Tiap Pelaku Usaha Dapat Bantuan Rp1-2 Juta

PPKM Level 4 , Tiap Pelaku Usaha Dapat Bantuan Rp1,2 Juta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memutuskan untuk kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021 dan untuk para pelaku usaha mikro yang terdampak akan mendapatkan bantuan senilai Rp 1,2 Juta.

Melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pemerintah telah menambah anggaran bantuannya menjadi Rp 744,75 Triliun. Adapun bantuan sosial kepada masyarakat ini dibagi menjadi beberapa program yaitu Program kartu sembako, Diskon Listrik, Subsidi kuota internet, Kartu Prakerja, BSU dan juga Bantuan Beras Bulog.

Selain itu, Bantuan Usaha Mukro Kecil (UMK) di kawasan yang terdampat PPKM Level 4 akan terus lanjut dibagikan dan ditingkatnya. Upaya tersebut berupa penambahan anggaran untuk Bantuan Produktif Usaka Mikro (BPUM) sebesar Rp 3,6 Triliun untuk 3 Juta peserta baru (para pelaku usaha mikro baru yang terdampak oleh PPKM level 4).

Warung dan PKL Di Daerah Level 4 Dapat Bansos Rp1,2 Juta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

BACA JUGA Berikut Ini Daftar Bantuan PPKM Darurat Yang Bisa Didapatkan Oleh Masyarakat Terdampak!

Nantinya pembagian bantuan untuk pelaku usaha mikro kecil senilai Rp 1,2 Juta ini akan menyasar hingga pemilik warung dan pedagang kaki lima (PKM) yang terdampak atau yang berada di wilayah PPKM level 4 dan dibagikan langsung oleh TNI/POLRI.

BACA JUGA Trading Forex Gratis Bonus Puluhan Juta Rupiah

Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan bahwa bantuan ini dikhususkan untuk para pedagang kali lima (PKL) dan pengusaha warung didaerah level 4.

👉 TRENDING:  Link Daftar Online Penerima Bantuan Subsidi Upah Dari BPJS Ketenagakerjaan!

“Pemerintah beri insentif usaha mikro yang besarnya Rp1,2 juta. Ini setara dengan bantuan BPUM yang jumlahnya 3 juta, di mana yang Rp1,2 juta ini untuk 1 juta usaha mikro kecil, antara lain warung, warteg, PKL,” ujar Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Rabu 21 Juli 2021.

Syarat Mendapatkan Bansos

Seperti yang dirilis oleh tangerangnews (26/07/2021), Airlangga mengatakan bahwa pemilik warung kecil, Warteg, dan PKL bisa langsung mendaftar untuk mendapatkan bantuan Rp 1,2 Juta dari Pemerintah, caranya adalah sebagai berikut :

  • Surat izin usaha
  • Lokasi usaha (warung kecil/warteg/PKL)
  • Nomor Induk Kependidikan (NIK) eKTP

“Program ini disiapkan untuk di daerah PPKM level 4 berlaku, level 4 menggantikan istilah darurat, berlaku di 122 kabupaten/kota (Pulau Jawa-Bali) dan 15 Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa-Bali,” ungkap Airlangga.

BACA JUGA Cara Daftar Untuk Mendapatkan Dana Bantuan PPKM Darurat Juli 2021

Kebijakan pengganti PPKM Darurat ini diterapkan di 122 kota/kabupaten di Jawa dan Bali, serta 15 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali.

👉 TRENDING:  Berikut Ini Daftar Bantuan PPKM Darurat Yang Bisa Didapatkan Oleh Masyarakat Terdampak!

KPCPEN ini menegaskan, bantuan sosial untuk pemilik warung kecil, warung makan dan PKL ini adalah upaya pemerintah untuk memberikan jaminan sosial kepada warga (pelaku usaha kecil) yang terdampat PPKM Level 4 dengan seluruh implementasinya di lapangan.

7 comments

  1. Semoga warungku dpt…sehari semalam jual kopi…rokok…nasgor dll…dpt 100 ribu sulitnya minta ampun….tekor terus….sekarang wifiiku TK cabut Krn TK mampu bayar…

    • Saya pedagang gorenan dan es di masa pandemi ini warung saya sangat sepi pendapatan hanya 50rb sehari apa lagi masa ppkm aduh mimpi buruk yg sangat panjang kepada bapak persiden kmi mohon bantuan mu

  2. Saya di bagian maluku utara tapi tidak menerima bantuan apa apa

    • Saya pedagang kripik singkong yg nyetor ke warung”,tp skrang terdampak ppkm sehingga warung langganan saya banyak yg tutup,saya selama ini tidak pernah mendapatkan bantuan sama sekali.

      • Suprihatin ,...nik:3519075312760005 alamat:desa kresek rt 24 rw 03 kec:wungu kab:madiun jatim

        Saya pedagang kripik singkong yg nyetor kewarung”tp skrang warung langganan saya banyak yg tutup krena terdampak ppkm,dan selama ini saya tidak pernah mendapatkan bantuan apapun,kadang saya bingung harus membiayai 2 ank yg msih sekolah sd&sma pip juga g dapat

      • Saya pedagang kaki lima dgn adanya ppkm skrng ini penjualan aq drastis menurun. Setiap hari kulan kadang laku kadang tidak

  3. Saya tedpk ppkm mna sya gk dapt apa 2 Corona GK UMKM juga gk dagang sepi gara 2 ppkm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *