iPhone 12 Pro Memiliki Fitur LiDAR, Kegunaannya Untuk Apa?
iPhone 12 Pro Memiliki Fitur LiDAR, Kegunaannya Untuk Apa?

iPhone 12 Pro Memiliki Fitur LiDAR, Kegunaannya Untuk Apa?

Apple banyak menghadirkan fitur dan teknologi baru di 4 seri iPhone 12 dan salah satu yang menjadi fitur andalannya adalah sensor LiDAR pada perangkat iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Anda bisa melihat sensor LiDAR ini berada dibawah susunan kamera dan flash iPhone 12 Pro, bentuknya bulat dengan diameter ukurannya mirip seperti flash tetapi sensor ini berwarna hitam.

Apa itu LiDAR? Penjelasan dari laman The Next Web, LiDAR adalah singkatan dari Light Detengtion and Ranging (atau “Deteksi Cahaya dan Identifikasi Jarak”) yang biasanya digunakan untuk memetakan area sekitar dengan cara menguruk jarak objek melalui pantulan sinar cahaya.

Fungsi LiDAR

Kenapa sensor LiDAR ini menjadi fitur unggulan dari iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max? itu karena sensor LiDAR memiliki fungsi yang sangat bagus untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus. Adapun fungsi-fungsi dari sensor LiDAR ini adalah sebagai berikut :

  1. Efek untuk foto dan video
  2. Menempatkan objek AR secara presisi
  3. Memindai objek dan ruangan.

Untuk dua fungsi terakhir kemungkinan hanya dimanfaatkan untuk developer dan bisnis, seperti konstruksi yang butuh memetakan ruangan. Untuk konsumen biasa, efek foto dan video tentu jadi fungsi yang paling menarik.

LiDAR bisa bekerja di dalam kondisi gelap dengan menembakkan laser untuk menentukan jarak. Karena itu, Apple menggunakannya untuk meningkatkan autofokus di iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Tentang LiDAR di iPhone 12 Pro

sensor LiDAR di iPhone

Konsep di balik LiDAR sudah ada sejak 1960-an. Singkatnya, teknologi memungkinkan Anda untuk memindai dan memetakan lingkungan Anda dengan menembakkan laser, lalu menentukan seberapa cepat mereka akan kembali. Ini seperti bagaimana Anda “melihat” kelelawar dengan gelombang suara, hanya dengan laser – membuat mereka lebih keren dari Batman Batarang.

👉 TRENDING:  Prediksi Tanggal Dirilisnya iPhone SE 3, Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasinya!

Seperti kebanyakan teknologi masa depan, kehidupan dimulai sebagai alat militer di pesawat, sebelum menjadi lebih dikenal dengan sistem yang memungkinkan misi Apollo 15 memetakan permukaan Bulan.

Baru-baru ini, LiDAR (juga dikenal sebagai lidar) telah terlihat di mobil self-driving, karena membantu menemukan hal-hal seperti pengendara sepeda dan pejalan kaki. Anda mungkin secara tidak sengaja menemukan teknologi dalam ruang hampa robot Anda.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, potensi LiDAR benar-benar terbuka. Ketika sistem menjadi lebih kecil, lebih murah, dan lebih akurat, mereka mulai menjadi tambahan yang layak untuk perangkat seluler yang sudah memiliki hal-hal seperti prosesor dan GPS yang kuat – tablet dan telepon.

Tentu saja, tidak semua sistem LiDAR sama. Hingga baru-baru ini, Tipe yang paling umum membangun peta 3D lingkungan mereka dengan menjelajah secara fisik dengan cara yang mirip dengan antena parabola.

Jelas, ini tidak akan memotongnya di perangkat seluler, jadi sistem LiDAR yang lebih baru – termasuk sensor 3D Time of Flight (ToF) yang muncul di banyak ponsel cerdas – adalah urusan yang solid tanpa bagian yang bergerak. Namun apa perbedaan antara waktu sensor penerbangan dan “pemindai” LiDAR yang sering kita lihat di iPhone 12?