Konsep Yamaha XT500 H20

Konsep Yamaha XT 500 H20, Berteknologi Tinggi Untuk Masa Depan

Saat ini Yamaha sedang merancang konsep sepeda motor dengan tipe Yamaha XT 500 H20, yang mana motor ini bisa dijalankan dengan bahan bakar air. Konsep yang sedang dibuat ini merupakan imajinasi Yamaha pada masa depan motor enduro XT 500 yang diproduksi 1976-1989.

Seperti yang sudah diulas oleh Autoevolution,  mereka mengatakan bahwa konsep motor berbahan bakar air ini merupakan desainer industrial Maxime Lefebvre yang mengerjakannya dari tahun 2016.

Belum ada penjelasan yang lebih spesifik dari sistem teknologi yang digunakan pada motor berbahan bakar air ini. Namun ada yang memprediksi bahwa cara kerjanya itu adalah dengan mengandalkan semprotan air bertekanan tinggi. Kemungkinan motor ini tidak menghasilkan suara mesin seperti motor yang saat ini dan akan menjadi salah satu motor yang ramah lingkungan.

yamaha H20 concept

Saat ini Lefebvre mendesain bodi Yamaha XT 500 H20 ini lebih futuristik dan dikombinasikan pilihan warna Biru putih yang melambangkan masa depan dan juga ramah lingkungan. Tapi kita belum bisa memastikan kapan ini akan direalisasikan oleh Yamaha, karena diketahui bahwa konset XY 500 H20 ini masih dalam sebatas desain diatas kertas.

Yamaha juga belum mengkonfirmasi akan rencananya memproduksi motor ini, dan sepertinya akan menjadi fenomenal jika Yamaha benar-benar memproduksi XT500 H20.

Sekilas Tentang Motor XT 500

Yamaha Enduro XT 500 1989

XT 500 adalah motor dengan mesin 4-tak, 1-silinder dan 500 cc yang bisa melaju sampai 132 km per jam. Pada jamannya dulu motor ini dikenal tidak rewel, karena perawatan mesinnya yang gampang dan tentunya tidak mudah rusak. Ada fitur yang unik dari motor Enduro XT 500 ini yaitu ukuran ban depannya lebih besar 3 inci jika dibandingkan dengan ban bagian belakang, yang fungsinya mempermudah melewati jalur off road.

Sejauh ini konsep XT500 H20 diketahui cuma sebatas karya di atas kertas. Belum ada pernyataan Yamaha tentang rencana produksi motor yang mungkin jadi fenomenal dalam dunia otomotif ini.