Hard disk PS5 terlalu kecil

Hard Disk PS5 Terlalu Kecil, Tidak Bisa Instal Lebih Dari 5 Game

Baru saja dirilis, PS5 sudah mendapat keluhan dari beberapa gamer. Mereka mengeluhkan ruang penyimpanan / Hard Disk (SSD) yang bisa dikatakan sangat kecil karena tidak bisa menginstal lebih dari 5 game secara bersamaan.

Tapi keluhan itu jawab oleh CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan, Dia mengatakan bahwa ruang penyimpanan itu harusnya cukup dan bukan suatu masalah bagi pemilik konsol.

Perlu kamu ketahui bahwa Ruang penyimpanan Hard Disk (SSD) sebesar 664 GB itu terlalu kecil jika digunakan untuk menginstal game AAA di PS5. Berikut besaran kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan game saat di instal :

  1. Game Call of Duty: Black Ops sekitar 135 GB.
  2. Spider-Man: Miles Morales sekitar 105 GB.

Dengan rata-rata besar game diatas 100GB jadi Kemungkinan para pemain PS5 tidak dapat menginstal lebih dari 5 game terbaru secara bersamaan.

Sebagaimana dikutip dari Screenrant, Jumat (20/11/2020), Ryan dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph mengatakan pihaknya sudah memantau ulasan konsumen dan tidak ada yang menyoroti masalah ruang penyimpanan itu. Dia bahkan membandingkannya dengan konsol PS4.

“Kami jelas dapat memantau penggunaan hard drive pada PS4 secara mikroskopis dan semua yang kami lihat di sana menunjukkan bahwa kami akan baik-baik saja,” kata Ryan.

Sebenarnya pemain dapat mengelola instalasi game PS5 dengan presisi bedah memotong bagian yang tidak penting. Namun, tidak semua judul game dapat dikelola dengan bebas yang pada akhirnya akan membuat pemain kehabisan ruang penyimpnan.

Sony juga telah menjanjikan ekspansi SSD untuk konsol terbarunya itu. Namun sayangnya hal tersebut hanya dapat digunakan untuk menyimpan game PS4, bukan judul game PS5. (sumber: tekno.okezone.com)