Cara Membersihkan Layar Hp Agar Terlihat Bersih dan Tidak Kusam
cara membersihkan layar hp yang kotor

Cara Membersihkan Layar Hp Agar Terlihat Bersih dan Tidak Kusam

Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini mengurangi aktifitas diluar dan lebih banyak dirumah saja karena memang pandemi covid-19 yang tak kunjung usai.

Coba lihat Hp anda sekarang, apakah sudah bersih atau terlihat kusam? Jika kotor atau kusam, coba deh luangkan waktunya sebentar saja untuk menjadikannya terlihat lebih bersih. Adapun langkah-langkah cara membersihkan layar Hp yang kotor dan kusamnya bisa dilihat berikut ini.

Meningkatnya penggunaan Hp/Smartphone dimasa-masa pandemi seperti ini memang bisa membuat layarnya jadi lebih kotor. Apalagi digunakan oleh anak-anak yang setiap hari harus belajar online / daring dari sekolahnya.

Oleh karena itu anda harus sesering mungkin untuk membersihkan layar hp dan bodynya juga dari kotoran seperti minyak ataupun debu yang bisa membuat virus-virus jahat bisa menempel disitu. Untuk tips membersihkan layar Hp kali ini anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang biasanya sudah ada dirumah, mau tau apa saja itu? simak selengkapnya berikut ini :

7 Cara Membersihkan Layar Hp Yang Kotor Dengan Alat Sederhana

7 cara bersihkan layar Hp dari debu dan minyak

Ada 7 cara yang bisa anda coba untuk membersihkan layar Hp yang kotor dan kusam karena debu atau minyak. langkah-langkahnyapun bisa dibilang cukup mudah dan juga simpel sekali, yang terpenting adalah bahan ataupun alat yang digunakan biasanya ada didalam rumah dan juga bisa dicoba untuk semua merk Hp (Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo dan lainnya).

👉 TRENDING:  Apakah Bisa Hand Sanitizer Digunan untuk Bersihkan Layar HP?

Kain Bersih Lembut Tanpa Serabut

Cara pertama yang bisa anda coba untuk membersihkan layar HP yang kotor dan kusam adalah menggunakan kain bersih yang bertipe tanpa serabut. Biasanya ada kain khusus yang ukurannya kecil dan sering digunakan oleh teknisi-teknisi hp di konter saat kita mengganti ataupun memasang anti gores di layar hp. Atau bisa juga menggunakan kaos yang sudak tidak terpakai.

Untuk proses cara membersihkan layarnya sangat mudah yaitu

  1. Siapkan kain bersihnya tadi, kemudian tinggal anda usapkan perlahan-lahan dari atas kebawah atau sebaliknya juga boleh.
  2. Jangan menekan layarnya terlalu kuat, usapkan beberapa kali hingga benar-benar terlihat bersih oleh mata anda.

Air Bersih

Cara yang kedua bisa menggunakan dengan air bersih yang disemprotkan ke layar hp anda. Cara ini adalah kombinasi dengan cara pertama, jika ada kotoran yang menempel maka solusinya harus disemprotkan air terlebih dahulu tetapi jangan terlalu banyak karena ditakutkan malah masuk kedalam dan mengakibatkan kerusakan fatal.

Semprotkan dari jarak yang agak jauh agar air yang menepel di hp seperti embunnya saja. baru setelah itu anda bisa mengusapnya dengan kain bersih tadi.  Jika anda menggunakan Hardcase maka wajib untuk membukanya, karena biasanya ada banyak debu yang sudah menempel dibagian belakang Hp jika lama tidak dibuka.

👉 TRENDING:  Kualitas Smartphone LUNA Siap Bersaing di Indonesia

Cotton Bud

Sering membersihkan telinga dengan Cotton Bud? nah itu bisa anda gunakan untuk membersihkan debu yang menempel di Hp. Dengan cara ini anda bisa mebersihkan bagian-bagian Hp yang sulit dibersihkan dengan kain, seperti pada celah lubang speaker, samping-samping kamera dan bagian lainnya.

Agar lebih maksimal, anda bisa menggunakan media air bersih untuk membasahi cotton budnya, sehingga debu yang sudah menempel di posisi-posisi sulit terjangkau bisa dibersihkan dengan mudah.

Tisu Basah

Tisu Basah yang biasanya digunakan untuk membersihkan tangan, wajah dan banyak juga digunakan untuk membersihkan mulut bayi dan pantat bayi. Teksturnya yang lembut dan terdapatnya antisptik membuat dia menjadi alat yang sangat praktis dan multifungsi.

Oleh sebab itu anda bisa juga menggunakan tisu basah ini untuk membersihkan Hp anda, baik itu layarnya ataupun semua bagian bodinya. Kandungan antiseptiknya juga bisa membunuh kuman-kuman yang menempel.

Isolasi / Solatip

Yang paling tidak masuk akan mungkin membersihkan layar Hp dengan isolasi atau solatip, karena alat ini adalah fungsinya sebagai perekat.

Nah dilihat dari fungsinya, maka bisa dipastikan solatip ini bisa membawa debu/kotoran yang melekat di layar hp. Anda bisa langsung mencobanya jika merasa tidak percaya. Tapi anda harus melakukannya dengan hati-hati, pastikan juga layar Hp yang akan dibersihkan tidak dalam kondisi retak/pecah, karena jika dipaksakan menggunakan cara ini bisa menyebabkan kerusakan yang fatal (pecahan kacanya bisa terangkat / lengket di isolasi/solatip).

👉 TRENDING:  Samsung Galaxy Z Flip : Hadirkan Desain Masa Depan Dengan Teknologi Baru

Gel Alkohol

Di masa pandemi seperti ini, banyak sekali orang-orang yang menyediakan Hand sanitizer dan juga gel alkohol untuk senantiasa membersihkan tangan saat berada diluar rumah seperti tempat umum dan tempat keramaian lainnya.

Nah menurut artikel di carisinyal, Alat pembersih tangan ini (gel alkohol) bisa juga anda gunakan untuk membersihkan layar hp. Caranya adalah dengan menggunakan kain lembut dan bersih sebagai media pembersihnya. Tuangkan sedikit saja gel alkoholnya pada kain tersebut kemudian usapkan perlahan dilayar hp. Yang wajib anda ingat adalah jangan langsung menuangkan cairan gel alkoholnya itu ke layar hp karena itu bisa menyebabkan kerusakan pada layar hp anda.

Cairan Pembersih Layar

Cara lainnya adalah dengan membeli Cairan pembersih layar yang banyak dijual di marketplace ataupun konter-konter Hp terdekat dikota anda. Harganya cukup murah yaitu sekitar Rp 11.000 an saja ( di Shopee).

Screen Cleaning 3 In 1 ini merupakan Pembersih Layar Tv, laptop, Tv mobil, handphone ,Gameboard, PSP, dan semua layar electronik LCD atau LED kesayangan, biar bebas dari debu, bercak tangan, kotoran bercak membandel.

Seperti itulah beberapa cara untuk membersihkan layar Hp yang kotor karena debu ataupun yang lainnya. Dengan membersihkannya secara rutin, ini juga merupakan salah satu cara agar layar Hp tetap licin sehingga memudahkan anda saat bermain game PUBG, Mobile legend ataupun game online lainnya.