos, jika belum bisa langsung download Disini
  2. Setelah itu ikuti langkah-langkahnya dalam membuat akun terlebih dahulu
  3. Setelah akun lolos verifikasi, masuk ke menu Daftar Usulan dan pilih tombol tambah usulan
  4. Siapkan data seperti Nama lengkap, Nomor Induk kependudukan (NIK), dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul, Kartu Keluarga.
  5. Jika ingin mengajukan keluarga sendiri maka status sama dengan 1 KK.
  6. Kemudian, seluruh kolom di form pendaftaran harus diisi dengan data yang benar/sesuai KTP
  7. Field yang diisi untuk menu usulan, seluruh data wajib diisi sesuai dengan data kependudukan karena sama seperti menu Register dan akan langsung dipadankan dengan data Dukcapil.
  8. Pada menu Pilih Bansos, hanya akan muncul apabila NIK yang diinput ada data dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  9. Setelah itu masyarakat yang mendaftakan diri atau tetanga untuk mendapatkan bansos di menu usulan ini tinggal menggu proses kelanjutan dari penyaluran bansosnya dari pemerintah setempat.
👉 TRENDING:  Syarat dan Cara Daftar Untuk Calon Penerima Bansos Dari Program Keluarga Harapan (PKH) 2021

Semoga Bermanfaat.