cara mengaktifkan ARCore Google

Cara Aktifkan ARCore Google Di Smartphone Android

Ketika membicarakan tentang Augmented Reality (AR) di Smartphone Android, maka sebagaian orang mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara mengaktifkan game dan juga aplikasi yang mendukung fitur AR tersebut. Nah dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa anda coba untuk mengaktifkan ARCore di Smarthphone Android.

Diartikel sebelumnya, sudah dibahas bahwa ada sekitar 26 smartphone android yang mendukung fitur ARCore by Google ini. Dari daftar tersebut bisa dilihat bahwa hampir semuanya itu adalah perangkat terbaru, Anda tidak akan menemukan smartphone model lama di daftar karena mungkin beberapa alasan dari sektor, tetapi itu tidak berarti perangkat model lama Anda belum bisa menggunakan ARCore.

Baca Juga : 26 Smartphone Yang Sudah Mendukung AR Google

Mau tau alasan utama kenapa smartphone model lama tidak mendukung ARCore? itu karena perangkat keras yang digunakan didalamnya tidak support. Augmented reality (AR) sangat menuntut dan dapat mendorong Hp apa pun hingga batasnya, yang artinya membutuhkan banyak sumber daya untuk berjalan dengan lancar. Pengalaman augmented reality mungkin tidak sama saat menggunakan perangkat lama yang tidak didukung.

Dikutip dari laman Gadgethacks yang memberikan tips untuk mengaktifkan fitur ARCore by google bahwa ada banyak hal yang yang harus diikuti ketika anda memaksakan smartphone lama untuk menggunakan fitur ini. Modul Magisk yang akan Anda gunakan, oleh pengembang MarcAnt01, disebut “ARCore / Playground Patcher”. Mode kecil yang rapi ini memungkinkan ponsel Anda yang lebih tua dan tidak didukung untuk menggunakan platform ARCore sama seperti jika Anda menjalankan perangkat resmi. Ini berarti Anda dapat mengunduh dan menginstal semua aplikasi AR langsung dari Play Store. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk langsung mulai mencoba AR.

👉 TRENDING:  Begini Cara Memindahkan Foto Ke iCloud Library Dengan Mudah

Requirements / Syarart Smartphone Android :

  • Rooted Android device
  • Magisk installed

Langkah-Langkah Aktifkan ARCore Di Perangkat Android Lama

instal ARCore patch module di Magisk

Install the ARCore/Playground Patcher Module

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah :

  • Buka aplikasi Magisk Manager, klik tombol menu di sebelah kiri, lalu pergi ke ‘Download’.
  • Mulailah dengan mengklik ikon pencarian dan ketik “arcore” untuk menemukan unit direktori yang diinginkan.
  • Silakan dan klik panah unduh, lalu klik “Instal” dari sana.
  • Arahkan Magisk Manager akses ke media Anda Jika diminta untuk melakukannya dengan mengklik “Izinkan”, pengunduhan dan penginstalan akan dimulai.

Proses instalnya tidak membutuhkan waktu yang lama, Setelah selesai langsung tekan tombol restart “Reboot” dibagian bawah untuk memulai ulang Hp anda, ini berfungsi agar modulnya langsung aktif.

👉 TRENDING:  Cara Menyadap WA Pasangan di HP Kita

Download the ARCore Platform

Setelah proses restart selesai dan sudah masuk ke tampilan seperti biasanya, anda bisa melanjutkannya ke pengunduhan platform ARCore dari Google di Playstore (klik disini) sehingga Anda dapat mengakses semua barang AR yang tidak dapat Anda gunakan sebelumnya. Itulah hal keren tentang modul Magisk ini – Anda sekarang dapat menginstal aplikasi ARCore dan memperbaruinya secara langsung. Dari Play Store seolah-olah Anda memiliki perangkat bersertifikat resmi.

Download the Google Camera App (Optional)

Jika Anda berencana menggunakan stiker AR dengan aplikasi Google Kamera, Anda perlu mengunduh versi yang telah diperbaiki untuk perangkat Anda untuk mendapatkan fitur ‘Playground’. Setelah Anda menginstal aplikasinya, sangat mudah untuk mulai menggunakan fitur AR-nya. Caranya adalah cukup muat ulang aplikasi Playground, lalu buka Google Kamera, geser ke “Lainnya”, dan pilih “Playground” untuk memulai.

Baca Juga : Cara Menambahkan Karakter AR Interaktif Ke Video Anda Dengan Google Kamera

👉 TRENDING:  3 Aplikasi keren ini yang mendukung Fitur ARCore Google

Coba Aplikasi dan Game AR Lainnya

Sekarang Smartphone anda sudah bisa mencoba berbagaimacam aplikasi dan Game yang mendukung fitur AR. Anda bisa mencarinya di Playstore dan bisa mencoba 3 Aplikasi keren ini yang mendukung Fitur ARCore by Google.

Baca Juga : 3 Aplikasi Keren Yang Mendukung ARCore

Seperti itulah tutorial cara mengaktifkan fitur ARCore di smartphone android lama. Inti dari cara ini adalah dengan perangkat android yang sudah di-rooting dan menginstal Magisk.

Dengan cara ini maka file “build.prop” pada smartphone anda akan dirubah oleh Modul Magisk yang anda instal setelah di rooting tadi. Sebagai peringatan, patch keamanan Anda di bagian “Tentang ponsel” akan menunjukkan ketidakcocokan. Ini perlu diubah untuk alasan SafetyNet, jadi tidak perlu khawatir. Versi asli Anda tidak tersentuh, hanya label untuk patch keamanan yang diubah.

Kata Kunci
Ar core magisk - Cara agar hp support AR -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *