Apa? Sudah ada Bocoran iPhone 13? Kabarnya...
iphone 13 akan segera rilis

Apa? Sudah ada Bocoran iPhone 13? Kabarnya…

Baru saja seri iPhone 12 dirilis pada bulan Oktober 2020, Ada kabar menghebohkan bagi penggemar perangkat iPhone, yaitu iPhone 13 yang akan segera dirilis. Sejumlah perubahan akan hadir perangkat terbarunya iPhone nanti, berikut ini beberapa bocorannya.

Bocoran tentang iPhone 13 yang saat ini beredar adalah perubahan pada layarnnya, yaitu Apple akan menggunakan layar iPhone terbaru dengan dukungan refresh rate 120 Hz. Sebenarnya rencana Apple yang akan menggunakan layar dengan refresh ratenya 120 Hz itu bukanlah berita baru, karena sudah sejak lama beredar kabar tersebut dan pada saat itu diprediksi oleh banyak kalangan akan digunakan perangkat iPhone 12.

Tapi prediksi tersebut meleset, ternyata Apple memberikan layar dengan refresh rate 60Hz pada seri iPhone 12. Alasannya adalah untuk menekan harga jualnya nanti, dimana launcing iPhone 12 kala itu adalah masa pandemi covid-19 yang mungkin saya perekonomian sedang lesu dan daya beli juga bisa berkurang.

panel layar iphone refresh rate 120 Hz
iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max usung layar 120Hz. Foto: iTechua

Nah, prediksi tersebut akhirnya dilanjutkan untuk seri penerusnya nanti, seperti laporan dari laman ET News, iPhone 13 nanti akan didukung dengan layar panel LTPO OLED 120Hz. Tetapi tidak semua menggunakannya, hanya pada seri iPhone 13 Pro dan iPhne 13 Pro Max saja. Sedangkan pada iPhone 13 dan iPhone 13 mini akan menggunakan layar LTPS OLED 60Hz yang sama seperti pada iPhone 12 saat ini.

Menurut kabar, Samsung, LG dan BOE Display akan menjadi pemasuk utama untuk panel/layar seri iPhone 13.

Kemudian, bocoran lainnya hadir dari port. Dikabarkan iPhone 13 nanti akan dihilangkan port chargernya dan menggantikan lightning menjadi USB Type C.

👉 TRENDING:  Apple Ingin Menjadikan Safari di iOS Sebagai Browser Paling Aman

Rumor ini sebenarnya sudah lama juga, tetapi hanya dianggan rumor biasa. Apalagi Apple merilis iPhone 12 tidak dilengkapi charger dalam paket pembeliannya dan memperkenalkan MagSafe untuk isi ulang dengan cara sambungan wireless.

Pada seri ini, Apple benar-benar mengajarkan pengguna iPhone 12 ini untuk terlatih tidak bergantung pada pengisian daya menggunakan kabel USB, tetapi lebih membiasakan diri dengan charger wireless. Sehingga pada saat Apple benar-benar menghilangkan port charger, para penggunanya tidak kaget.

Apple mungkin saat ini sedang mempersiapkan solusi yang menjadi kendala para pengguna iPhone 12. jadi kita tunggu saja pada bulan September 2021 ini yang dirumorkan menjadi bulan perilisan iPhone 13, kejutan apa yang akan dihadirkan oleh Apple.