Microsoft Akhirnya Resmi Meluncurkan Windows 11, Tampilannya Lebih Fresh!

Setelah sekian lama tidak mengkonformasi kebenaran tentang hadirnya Windows 11, kini Microsoft secara resmi mengenalkan sistem operasi terbarunya itu pada hari Kamis (24/06/2021).

Microsoft menngklaim bahwa pada Windows 11 ini banyak membawa perubahan seperti tampilan lebih segar, antarmuka sederhana, tampilan baru di Windows store dan juga diklaim ada peningkatan kinerja dan pengalaman multitasking.

Pada event perilisan Windows 11 tersebut, Panos Panay selaku Chief Product Officer Microsoft mengatakan bahwa Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini banyak membawa perubahan dari OS sebelumnya (windows 1o) dimana di Windows 11 ini tampilannya lebih segar, bersih, simpel dan juga tetap mengusung desain modern. salah satu pembaruan dari desain atau tampilannya itu adalah pada Menu dan tombol “Start”.

Apa Saja Perubahan di Windows 11

tampilan dan widget baru di windows 11

Perlu kamu ketahui bahwa tombol “Start” di Windows 11 ini posisinya dirubah menjadi di tengah bawah layar (seri-seri sebelumnya Windows 7 – Windows 10 tombol start berada di Pojok kiri bawah layar).

Perubahan selanjutnya yang dilakukan Microsoft untuk sistem operasi terbaru mereka ini adalah menghilangkan fitur Live Tile, yang mana pada sistem operasi sebelumnya menjadi ciri chas dari tampilan OS Windows.

Disisi kiri layar tampilan Windows 11, Microsoft menambahkan panel widget dengan dukungan Artificial Intellegence (AI) dan fungsinya juga bisa menampilkan informasi yang sesuai dengan minat atau preferensi pengguna.

Update Window 11 ini 40 persen lebih kecil dibandingan dengan update yang dilakukan Microsoft pada OS Windows 10 tentunya ini akan mempermudah/mempercepat kinerja perangkat Laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 11. Selain itu Microsoft juga mengklaim bahwa Windows 11 ini lebih hemat atau efisien dalam penggunaan daya listrik, Jadi daya baterai (laptop) akan bertahan lebih lama.

Microsoft Teams juga sudah diupdate ke versi terbaru di Windows 11 ini, yang mana fitur Microsoft Teams ini telah terintegrasi dibilah tugas yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon via perangkat laptop/komputer.

Windows 11 For Tablet

Update Windows 11 di tablet

Windows 11 juga hadir untuk pengguna perangkat Tab (Tablet) yang mana ada beberapa pebaruan seperti peningkatan performa di fitur gesture, goresan stylus dan juga pengetikan via suara atau disebut vouce typing.

Untuk memanjakan para gamer, Microsoft juga menambahkan fitur Auto HDR yang memungkinkan perangkat Tablet untuk menampilkan gambar jadi lebih tajam dan detail. Sistem Operasi Windows 11 juga sudah terintegerasi dengan console Xbox Game Pass yang bisa digunakan untuk streaming di xCloud.

Sudah penasaran ingin mengupgrade OS ke Windows 11 original? harap bersabar ya, karena menurut informasi bahwa Windows 11 ini baru tersedia untuk semua pengguna di akhir buna November 2021. Tapi kamu bisa mencoba untuk upgrade Windows 11 versi beta.