daftar bantuan yang cair di masa ppkm darurat

Daftar Bantuan PPKM Darurat Untuk Masyarakat Terdampak Pandemi!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memperpanjang masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021 mendatang, untuk itu Pemerintah Indonesia telah menyiapkan sejumlah program bantuan PPKM Darurat.

Diperpanjangnya masa PPKM ini dilakukan pemerintah setelah meninjau perkembangan pandemi yang tak kunjung menurun, tapi kita semua berharap bahwa adanya penurunan sehingga pemerintah akan kembali membuka aktivitas perekonomian secara bertahap mulai 26 Juli mendatang.

BACA JUGA Bantuan Modal Usaha Kecil dan Menengah

Sejak diberlakukannya masa PPKM Darurat ini, Pemerintah terus berupaya menyalurkan bantuan untuk masyarakat, berikut ini adalah daftar bantuan PPKM Darurat yang bisa didapatkan oleh masyarakat :

Daftar Bantuan PPKM Darurat Terbaru

Pemerintah mengalokasikan Dana Bantuan PPKM ini dalam anggaran Permulihan Ekonomi Nasional (PEN), jumlahnya ada kenaikan yang awalnya Rp 699,4 triliun menjadi Rp 744,5 triliun.

Dari anggaran tersebut, pemerintah membagi-bagi dalam berbagai jenis bantuan, mulai dari diskon tarif listrik, hingga bansos tunai untuk pelaku UMKM. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar bantuan PPKM darurat atau bantuan tambahan dari pemerintah dimasa PPKM yang kami rangkum dari laman kompas.com.

Bansos Tunai

Untuk meringankan beban masyarakat yang harus mengurangi kegiatan diluar rumah atau yang terdampak oleh pelaksanaan PPKM Darurat, pemerintah menyiapkan Bansos tunai PPKM dengan tarket 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 34 Provinsi.

Program bansos tunai PPKM Darurat ini oleh pemerintah diperpanjang hingga 2 bulan periode Juli – Agustus 2021, jadi masih ada waktu untuk masyarakat yang belum mendapatkan bantuan untuk mendaftarkan diri jadi calon penerima bansos tunai PPKM Darurat ini.

Untuk mengecek penerima bantuan PPKM Darurat ini bisa langsung masuk ke https://cekbansos.kemensos.go.id

Kartu Sembako

Pemerintah akan memperpanjang masa pendaftaran dan pembagian bantuan program Kartu sembako ini selama 2 bulan, yaitu dari Juli hingga akhir Agustus 2021.

Melalui program ini, Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima program Kartu Sembako akan menerima bantuan dengan besaran manfaat Rp 200.000 per bulan. Bantuan tersebut ditargetkan dapat diterima oleh 18,8 juta keluarga atau sekitar 75,2 juta orang.

Beras Bulog

Pemegang Kartu Sembako dan penerima Bansos Tunai PPKM Darurat akan mendapatkan bantuan beras Bulog sebanyak 10kg/keluarga. Untuk program ini, pemerintah sudah menyiapkan anggarannya sebanyak Rp 3,58 triliun yang akan menyasar pada 28,8 juta keluarga.

Diskon tarif listrik

Ada juga diskon tarif listrik yang oleh Pemerintah masa bantuannya diperpanjang kembali hingga September 2021. Yang mendapatkan  diskon tarif listrik adalah golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Pelanggan listrik golongan 450 VA akan mendapatkan Diskon 50 persen, sedangkan untuk golongan 900 VA akan menerima diskon 25 persen. Untuk pelanggan pasca-bayar, stimulus atau diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Untuk pelanggan pra-bayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

BACA JUGA Cara Daftar Untuk Mendapatkan Bantuan PPKM Darurat